BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Potong Gaji Bukan Masalah, Cristiano Ronaldo Tetap Kaya Raya Punya 6 Bisnis Ini

09-04-2020 14:30 | Richard Andreas

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Cristiano Ronaldo bisa jadi satu dari sedikit pesepak bola yang sama tidak terpengaruh oleh kebijakan pemotongan gaji. Ronaldo punya banyak bisnis lain yang cukup membuatnya hidup nyaman.

Juventus disebut akan memotong gaji para pemain untuk bulan Maret, April, Mei, dan Juni 2020. Dengan pemotongan itu, Juventus bisa berhemat hingga 100 juta dolar AS (Rp1,6 triliun).

Seperti dilansir dari Ibtimes, Kamis (9/4/2020), Cristiano Ronaldo diperkirakan bakal kehilangan sekitar 4,24 juta dolar AS (Rp68,1 miliar) akibat pemotongan tersebut.

Namun, jumlah itu dianggap "tak seberapa" buat megabintang asal Portugal itu.

Justru, Cristiano Ronaldo bersiap menjadi miliader pertama dari jagat sepak bola, berkat kerajaan bisnis yang telah dibangunnya selama ini.

Jika sesuai jalur, mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu segera bergabung dalam "klub miliiader" dari dunia olahraga (dalam ukuran dolar AS), menyusul Tiger Woods dan Floyd Mayweather Jr.

Tiger Woods merupakan atlet pertama yang masuk klub miliader dari dunia olahraga. Sudah delapan tahun terakhir pegolf Amerika Serikat itu jadi anggota klub miliader. Pada 2017, petinju Floyd Mayweather Jr menyusulnya.

Sebagai catatan, Cristiano merupakan pesepak bola dengan bayaran tertinggi kedua di dunia, di belakang Lionel Messi. Mengacu pada laporan Forbes, pada 2019, Ronaldo mengantongi pendapatan sebesar 109 juta dolar AS (Rp1,7 triliun), termasuk 65 juta dolar AS gaji serta bonus.

Selain mendapat gaji dari Juventus, Cristiano Ronaldo masih memiliki segudang sumber pemasukan, seperti dari iklan serta kerajaan bisnis yang dibangunnya, yang pendapatan pertahunnya bisa mencapai 91 juta dolar AS (Rp1,4 triliun).

Berikut beberapa sumber pemasukan Cristiano Ronaldo:

1 dari 6 halaman

1. Pakaian dan Parfum

Cristiano Ronaldo sangat menyukai dunia mode. Ia memiliki perusahaan jeans dengan brand CR7 Denim dan menjalin kerja sama dengan Denali untuk produk CR7 Blanket.

Kekasih Georgina Rodriguez ini juga mengandeng perusahaan parfum asal Inggris huna memproduksi Eden Parfum Cristiano Ronaldo Fragrance.

2 dari 6 halaman

2. Pusat Kebugaran

Cristiano Ronaldo (c) AFPCristiano Ronaldo (c) AFP

Cristiano Ronaldo membuka bisnis gym bernama CR7 Crunch Franchise pada 2016. Ia bekerja sama dengan perusahaan bernama Curnch Farnchies.

Bisnis gym tersebut baru ada dua tempat di Kota Madrid. Rencananya, Ia ingin membuka sebanyak 100-150 cabang di berbagai kota dunia.

3 dari 6 halaman

3. Penyewaan Jet Pribadi

Cristiano Ronaldo juga memiliki usaha penyewaan jet pribadi. Ia mengenakan tarif mencapai 3 ribu euro (Rp46 juta) per jam untuk penyewa jet miliknya.

Menurut majalah Viniatis, dari bisnis ini dia mengantongi keuntungan mencapai satu juta euro (Rp15 miliar) pada 2018.

4 dari 6 halaman

4. Klinik Rambut

Cristiano Ronaldo memiliki 50 persen saham di perusahaan Insparnya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang klinik transplantasi rambut.

Grup Insparya memiliki 10 klinik di Portugal dan telah melakukan 35 ribu transplantasi. Pelayanan ini memakan waktu 6 jam dengan biaya antara 4 ribu hingga 7 ribu euro.

5 dari 6 halaman

5. Pestana CR7 Hotel

 (c) Pestanacr7 (c) Pestanacr7

Cristiano Ronaldo menjalin kerja sama dengan perusahan Portugal yang bergerak di bidang pariwisata, Pestana Hotel Group. Ia menamai hotel tersebut dengan Pestana CR7 Hotel. Ia telah memiliki dua hotel di Portugal yakni di Madeira dan Lisbon.

Peraih lima Ballon d'Or itu tengah menunggu penyelesaian dua hotel lagi di Madrid dan New York.

6 dari 6 halaman

6. Restoran

Cristiano Ronaldo menamkan uangnya pada saham Grupo Mabel Capital. Grup ini membawahi restoran elite Zela.

Restoran Zela berada di dua kota yakni Ibiza dan London. Grupo Mabel Capital juga mendapat suntikan dana dari Rafael Nadal, Pau Gasol, dan penyanyi Enrique Iglesias.

Disadur dari: Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Aning Jati)
Published on: 9 April 2020

KOMENTAR