BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kontroversi Derby d'Italia: Juventus Tak Seharusnya Dapat Penalti?

25-10-2021 11:27 | Aga Deta

Federico Chiesa (kiri) berebut bola dengan Alexis Sanchez di laga Inter Milan vs Juventus di Giuseppe Meazza, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Federico Chiesa (kiri) berebut bola dengan Alexis Sanchez di laga Inter Milan vs Juventus di Giuseppe Meazza, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus mendapat hadiah penalti saat menghadapi Inter Milan. Keputusan itu dianggap tidak benar oleh mantan wasit Serie A Luca Marelli.

Inter menjamu Juventus di Giuseppe Meazza dalam lanjutan Serie A, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. Duel di bertajuk Derby d'Italia itu tuntas dengan skor 1-1.

Inter sempat memimpin lebih dulu di babak pertama. Edin Dzeko menjebol gawang Wojciech Szczesny pada menit ke-17.

Namun, Nerazzurri pada akhirnya gagal mengamankan tiga poin. Pasalnya, Juventus mampu menyamakan kedudukan melalui penalti Paulo Dybala.

1 dari 4 halaman

Penalti Juventus

Juventus mendapat hadiah penalti pada menit ke-86. Bek Inter Denzel Dumfries dianggap melanggar Alex Sandro di kotak terlarang.

Wasit Maurizio Mariani awalnya tetap melanjutkan pertandingan setelah insiden tersebut. Namun, dia kemudian memberikan hadiah penalti untuk Juventus setelah melihat VAR.

Kondisi itu memicu protes keras dari pelatih Simone Inzaghi sehingga sang pelatih mendapat kartu merah. Juventus akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui penalti Paulo Dybala.

Namun, Marelli berpendapat kalau kontak antara Dumfries dan Alex Sandro tidak terlalu serius. Karena itu, Juventus tak seharusnya mendapat penalti.

"Kontaknya ada dan tidak bisa dibantah tapi pasti akan ada perdebatan," kata Marelli kepada DAZN.

"Mariani berada dalam pandangan yang sempurna tentang situasi itu, seperti yang juga ditunjukkan oleh ekspresi wajahnya, dan menilai kontak itu tidak serius.

“Ini kesalahan yang jelas dan jelas, jadi ini adalah episode gerakan lambat, bukan VAR. Saya pikir ini bukan penalti yang harus diberikan, kita perlu menemukan cara untuk menguranginya.”

2 dari 4 halaman

Penalti Mengecewakan

Pelatih Inter Milan Simone Inzaghi merasa sangat kecewa timnya harus dihukum penalti pada menit-menit akhir pertandingan. Menurutnya, wasit telah melakukan kesalahan.

“Mengecewakan kebobolan penalti beberapa menit sebelum pertandingan berakhir. Melihat sinyal wasit bahwa semuanya baik-baik saja membuat saya marah," kata Inzaghi di situs resmi Inter.

"Kartu merah itu adil. Saya membuat kesalahan, sama seperti wasit membuat kesalahan dengan memberi isyarat bahwa semuanya baik-baik saja.”

3 dari 4 halaman

Tak Pantas Dapat Penalti

Kekecewaan juga dirasakan bek Inter Stefan De Vrij. Menurutnya, Juventus tidak pantas mendapat penalti.

“Saya cukup dekat dengan insiden itu dan saya tidak berpikir ada apa-apa di dalamnya, tetapi wasit pergi ke layar VAR dan memberikan penalti," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Serie A

Sumber: Sempre Inter, Inter.it

KOMENTAR