Kontroversi Wasit di Laga Torino vs Inter Milan Bikin AC Milan Keki Berat

Yaumil Azis | 15 Maret 2022, 01:37
Penyerang Torino, Andrea Belotti, dikawal ketat oleh bek Inter Milan, Andrea Ranocchia, dalam laga lanjutan Serie A hari Senin (14/3/2022). (c) AP Photo
Penyerang Torino, Andrea Belotti, dikawal ketat oleh bek Inter Milan, Andrea Ranocchia, dalam laga lanjutan Serie A hari Senin (14/3/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Laga pekan ke-29 Serie A antara Torino melawan Inter Milan yang digelar di Stadio Olimpico di Torino, Senin (14/3/2022) kemarin diselimuti kontroversi. Beberapa kalangan mengklaim kalau Torino pantas mendapatkan penalti.


Sebagai informasi, pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. Torino unggul lebih dulu berkat gol yang dicetak Gleison Bremer pada menit ke-12. Kontroversi terjadi beberapa saat setelah gol tercipta.

Tepatnya pada menit ke-35, Andrea Belotti berhasil melewati Andrea Ranocchia dan memasuki kotak penalti Inter Milan. Tapi Ranocchia masih mampu mengikuti dan mencoba merebut bola dari penyerang Timnas Italia itu.

Namun, alih-alih menyentuh bola, Ranocchia malah membuat Belotti kehilangan keseimbangan dengan menggeser kaki yang seharusnya menapak ke tanah. Pemain Torino lalu meminta kepada wasit untuk memberikan hadiah penalti.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Berakhir Imbang

Sayangnya, Marco Guida selaku wasit pada pertandingan itu tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Situasinya kian diperparah oleh Davide Massa selaku tim VAR yang juga tidak menganggap kejadian itu sebagai pelanggaran.

Pertandingan pun berlanjut. Torino mampu mempertahankan keunggulannya cukup lama. Gawang mereka yang dikawal oleh Etrit Berisha itu tidak kebobolan sampai mendekati masa injury time babak kedua.

Petaka pun muncul di masa injury time babak kedua. Torino akhirnya kebobolan oleh pemain pengganti Inter Milan, Alexis Sanchez. Dengan bantuan Edin Dzeko, eks Manchester United tersebut berhasil melesakkan bola ke gawang tuan rumah.

Duel telah berlalu, tapi kontroversi yang terjadi soal keputusan wasit masih menjadi perbincangan hingga sekarang. Tak heran, sebab satu kesalahan kecil bisa mengubah perburuan gelar juara Serie A musim ini.

2 dari 2 halaman

AC Milan Kesal

Seperti yang diklaim Tuttosport, AC Milan berang melihat kualitas kepemipinan wasit di laga Torino vs Inter. Apalagi mereka beberapa kali tidak diuntungkan oleh keputusan pemimpin pertandingan pada sejumlah kesempatan.

Contohnya adalah ketika menghadapi Napoli pada akhir 2021 kemarin. Milan berhasil mencetak gol penyama kedudukan di masa injury time lewat Franck Kessie. Namun golnya dianulir oleh wasit karena Olivier Giroud dianggap offside.

Kontroversi lainnya terjadi ketika Rossoneri berhadapan dengan Udinese beberapa waktu lalu. Wasit membiarkan gol dari Destiny Udogie meski ada aroma handsball dalam prosesnya. Gol tersebut membuat duel berakhir imbang 1-1.

FIGC pun menyadari bahwa sederet kontroversi ini harus dihentikan. Federasi sepak bola Italia itu lalu mengambil tindakan tegas dengan melarang Guida dan Massa terlibat dalam tiga pertandingan.

(Tuttosport via Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR