BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Menganalisa Pengaruh Cristiano Ronaldo Terhadap Kas Juventus, Untung atau Buntung?

13-11-2020 04:31 | Yaumil Azis

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus harus menyiapkan dompet yang tebal hanya untuk mempertahankan sang bintang, Cristiano Ronaldo. Namun melepasnya ke klub lain tidak serta merta menyelesaikan segala permasalahan yang berkaitan dengan finansial.

Seperti yang diketahui, Ronaldo didatangkan dari Real Madrid pada tahun 2018 lalu dengan mahar 100 juta euro. Dan menurut pemberitaan, pria asal Portugal tersebut diikat kontrak dengan bayaran 31 juta euro per tahun.

Ada harga, ada rupa. Kalimat tersebut sangat pantas disematkan kepada Ronaldo. Faktanya, kontribusinya di atas lapangan sangat terasa dengan catatan 71 gol dari 94 laga, dan bisa bertambah seiring waktu berjalan.

Ronaldo sudah menyumbangkan tiga trofi kepada Juventus sejauh ini, dua di antaranya berasal dari ajang Serie A. Satu-satunya yang belum bisa dipersembahkan peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut tinggal gelar Liga Champions saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Biaya untuk Mempertahankan Ronaldo

Belakangan ini, beredar kabar bahwa Ronaldo tertarik untuk meninggalkan Juventus pada akhir musim. PSG dan Manchester United disebut-sebut sebagai destinasi yang paling memungkinkan untuk dirinya saat ini.

Beberapa orang meyakini kalau kepergian Ronaldo akan menghadirkan keuntungan buat Juventus. Klub raksasa Italia tersebut jadi punya ruang berlebih di buku keuangannya yang bisa digunakan untuk membeli sejumlah pemain berkualitas tapi dengan usia lebih muda.

Menurut catatan, kontrak Ronaldo di Juventus tersisa dua tahun lagi. Dan berdasarkan laporan dari Corriere dello Sport, Bianconeri harus menyiapkan dana sebesar 93 juta euro per tahunnya untuk mempertaankan Ronaldo di Turin.

Sungguh angka yang luar biasa. Dengan angka segitu, Juventus bisa mendapatkan dua pemain seharga Matthijs De Ligt dan masih mengantongi kembalian dengan jumlah yang cukup besar.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Besar dari Ronaldo

Tetapi, membiarkan Ronaldo pergi ternyata tidak serta merta menyelesaikan permasalahan finansial Juventus. Sebab keberadaan Ronaldo pun bisa menghasilkan pundi-pundi uang buat mereka.

Pemasukan dari penjualan jersey meningkat hingga 16 juta euro pada tahun pertama Ronaldo berlabuh di Turin. Angka yang cukup apik, walau tidak sebanding dengan nilai yang didapatkan Real Madrid saat memiliki Ronaldo.

Penjualan tiket masuk ke stadion pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni sebesar 17 persen (30 juta euro) pada tahun pertama. Namun pengaruh yang paling besar terasa pada aspek sponsor.

Juventus berhasil mendapatkan keuntungan sebesar dua kali lipat dari sponsor, yakni Jeep dan Adidas berkat kehadiran Ronaldo. Dari yang sebelumnya bernilai 23 juta euro menjadi 51 juta euro.

Selain itu, jumlah pengikut Juventus juga naik sebesar 20 persen sejak kedatangan Ronaldo. Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa Juventus harus merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mempertahankan Ronaldo, namun juga bisa meraih keuntungan besar darinya.

(Football Italia)

KOMENTAR