Maria Sole Ferrieri Caputi, Wasit Wanita Pertama di Serie A 2022/23

Aga Deta | 2 Juli 2022, 16:00
Franck Kessie dalam duel Inter Milan vs AC Milan pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Giuseppe Meazza, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo
Franck Kessie dalam duel Inter Milan vs AC Milan pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Giuseppe Meazza, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Serie A akan menciptakan sejarah baru pada musim 2022/23. Untuk pertama kalinya akan ada wasit wanita yang memimpin di kompetisi tersebut yakni Maria Sole Ferrieri Caputi.

Sepanjang sejarah Serie A belum pernah ada wanita yang menjadi wasit utama. Sejarah ini akan dicatatkan oleh Maria Sole Ferrieri Caputi.

Terpilihnya Maria Sole Ferrieri Caputi sebagai wasit wanita pertama di Serie A tidaklah mengejutkan. Tahun lalu Ferrieri Caputi juga menorehkan sejarah.

Wanita 31 tahun itu menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Coppa Italia antara tim Serie A Cagliari melawan tim Serie B Cittadella. Dia menganulir tiga gol dalam pertandingan tersebut.

1 dari 3 halaman

Momen yang Indah

"Ini adalah momen yang sangat indah dan kepuasan yang luar biasa dan juga menyedihkan untuk berpikir bahwa seseorang harus kagum dengan kehadiran seorang wanita," kata Presiden Asosiasi Wasit Italia (AIA), Alfredo Trentalange.

“Jelas ini berita bahwa Maria Sole akan menjadi wanita pertama di Serie A, dan ini adalah momen bersejarah, tetapi promosi adalah kemajuan yang datang dari prestasi dan bukan dari keistimewaan.”

2 dari 3 halaman

Kiprah Ferrieri Caputi

Ferrieri Caputi mulai menjadi wasit tujuh tahun lalu dalam pertandingan Serie D. 24 bulan kemudian, dia dipercaya memimpin Poule Scudetto antara Bari vs PIcerno.

Karier Ferrieri Caputi terus menanjak sejak saat itu. Wanita kelahiran 20 November 1990 tersebut pernah bertugas memimpin dua pertandingan kualifikasi Euro Wanita pada 2019.

Ferrieri Caputi kemudian dipromosikan ke Serie C pada tahun 2020. Dia juga menjadi wasit pertandingan Serie B antara Cittadella dan SPAL serta pertandingan Coppa Italia antara Cagliari dan Cittadella pada tahun 2021.

Kini nama Ferrieri Caputi akan tercatat dalam buku sejarah. Dia dipromosikan sebagai pengadil untuk pertandingan Serie A musim depan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR