Mengenal Lecce, Klub Serie A yang Sahamnya Dibeli Oleh Pengusaha Asal Indonesia

Serafin Unus Pasi | 27 Mei 2022, 23:16
Skuat Lecce merayakan kemenangan di Serie B 2021/22 (c) U.S Lecce Official
Skuat Lecce merayakan kemenangan di Serie B 2021/22 (c) U.S Lecce Official

Bola.net - Sebuah kabar mengejutkan datang dari sepakbola Italia. Pengusaha asal Indonesia, Alvin Sariatmadja resmi menjadi pemilik saham dari Lecce.


Kepastian itu diumumkan langsung oleh akun resmi Lecce. Mereka mengonfirmasi bahwa bos Emtek tersebut bersama dua penguasaha berdarah Swiss-Italia menjadi pemilik saham yang baru dari Lecce.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Raffi Ahmad-lah yang akan membeli saham Lecce. Namun ternyata Alvin Sariatmadja lah yang menjadi pemilik 10% saham Lecce itu.

Bagi para penggemar Liga Italia, tentu sudah tidak asing dengan Lecce. Namun bagi Bolaneters yang masih asing dengan Lecce, berikut Bola.net sajikan informasi singkat di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Klub Tradisional Italia

Lecce vs Juventus, Sabtu (26/10/2019) di Via del Mare. Laga pekan ke-9 Serie A tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. (c) AP Photo

Bagi yang asing dengan Lecce, mereka bukanlah klub kemarin sore. Namun mereka adalah klub yang berusia satu abad lebih.

Ya, Lecce adalah klub Italia yang didirikan pada tahun 1908. Klub ini didirikan dengan nama Sporting Club Lecce, di mana awalnya klub ini terdiri dario klub sepakbola, klub atletik dan klub bersepeda.

Pada tahun 1927, klub ini berganti nama menjadi Unione SPortiva Lecce, dan nama itu tetap dipertahankan hingga hari ini.

2 dari 3 halaman

Spesialis Serie C dan B

Lecce vs SPAL (c) AP Photo

Di tahun pertama mereka berganti nama, Lecce berhasil promosi ke Serie B. Namun sayang tidak lama berselang mereka degradasi ke Serie C lagi.

Hingga tahun 1984, Lecce naik turun di Serie B dan Serie C. Mereka pertama kali merasakan promosi ke Serie A di tahun itu, di mana mereka menjadi runner up Serie B sehingga mereka bisa lolos ke Serie A.

Lecce sempat dua kali menjuarai Serie B, yaitu di musim 2009/10 dan 2021/22. Sementara di Serie C, mereka sempat empat kali juara yaitu pada musim 1945/46, 1975/76, 1995/96, 2017/18.

3 dari 3 halaman

Terakhir Kali di Serie A

Duel Lecce vs Atalanta. (c) La Presse via AP Photo

Lecce sebenarnya belum lama terdegradasi dari Serie A. Mereka terakhir kali bermain di kasta tertinggi sepakbola Italia itu pada musim 2018/2019.

Pada saat itu Lecce menunjukkan performa yang impresif. Karena pada tahun 2017/18 mereka promosi ke Serie B sebagai juara Serie C, lalu satu tahun di Serie B mereka langsung promosi ke Serie A karena menjadi runner up Serie B, kalah satu poin saja dari Brescia yang keluar sebagai juara.

Namun sayang Lecce hanya bertahan satu musim saja di Serie A, karena mereka mengakhiri musim sebagai peringkat 18 klasemen akhir Serie A.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR