BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klub Serie A Tolak Rencana Play-Off Penentuan Scudetto dan Degradasi

14-03-2020 15:23 | Asad Arifin

Juventus vs Inter Milan. (c) AP Photo Juventus vs Inter Milan. (c) AP Photo

Bola.net - Wacana bakal digelarnya play-off dan play-out untuk menyelesaikan Serie A musim 2019/2020 mendapat penolakan dari klub. Mereka meminta pihak liga untuk memadatkan jadwal Serie A pada Juni andai situasi membaik.

Situasi di Italia memburuk menyusul pandemi corona yang melanda. Bukan hanya berdampak pada aktivitas publik, sepak bola pun merasakan dampak dari virus yang punya nama lain Covid 19 tersebut.

Pemerintah Italia telah melakukan 'lock down' beberapa kota terdampak, menutup aktivitas pendidikan, serta melarang penerbangan ke negara tertentu. Selain itu, Italia juga melarang digelarnya laga Serie A sampai April yang akan datang.

Beberapa pemain Serie A dilaporkan positif corona. Bek Juventus, Daniele Rugani menjadi yang pertama. Setelah itu ada pemain Sampdoria, Manolo Gabbiandini. Lalu, empat pemain Sampdoria lainnya menyusul positif.

1 dari 2 halaman

Gagasan Play-off dan Play-out Serie A yang Ditolak

Pihak FIGC sudah menggelar pertemuan awal dengan peserta liga Serie A dan otoritas terkait. Lalu, muncul beberapa opsi untuk kelanjutan Serie A musim 2019/2020 ini. Salah satunya opsi play-off dan play-out.

Play-off akan dilakukan untuk menentukan siapa yang meraih scudetto. Bakal ada empat tim yang ikut babak ini yakni Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Atalanta. Mereka berada di empat besar klsemen Serie A hingga pekan ke-26.

Bukan hanya untuk scudetto, ada juga laga play-out untuk menentukan klub yang degradasi pada. Klub yang berada di papan bawah klasemen bakal diadu. Hal yang sama berlaku bagi klub Serie B yang berada di papan atas klasemen.

Jurnalis La Gazzetta dello Sport, Nicolo Schira, melaporkan bahwa ide ini ditolak para kontestan Serie A. Sebab, format tersebut dianggap tidak adil. Mereka pun siap duduk dengan FIGC untuk mencari solusi kelanjutan musim 2019/2020.

2 dari 2 halaman

Klub Serie A Minta Euro 2020 Ditunda

Nicolo Schira menambahkan, klub Serie A ingin kompetisi tetap digelar sampai tuntas. Semua laga tetap dimainkan dan berakhir sebelum 30 Juni, ketika masa kontrak beberapa pemain dan pelatih usai bersama klubnya.

Klub Serie A bahkan bersedia menjalani jadwal yang padat, bermain sekali dalam tiga hari, demi merampungkan semua laga Serie A sebelum 30 Juli 2020. Ide ini bakal disampaikan pada pertemuan dengan FIGC dan pihak Lega yang digelar hari Sabtu (14/3/2020) lewat sambungan video.

Dengan jadwal yang diajukan tersebut, klub-klub Serie A juga akan meminta gelaran Euro 2020 ditunda. Sebab, jika kompetisi berakhir pada Juni, tidak ada waktu bagi Euro 2020 dan harus digeser pada 2021 yang akan datang.

Sumber: La Gazzetta dello Sport

KOMENTAR