BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Para Kandidat Pengganti Maurizio Sarri, Dari Mauricio Pochettino hingga Simone Inzaghi

08-08-2020 20:36 | Asad Arifin

Simone Inzaghi (c) SS Lazio Simone Inzaghi (c) SS Lazio

Bola.net - Juventus resmi memecat Maurizio Sarri dari posisi pelatih pada Sabtu (8/8/2020). Kini, pihak Juventus belum memutuskan siapa yang akan menggantikan posisi pelatih 62 tahun.

Keputusan Juventus memecat Maurizio Sarri tak lepas dari kegagalan lolos dari babak 16 Besar Liga Champions musim 2019/2020. Si Nyonya digugurkan Lyon usai kalah agresivitas gol tandang pada agregat 2-2.

"Juventus mengumumkan bahwa Maurizio Sarri telah dibebaskan dari jabatannya sebagai pelatih Tim Utama," tulis situs resmi Juventus.

Liga Champions memang menjadi target utama Juventus usai mereka tampil perkasa di Serie A, dengan sembilan scudetto beruntun. Lantas, siapa pelatih yang tepat untuk mengembang ambisi besar klub asal Turin tersebut?

Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Simone Inzaghi

Pelatih Simone Inzaghi rayakan kemenangan dengan para pemain Lazio (c) AP Photo Pelatih Simone Inzaghi rayakan kemenangan dengan para pemain Lazio (c) AP Photo

Simone Inzaghi menjadi nama yang kuat dikaitkan dengan Juventus. Dia memang belum teruji pada level Eropa. Namun, pelatih 44 tahun mampu tampil bagus bersama Lazio dalam dua musim terakhirnya.

Pada musim 2019/2020, Simone Inzaghi membawa Lazio bersaing di papan atas klasemen Serie A. Namun, performa tim menurun pada periode setelah lockdwon. Lazio akhirnya kehilangan peluang menjadi juara.

Walau gagal scudetto, kerja Simone Inzaghi dinilai sangat bagus. Sebab, dia mampu membawa Lazio lolos ke Liga Champions pada musim 2020/2021. Dengan materi pemain yang tidak mewah, dia mampu membawa Lazio tampil solid.

Sebagai catatan, Simone Inzaghi juga memberikan gelar Supercopa Italiana untuk Lazio. Pada laga final, Lazio mengalahkan Juventus dengan skor 3-1. Ini adalah gelar yang sangat penting bagi Simone Inzaghi.

2 dari 7 halaman

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino (c) AP Photo Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Pochettino saat ini sedang menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur di pertengahan musim 2019-2020. Pria Argentina itu dinilai cocok menangani Juventus.

Eks pelatih Espanyol itu telah membuktikannya mampu menyulap Tottenham Hotspur menjadi tim yang disegani di Inggris.

Permainan yang disuguhkan Pochettino, enak ditonton. Spurs bermain ofensif dan atraktif. Petinggi Juventus senang jika apa yang ia lakukan di Tottenham dipindahkan ke Juventus.

Karena sama-sama berasal dari Argentina, Pochettino juga diyakini bisa membuat penyerang Paulo Dybala semakin betah di Juventus.

3 dari 7 halaman

Jose Mourinho

Manajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP Photo Manajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP Photo

Jose Mourinho? Bukankah ia sudah punya pekerjaan sebagai manajer Tottenham Hotspur.

Ya, mungkin saja Jose pindah ke Juventus. Di klubnya saat ini, The Special One terlihat mulai frustrasi. Musim ini prestasi Spurs hanya ada di peringkat 6 Premier League. Mereka gagal berkiprah di Liga Champions, dan hanya berlaga di Liga Europa.

Jose dibebani target juara Premier League musim depan. Realistis saja, jika Daniel Levy, orang nomor satu Tottenham memberikan segepok uang buat belanja pemain. Kenyataannya? Jose dibekali duit yang minim.

Pelatih asal Portugal itu suka atau tidak hanya bisa memaksimalkan pemain yang saat ini ada plus satu hingga dua pemain baru. Tawaran kerja di Juventus jelas menarik bagi Mou untuk menyelamatkan nama besarnya sebagai pelatih langganan juara.

Di sana ia bisa bebas belanja pemain, karena petinggi klub kaya raya dan tidak pelit.

