BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Paolo Maldini Ungkap Tiga Legenda Sepak Bola Paling Tangguh yang Ia Hadapi di Sepanjang Karirnya

05-10-2020 22:24 | Dimas Ardi Prasetya

Paolo Maldini saat masih aktif bermain di AC Milan. (c) AFP Paolo Maldini saat masih aktif bermain di AC Milan. (c) AFP

Bola.net - Legenda AC Milan Paolo Maldini mengungkapkan di sepanjang karirnya, ia paling kesulitan saat harus berhadapan dengan Diego Maradona, Ronaldo, dan Zinedine Zidane.

Maldini merupakan legenda besar Milan. Ia juga merupakan legenda sepak bola Italia.

Ia bisa disebut sebagai salah satu maestro dalam urusan bertahan di sepanjang sejarah sepak bola. Banyak trofi yang berhasil ia raih di level klub dan penghargaan individual.

Ia memulai karirnya di sepak bola profesional pada tahun 1984. Maldini baru pensiun pada tahun 2009.

1 dari 3 halaman

Lawan Paling Sulit Maldini

Di sepanjang karirnya, Paolo Maldini tentu pernah bertemu dengan banyak lawan hebat. Entah itu Serie A, Liga Champions, maupun di Piala Dunia dan Piala Eropa.

Menurut Maldini, hanya ada tiga pemain lawan saja yang benci ia hadapi di sepanjang karirnya. Mereka adalah legenda Argentina Diego Maradona, legenda Brasil Ronaldo, dan legenda Prancis Zinedine Zidane.

"Lawan paling tangguh yang pernah saya hadapi adalah Diego Maradona, Ronaldo, yang fenomenal dalam dua tahun waktunya di Inter, dan Zinedine Zidane," bebernya pada Gazzetta dello Sport.

2 dari 3 halaman

Pujian Ronaldo untuk Maldini

Di sisi lain, Ronaldo pernah memberikan pujian kepada Paolo Maldini. Pria yang juga pernah membela AC Milan ini menyebutnya sebagai lawan paling tangguh yang pernah ia hadapi.

"Bek paling tangguh yang pernah saya hadapi di sepanjang karir saya? Paolo Maldini akan jadi yang paling tangguh," serunya.

Namun Ronaldo juga mengungkapkan ada beberapa bek lainnya yang juga sulit dilewatinya. Salah satunya adalah eks bek timnas Italia, Alessandro Nesta dan Fabio Cannavaro.

Di antara pemain bertahan Italia lainnya, saya akan mengatakan Cannavaro, Nesta, dan [Pietro] Vierchowod, semuanya sangat kuat," bebernya.

3 dari 3 halaman

Pengakuan Ronaldinho

Pengakuan akan kehebatan Paolo Maldini juga pernah terlontar dari Ronaldinho. Pria yang juga merupakan legenda besar sepak bola Brasil itu mengaku terkesan dengan kehebatan Maldini dalam bertahan.

Menurutnya ia sangat mahir dalam menghentikan serangan lawan. Begitu mahirnya, ia sampai terlihat tak perlu bermain ngotot untuk menahan serangan musuh.

"Ini pasti [Paolo] Maldini. Skillnya terlalu hebat," pujinya.

"Tidak mungkin untuk tidak kagum dengan bagaimana ia membuat semuanya terlihat mudah, terutama saat Anda bisa bermain dengannya," tandas Ronaldinho.

Paolo Maldini saat ini menjadi technical director AC Milan. Sementara itu Diego Maradona dan Zinedine Zidane menjadi pelatih, sementara Ronaldo jadi presiden klub Real Valladolid.

(Gazzetta dello Sport)

KOMENTAR