BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Maurizio Sarri Dipecat, Haruskah 6 Pemain Juventus dengan Performa Terburuk Musim Ini Menyusul?

08-08-2020 21:05 | Afdholud Dzikry

Pelatih asal Italia, Maurizio Sarri, mengunjungi pusat latihan Juventus pada hari Rabu (19/6). (c) Juventus FC Pelatih asal Italia, Maurizio Sarri, mengunjungi pusat latihan Juventus pada hari Rabu (19/6). (c) Juventus FC

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari markas Juventus. Setelah disingkirkan Lyon di babak 16 besar Liga Champions, Bianconeri memutuskan untuk memecat Maurizio Sarri, sang pelatih.

Rumor bakal dipecatnya Maurizio Sarri sejatinya sudah muncul lama, bahkan sebelum Serie A benar-benar berakhir. Nah, kegagalan di panggung Liga Champions pun membuat nama Sarri diprediksi tak akan berumur lama di Juventus.

Prediksi tersebut tepat. Beberapa jam setelah tersingkir dari Liga Champions, Juventus mengumumkan bahwa mereka resmi berpisah dengan Maurizio Sarri. Sebuah ironi mengingat sepekan lalu Sarri dan para pemain Juventus berpesta usai memastikan scudetto ke-9 beruntun.

"Juventus mengumumkan bahwa Maurizio Sarri telah dibebaskan dari jabatannya sebagai pelatih Tim Utama. Klub mengucapkan terima kasih kepada pelatih karena telah menulis halaman baru dalam sejarah Juventus dengan Scudetto kesembilan berturut-turut," tulis situs resmi Juventus.

Setelah Maurizio Sarri dipecat, menarik melihat siapa pemain Juventus dengan setidaknya 10 penampilan dan memiliki performa terburuk berdasarkan rating dari Whoscored?

1 dari 7 halaman

1. Daniele Rugani (6,41)

Ante Rebic vs Daniele Rugani di laga AC Milan melawan Juventus, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Ante Rebic vs Daniele Rugani di laga AC Milan melawan Juventus, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sejak kedatangannya, Daniele Rugani digadang-gadang menjadi salah satu bek masa depan Italia. Bersama Empoli, performa Rugani memang mengundang banyak pujian, namun setelah gabung Juventus, prediksi itu terus menjadi sebatas prediksi.

Musim ini, performa bek timnas Italia itu semakin merosot. Salah satu yang paling diingat oleh fans Juventus mungkin adalah ketika penampilannya melawan AC Milan awal Juli lalu.

Saat itu, Rugani yang berduet dengan Leonardo Bonucci di jantung pertahanan Juventus menjadi bulan-bulanan penyerangan Rossoneri. Juventus sendiri di laga tersebut kalah dengan skor 2-4.

2 dari 7 halaman

2. Sami Khedira (6,43)

Sami Khedira Saat Juventus Menghadapi Benfica (c) Twitter/Juventusfc Sami Khedira Saat Juventus Menghadapi Benfica (c) Twitter/Juventusfc

Bisa jadi ini adalah musim terburuk dari Sami Khedira. Selain karena kerap bergelut dengan cedera, performa Khedira setiap kali dipercaya bermain juga tak memuaskan.

Sepanjang musim, pemain berusia 33 tahun tersebut hanya mampu menyumbang 1 assist saja. Bahkan satu-satunya gol yang ia cetak adalah ketika pramusim di ajang International Champions Cup lalu.

3 dari 7 halaman

3. Federico Bernardeschi (6,52)

Federico Bernardeschi (c) AFP Federico Bernardeschi (c) AFP

Musim buruk yang lain. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana Federico Bernardeschi berjuang keras mengembalikan performa terbaiknya.

Sejak bergabung dengan Juventus tiga musim lalu, Bernardeschi gagal menampilkan performa seperti yang pernah ia perlihatkan bersama Fiorentina. Padahal kehadiran Sarri awal musim lalu diprediksi akan mengembalikan performa Bernardeschi mengingat Sarri adalah pengidola pemain kelahiran Carrara, 26 tahun silam.

Musim ini, Bernardeschi mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain, dengan total 28 penampilan di semua ajang. Di periode itu, ia hanya mampu membuat 2 gol saja.

4 dari 7 halaman

4. Blaise Matuidi (6,53)

Blaise Matuidi. (c) AFP Blaise Matuidi. (c) AFP

Salah satu pemain yang performanya juga paling disorot musim ini.

Bersama Maurizio Sarri, Matuidi musim ini hanya mampu menyumbang satu gol saja di semua kompetisi. Gelandang Prancis tersebut membuat 35 penampilan di Serie A, 4 laga di Coppa Italia, dan 5 laga di Liga Champions.

Namun sebanyak itu penampilannya, sebanyak itu pula ia mendapatkan banyak kritikan.

5 dari 7 halaman

5. Aaron Ramsey (6,63)

Gelandang Juventus, Aaron Ramsey (c) AP Photo Gelandang Juventus, Aaron Ramsey (c) AP Photo

Musim yang sangat sulit bagi Aaron Ramsey. Meninggalkan Arsenal dan gabung ke Juventus dengan harapan melanjutkan kembali performa terbaiknya, Ramsey justru gagal tampil sesuai harapan.

Selain karena mengalami cedera dan bermasalah dengan kebugaran, Ramsey memang dinilai tak sesuai dengan taktik Maurizio Sarri.

Di Serie A, Ramsey mampu mengoleksi tiga gol dari 24 penampilan. Sementara di Liga Champions ia hanya mampu membuat satu gol dari enam penampilannya.

6 dari 7 halaman

6. Danilo (6,66)

Danilo (c) AP Photo Danilo (c) AP Photo

Di awal musim banyak yang skeptis dengan kedatangan Danilo. Pasalnya dia datang sebagai bagian dari transfer Joao Cancelo ke Manchester City, sebuah pertukaran pemain yang banyak disebut sebagai blunder manajemen Juventus.

Dan performa Danilo setiap kali dipercaya untuk tampil memang bikin deg-degan. Salah satu yang paling segar dalam ingatan fans Juventus mungkin adalah ketika Danilo tampil melawan AC Milan awal Juli lalu.

Kala itu, Danilo gagal menemukan permainan terbaiknya dan menjadi bulan-bulanan penyerang AC Milan. Juventus sendiri pada laga tersebut kalah dengan skor 2-4.

7 dari 7 halaman

Tonton Laga Terakhir Maurizio Sarri Bersama Juventus

KOMENTAR