4 dari 7 halaman

Josep Guardiola

Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Pep Guardiola sudah lama dibidik Juventus. Sebelum memakai jasa Sarri, Juve sudah menginginkan Guardiola. Namun karena gagal, Juventus akhirnya berpaling ke Sarri.

Kini Juventus akan kembali mengejar Guardiola. Bagaimana peluang mereka?

Apapun bisa terjadi. Memang Pep masih terikat kontrak dengan The Citizens, namun kegagalan mereka meraih gelar Liga Champions amat mungkin akan merubah pendirian manajer asal Spanyol ini.

Liga Champions jadi pertaruhan karier Pep Guardiola. Ia akan merasa gagal, jika menutup musim ini tanpa trofi turnamen akbar satu ini.

Pep bisa saja mundur, untuk kemudian mencoba tantangan baru menukangi Juventus. Patut dicatat, Serie A satu-satunya kompetisi yang belum pernah ia cicipi lho.

5 dari 7 halaman

Fabio Capello

Fabio Capello (c) RMFC Fabio Capello (c) RMFC

Nama Capello juga mulai dikaitkan dengan Juventus sebagai ban serep jika Sarri dipecat. Sama seperti Pochettino, Capello sedang menganggur saat ini.

Terakhir Capello melatih di Tiongkok bersama Jiangsu Suning pada tahun 2018. Capello sudah tak asing dengan Juventus karena pernah menangani I Bianconeri sebelum kasus Calciopoli.

Capello ketika itu memoles Juventus dari tahun 2004 sampai 2006.

6 dari 7 halaman

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri Memberi Instruksi Saat Juventus Bertemu Inter Milan (c) AFP Massimiliano Allegri Memberi Instruksi Saat Juventus Bertemu Inter Milan (c) AFP

Massimiliano Allegri belum kembali melatih usai mundur dari Juventus pada awal musim ini. Namun pelatih berusia 52 tahun itu sudah bertekad akan kembali melatih pada Juni nanti.

"Kembali ke bangku cadangan? Untuk sekarang, saya menikmati hidup dan keluarga saya," ujar Allegri seperti dilansir Football Italia.

"Pada bulan Juni, saya harap bisa menemukan tim. Lihat saja nanti," kata Allegri menambahkan.

Allegri angkat kaki dari Juventus pada awal musim ini. Kabarnya, manajemen Juventus tidak menemui kata sepakat soal beberapa kebijakan di klub dengan Allegri.

Bianconeri -julukan Juventus- lalu menunjuk Maurizio Sarri sebagai suksesor. Allegri sendiri sempat dikaitkan dengan Manchester United (MU) namun lebih memilih beristirahat.

Allegri masuk ke Juventus pada 2014. Lima musim di Juventus, Allegri mempersembahkan 11 trofi antara lain Liga Italia dan Coppa Italia.

Pada pertengahan musim ini, Allegri sempat disebut akan kembali ke Juventus. Pasalnya, manajemen ternyata kurang puas dengan kinerja Sarri.

7 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Maestro itu bernama Zinedine Zidane (c) Bola.net Maestro itu bernama Zinedine Zidane (c) Bola.net

Sama seperti beberapa nama di atas, Zinedine Zidane juga masih punya klub. Pria asal Prancis ini terikat kontrak dengan Real Madrid. Hubungan Zidane dengan Real Madrid juga cukup bagus.

Zinedine Zidane juga punya proyek jangka panjang bersama Real Madrid. Namun, jangan lupakan masa lalu Zidane.

Pria berdarah Aljazair ini pernah membela Juventus ketika masih aktif bermain. Hatinya masih ada di Turin. Selain itu, Zinedine Zidane diyakini menjadi pelatih impian bagi presiden Juventus, Andrea Agnelli.

"Well, saya di sini, saya adalah pelatih Real Madrid hingga sesuatu yang luar biasa terjadi. Saya di sini, tentu saja," ujar Zidane seperti dikutip Goal International, usai Real Madrid tersingkir dari Liga Champions.

Ya, Zinedine Zidane memang masih punya komitmen dari Real Madrid. Akan tetapi, peluang pindah ke Juventus tidak benar-benar tertutup.

Sumber: Berbagai Sumber

>

KOMENTAR