BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City dan Chelsea Ikut Berperan Bantu Milan Kalahkan Juventus, Begini Ceritanya

10-05-2021 19:23 | Dimas Ardi Prasetya

Skuad AC Milan merayakan gol di markas Juventus, Senin (10/5/2021) (c) La Presse via AP Photo
Skuad AC Milan merayakan gol di markas Juventus, Senin (10/5/2021) (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Pelatih AC Milan Stefano Pioli mengungkapkan taktik yang ia gunakan untuk mengalahkan Juventus terinspirasi oleh permainan Manchester City dan Chelsea.

Milan tampil apik saat bersua dengan Juventus di Turin. Skuat Rossoneri berhasil menang telak 0-3.

Gol pertama Milan dicetak oleh Brahim Diaz. Sementara gol kedua dihasilkan Ante Rebic dan gol ketiga dari Fikayo Tomori.

Hal ini membuat Milan bisa melakukan revans. Sebab di putaran pertama lalu, mereka dikalahkan dengan skor 1-3.

1 dari 3 halaman

Taktik Pioli untuk Kalahkan Juventus

Stefano Pioli membuat sedikit kejutan di pertandingan ini dalam taktiknya untuk AC Milan. Ia memainkan Brahim Diaz sebagai gelandang serang di belakang Zlatan Ibrahimovic.

Hakan Calhanoglu dimainkan sebagai winger kiri. Stefano Pioli kemudian sedikit membeberkan taktik yang ia gunakan untuk mengalahkan Juventus.

“Juve mengubah cara mereka membangun serangan dari belakang dan saya tidak begitu yakin mereka akan memulai dengan tiga atau empat [bek] plus satu. Jadi yang harus kami lakukan adalah [bermain] solid, kompak dan menekan siapa pun yang menguasai bola," tuturnya pada Sky Sport Italia.

"Ketika kami tidak berhasil melakukannya, kami mencoba untuk bertahan sedikit lebih dalam dan menutup celah tersebut," sambung Pioli.

2 dari 3 halaman

Inspirasi dari Manchester City dan Chelsea

Stefano Pioli kemudian mengungkapkan bahwa taktik yang ia gunakan untuk membawa AC Milan mengalahkan Juventus ini terinspirasi dari permainan Manchester City dan Chelsea. Pioli mengaku ia mengamati betul permainan kedua klub Premier League itu khususnya saat berlaga di Liga Champions.

Pioli mengatakan, ia terkesan dengan cara kedua tim itu bermain khususnya saat tak menguasai bola. Ia pun yakin jika skuat Milan bisa meniru permainan kedua tim itu dengan lebih baik, maka mereka bakal bisa meraih prestasi lebih baik.

“Saya menyaksikan semifinal Liga Champions dan sangat terkesan dengan cara Manchester City dan Chelsea saat tak menguasai bola, menambah tempo dan kualitas. Jika kita memenuhi unsur-unsur itu, kita juga bisa bersuara," serunya.

3 dari 3 halaman

Inspirasi dari Guardiola

Di laga lawan Juventus ini, Zlatan Ibrahimovic tak bisa main full 90 menit karena lututnya cedera. Ia kemudian digantikan Ante Rebic yang akhirnya malah bisa mencetak gol kedua AC Milan.

Stefano Pioli menambahkan, Milan bisa bermain baik-baik saja tanpa Ibrahimovic karena ia juga belajar dari taktik Josep Guardiola yang lain di Manchester City. Ia terinspirasi dari cara Guardiola bermain tanpa menggunakan striker murni di depan.

“Pep Guardiola bermain tanpa penyerang tengah saat ini, sedangkan kami memiliki seseorang seperti Ibrahimovic. Jika Anda membuat dan kemudian mengisi ruang dengan pengaturan waktu yang tepat, itu benar-benar dapat membuat perbedaan," ucap Pioli.

Dengan kemenangan atas Juventus, AC Milan kini berpeluang besar untuk finis di empat besar Serie A. Namun pasukan Stefano Pioli masih harus menghadapi satu ujian besar lagi yakni di pekan terakhir kala Rossoneri harus bertandang ke markas Atalanta.

(Sky Sport Italia)

KOMENTAR