BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemerintah Italia: Serie A Bisa Kembali Bergulir Mulai 13 atau 20 Juni

25-05-2020 02:52 | Ari Prayoga

Serie A (c) La Presse via AP Photo Serie A (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Titik terang soal kapan Serie A musim ini bisa dilanjutkan kembali mulai muncul setelah pemerintah Italia lewat Menteri Olahraga, Vincenzo Spadafora menyatakan liga bisa bergulir mulai 13 atau 20 Juni mendatang.

Setelah liga dihentikan sejak Maret lalu akibat pandemi Covid-19, sejak pekan lalu klub-klub Serie A kembali menggelar sesi latihan, meski masih tetap menerapkan social distancing.

Sementara itu, kondis penyeberan Covid-19 di Italia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang bagus. Selain angka kasus baru yang terus mengecil, angka kematian per hari pun terus menunjukkan penurunan.

1 dari 2 halaman

Penjelasan Vincenzo Spadafora

Federasi sepak bola Italia FIGC sendiri baru menyerahkan protokol medis, beberapa hari setelah para stakeholder menyepakati protokol soal latihan dengan kontak fisik.

"Kami tengah mengusahakan dua kemungkinan tanggal untuk memulai laga-laga Serie A, pada 13 Juni atau 20 Juni," ujar Spadafora kepada Rai TG3.

"Protokol untuk melanjutkan musim telah datang dan protokol ini sangat mirip dengan yang sudah kita sepakati untuk latihan. Kamis (28/5/2020) besok, kami akan membuat keputusan," tambahnya.

Sejatinya, ada keputusan pemerintahyang melarang acara olahraga hingga 14 Juni mendatang. Namun, liga bisa tetap digelar sebelum tanggal tersebut jika angka kasus baru dan kematian terus menurun.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Siaran Langsung Highlights Gratis

Lebih lanjut, Spadafora juga menyatakan ada kemungkinan Serie A bakal meniru Jerman yang menayangkan cuplikan gol secara real time di stasiun televisi pemegang hak siar dengan gratis.

"Di Jerman, Sky mencapai kesepakatan untuk menayangkan program highlights secara live ketika gol terjadi dan itu gratis, jadi kami pastinya mungkin mempertimbangkan hal seperti itu di Italia untuk menghindari fans berkumpul di bar," tutur Spadafora.

Serie A musim 2019-20 sendir sudah berjalan hingga giornata ke-26. Juventus untuk sementara memuncaki klasemen dengan keunggulan hanya satu angka dari tim peringkat kedua, Lazio.

Sumber: Rai TG3

KOMENTAR