BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mengapa Gol AC Milan Saat Melawan Juventus Tidak Dianulir? Begini Penjelasannya

07-01-2021 09:11 | Yaumil Azis

AC Milan ketika merayakan gol Davide Calabria ke gawang Juventus pada pekan ke-16 Serie A musim 2020/2021 (c) AP Photo
AC Milan ketika merayakan gol Davide Calabria ke gawang Juventus pada pekan ke-16 Serie A musim 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Serie A menyajikan pertandingan sengit antara dua raksasa Italia, AC Milan melawan Juventus. Laga yang diselenggarakan di San Siro tersebut selesai dengan skor 3-1, di mana Juventus keluar sebagai pemenangnya.

Dua dari tiga gol Juventus dikantongi oleh Federico Chiesa, masing-masing pada menit ke-18 dan 62. Sementara satu lagi dicetak Weston McKennie saat pertandingan telah berjalan selama 76 menit.

AC Milan sendiri hanya bisa membalas lewat gol Davide Calabria pada menit ke-41. Gol ini sendiri mengundang kontroversi, sebab di dalamnya terdapat sebuah pelanggaran yang luput dari pandangan wasit.

Gol ini bermula ketika gelandang Juventus, Adrien Rabiot, sedang menggiring bola di wilayah pertahanan Milan. Lalu, Hakan Calhanoglu berinisiatif merebut bola darinya dengan cara melakukan kontak tubuh.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sudah Ada Pengecekan VAR

Kontak tubuh yang dilakukan Calhanoglu cukup keras hingga membuat Rabiot mengerang kesakitan di atas lapangan. Tapi wasit tidak mengindahkan momen tersebut dan membiarkan pertandingan terus berjalan.

Beberapa pemain Juventus menunjukkan sikap tidak terima terhadap wasit. Mereka melakukan gelombang protes begitu babak pertama usai. Namun wasit, bernama Massimiliano Irrati, tidak mengindahkan protes itu.

Lantas, mengapa VAR tidak mengintervensi? Rupanya, menurut Sky Sports, Irrati sudah melakukan pengecekan terhadap VAR yang saat itu diawasi oleh wasit asal Italia lainnya, Daniele Orsato.

2 dari 2 halaman

Bukan Kesalahan

Proses diskusi berjalan selama beberapa detik saja dan dilakukan secara tenang. Setelahnya, ia mendapatkan izin untuk mensahkan gol Milan yang dicetak dengan indah oleh Davide Calabria.

Lebih lanjut, laporan tersebut mengemukakan kalau Orsato merasa keputusan wasit lapangan bukan sebuah kesalahan yang jelas. Sehingga Irrati tak perlu melakukan tinjauan di lapangan ataupun menganulir gol Milan.

Gol Calabria sempat membuat kedudukan kembali menjadi imbang 1-1, sebelum Chiesa dan McKennie mencetak gol kedua dan ketiga Juventus. Hasil ini membuat Juventus bisa menempati peringkat ke-4 dengan koleksi 30 poin.

Milan sendiri masih berada di puncak berhubung rival sekotanya, Inter Milan, juga menelan kekalahan saat bertemu Sampdoria hari Rabu (6/1/2021) kemarin. Namun, jarak antara mereka dengan Juventus jadi terpangkas jadi tujuh poin saja.

(Football Italia)

KOMENTAR