Pemain AS Roma Ada yang Anti-Vaksin Covid-19, Apa Kata Jose Mourinho?

Asad Arifin | 6 Januari 2022, 10:34
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo

Bola.net - Beberapa pemain di tim utama AS Roma dilaporkan menentang vaksin Covid-19. Situasi ini bisa menjadi cukup pelik karena pemerintah Italia mewajibkan semua pemain sepak bola untuk ambil bagian pada vaksin Covid-19.


Serie A musim 2021/2022, beberapa liga top Eropa lainnya pun demikian, kini kembali diterpa isu tentang Covid-19. Kasus terus meningkat. Bahkan, di Inggris, sejumlah laga harus ditunda karena Covid-19.

Pemerintah Italia telah mengambil langkah yang signifikan. Saat ini, mereka menerapkan aturan bahwa setiap individu yang berada di ruang ganti harus sudah melakukan vaksin. Aturan ini berlaku untuk pemain dan pelatih juga.

1 dari 4 halaman

Kasus Anti-Vaksin di AS Roma

Pemain AS Roma, Tammy Abraham (kanan), merayakan golnya ke gawang CSKA Sofia dalam laga UEFA Conference League hari Jumat (10/12/2021). (c) AP Photo

Football Italia menyebut paling tidak ada satu pemain AS Roma yang anti-vaksin Covid 19. Klub sudah berupaya untuk membujuknya, tetapi gagal. Situasi ini bisa sangat merugikan bagi Roma.

Sebab, bukan tidak mungkin sang pemain tidak akan bisa membela Roma pada sisa musim 2021/2022. Saat ini, pemain itu masih bisa berada di skuad. Sebab, aturan wajib vaksin baru berlaku pada 10 Januari 2022.

"Ini adalah masalah pribadi dan pemain memiliki hak untuk melindungi privasi mereka. Beberapa pemain terpapar Covid-19 minggu lalu, mereka meminta privasi dan kami menghormatinya," ucap pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

"Aturan adalah aturan, hukum adalah hukum, dan saat Pemerintah Italia membuat keputusan tentang mandat vaksin, maka itu harus dihormati," tegas pelatih asal Portugal tersebut.

2 dari 4 halaman

Harus Mengalah

Mourinho cukup bijak dalam kasus yang terjadi di AS Roma. Dia tidak menyebut indentitas pemain yang anti-vaksin. Mourinho juga berharap ada pihak yang mengalah untuk mendapatkan jalan keluar dari kasus ini.

"Jika seorang pemain bisa keluar (karena tidak vaksin), kami menghormati itu, tetapi jika itu hukum maka kami ingin para pemain menghormati hukum sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dan bermain sepak bola," kata Mourinho.

"Saya tidak berpikir akan ada masalah," sambungnya.

3 dari 4 halaman

2 Pemain AS Roma Positif

Penyerang AS Roma, Borja Mayoral melakukan selebrasi setelah membobol gawang Crotone, Minggu (9/5/2021) malam. (c) AP Photo

Saat ini, merujuk pada data yang diungkap pihak klub, ada dua pemain AS Roma yang positif Covid-19. Dua pemain itu adalah Borja Mayoral dan Daniel Fuzato. Keduanya sudah pasti absen saat Roma berjumpa AC Milan.

"Jika sebuah tim kehilangan tiga atau empat pemain, itu mungkin terjadi, itu tidak mengubah hasil. Akan menjadi ketidakadilan untuk membuat tim bermain tanpa penjaga gawang, tetapi jika mereka memiliki jumlah pemain minimum yang tersedia, mereka harus bermain," ucapnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR