BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menebak Formasi Andrea Pirlo di Juventus: Kembali Pakai 3 Bek?

15-08-2020 01:08 | Yaumil Azis

Andrea Pirlo (c) Juventus FC Andrea Pirlo (c) Juventus FC

Bola.net - Publik mencoba menerka formasi apa yang akan digunakan oleh Andrea Pirlo di Juventus musim depan. Dan berdasarkan laporan, pelatih berumur 41 tahun tersebut akan menerapkan formasi tiga bek.

Wajar kalau publik bertanya-tanya soal formasi Pirlo musim depan. Pasalnya, pria yang juga dikenal pernah membela AC Milan semasa bermainnya itu belum memiliki pengalaman melatih sebuah klub.

Pirlo baru menyelesaikan studi kepelatihannya pada bulan Oktober tahun 2019 lalu. Ia bahkan baru menerima pekerjaan pertamanya sebagai pelatih Juventus U-23 sebelum diangkat menjadi pengganti Maurizio Sarri.

Belum diketahui secara pasti formasi seperti apa yang akan ia usung. Namun, beberapa petunjuk mulai nampak belakangan ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pirlo Menggunakan Tiga Bek?

Beberapa bulan yang lalu, Pirlo pernah berbincang dengan legenda Italia lainnya, Fabio Cannavaro, melalui tayangan langsung. Ia menyebutkan kalau formasi kesukaannya adalah 4-3-3. Namun bisa berubah bergantung pada materi skuad.

"Tergantung pada pemainnya, namun saya menyukai 4-3-3 dengan semuanya maju ke depan. Memiliki penguasaan bola yang besar, saya ingin terus mengoper bola, bahkan sampai ke belakang bangku cadangan kalau perlu!" ujarnya.

Tetapi, menurut laporan dari La Gazzetta dello Sport, Pirlo mungkin takkan menggunakan formasi favoritnya tersebut. Diketahui bahwa sang pelatih bakalan menggunakan skema tiga bek seperti di zaman Massimiliano Allegri dan Antonio Conte beberapa tahun silam.

Materi bek Juventus bisa dikatakan mampu memainkan skema tersebut. Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci selaku sosok veteran jelas sudah khatam. Sementara Merih Demiral serta Cristian Romero telah terbiasa dengan formasi tiga bek.

2 dari 2 halaman

Danilo dan Alex Sandro Bisa Beralih Fungsi

Matthijs De Ligt mungkin akan membutuhkan waktu agar bisa beradaptasi dengan skema itu. Namun ia punya waktu yang cukup banyak untuk mempelajarinya sembari memulihkan diri dari cedera bahu.

Bek Juventus lainnya, Daniele Rugani, dilaporkan akan dijual oleh klub. Kalau sampai kejadian, maka Juventus hanya akan memiliki lima bek sentral. Secara kuantitas, itu tidak cukup mengingat Bianconeri akan tampil di tiga kompetisi.

Namun Pirlo sepertinya takkan menuntut bek baru dari klub. Ia lebih suka memanfaatkan pemain yang ada, dan kemungkinan Danilo beserta Alex Sandro akan dikonversikan menjadi bek sentral namun dengan kebebasan untuk maju ke depan.

Formasi tiga bek sendiri kembali populer di pentas Serie A. Sejumlah klub seperti Atalanta, Lazio, Inter Milan, dan Hellas Verona sedang menerapkan skema tersebut. AS Roma pun mulai menggunakannya jelang penutupan musim 2019/20 dan memberikan hasil apik.

(Football Italia)

KOMENTAR