BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengenal Hamza Rafia, Penentu Kemenangan Juventus dari Serie C

14-01-2021 10:22 | Yaumil Azis

Pemain Juventus, Hamza Rafia (tengah) (c) @juventusfcen Pemain Juventus, Hamza Rafia (tengah) (c) @juventusfcen

Bola.net - Juventus meraih kemenangan dramatis saat berhadapan dengan Genoa dalam ajang Coppa Italia, Kamis (14/1/2021). Mereka harus menunggu sampai momen extra time untuk memastikan tiket ke perempat final dengan skor 3-2.

Juara bertahan Serie A tersebut awalnya sempat unggul dua gol lebih dulu berkat Dejan Kulusevski dan Alvaro Morata. Namun, menurunnya level konsentrasi membuat gawang mereka yang dikawal Gianluigi Buffon jebol dua kali.

Berhubung skor imbang 2-2 bertahan sampai menit ke-90, pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra time. Barulah, di momen itu, Juventus mencetak gol ketiganya yang dihasilkan oleh Hamza Rafia.

Gol ini diawali oleh tusukan Alvaro Morata dari sisi kiri. Pria berkebangsaan Spanyol tersebut melepaskan operan pendek yang menciptakan kemelut di kotak penalti Genoa. Di momen itulah, Rafia menceploskan bola ke gawang lawan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Perjalanan Hamza Rafia

Laga babak 16 besar Coppa Italia tersebut merupakan debut Rafia bersama skuad inti Juventus. Selama ini, ia lebih sering berpentas di ajang Serie C bersama skuad U-23.

Rafia nampaknya bisa memperpanjang rekor positif Juventus dengan pemain berkebangsaan Prancis. Dulu, pria kelahiran tahun 1999 tersebut sempat memperkuat Timnas Prancis di level U-17 dan U-18.

Namun, status dwikewarganegaraan membuat dirinya bisa memperkuat Tunisia, mengingat dirinya dilahirkan di Kalaat Senan. Ia pun memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya bersama Prancis dan beralih membela Tunisia.

Rafia sempat berpindah-pindah klub saat masih muda. Salah satu tim yang pernah ia singgahi adalah Olympique Lyon. Dan sebelum bergabung dengan Juventus di tahun 2019, ia sempat memperkuat tim reserve Lyon dan memainkan 25 laga.

2 dari 2 halaman

Mengantar Juventus U-23 Juara

Rafia dikenal sebagai seorang gelandang serang yang juga bisa beroperasi di sisi kanan. Sejak berlabuh, ia berhasil menjadi salah satu penggawa penting Juventus U-23 yang berhasil menjuarai ajang Coppa Italia Serie C belum lama ini.

Pada laga final melawan Ternana, ia mencatatkan gol penting yang membuat Juventus bisa keluar sebagai pemenang. Skor 2-1 berhasil diperoleh dan Bianconeri U-23 merengkuh trofi perdananya sejak berdiri pertama kali tahun 2018 lalu.

Tidak heran kalau dirinya bisa dipromosikan dari skuad U-23. Selama bersama Juventus U-23, Rafia mencatatkan total 42 kali penampilan dan mencetak lima gol serta sembilan assist,

"Pada Minggu, saya bermain untuk Juventus U-23 di Serie C melawan Carrarese. Hari ini saya mencetak gol penentu untuk Juventus di Coppa Italia. Saya mendedikasikan gol ini untuk ibu saya, pastinya!" ujarnya kepada RAI Sport usai laga.

(Football Italia)

KOMENTAR