BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klub Serie A Ramai-ramai Pangkas Gaji Pemain di Tengah Pandemi Virus Corona

06-04-2020 23:29 | Yaumil Azis

Serie A (c) Serie A Serie A (c) Serie A

Bola.net - Juventus bukan satu-satunya tim yang mengambil langkah pemangkasan gaji pemain di tengah situasi pandemi virus Corona ini. Klub-klub Serie A lainnya pun ternyata juga sudah melakukan tindakan yang sama.

Kabar soal pemangkasan gaji yang dilakukan Juventus sudah beredar sejak beberapa hari lalu. Sejumlah sosok bintang, tak terkecuali Cristiano Ronaldo, telah rela pemasukannya dipangkas demi menstabilkan finansial tim.

Tidak diketahui secara pasti berapa besaran gaji yang dipangkas. Namun menurut laporan dari Sky Sports, klub berjuluk Bianconeri tersebut bisa berhemat sampai 95 juta euro berkat tindakan ini.

Dan, berkat itu, Juventus beserta para pemainnya pun mendapatkan pujian dari berbagai kalangan. Banyak yang beranggapan bahwa apa yang telah dilakukan Juventus patut dicontoh oleh klub lainnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Juventus Tidak Terlibat

Pada hari Senin (6/4/2020) waktu setempat, semua klub Serie A mengadakan konferensi jarak jauh. Mereka lalu mendiskusikan soal besaran pemotongan gaji pemain yang seharusnya dilakukan.

Pertemuan tersebut turut melibatkan Juventus. Namun, sang juara bertahan Serie A itu tidak turut serta dalam kesepakatan karena sudah mencapai persetujuan soal gaji dengan para pemainnya terlebih dahulu.

Hasilnya, klub-klub tersebut sepakat bahwa mereka akan memangkas seperenam gaji pemain andaikata Serie A tetap dilanjutkan. Dan jika musim dibatalkan, maka gaji akan dipotong sebesar sepertiganya.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Serie A

"Sejalan dengan tindakan yang bertujuan mengurangi biaya tenaga kerja di Italia dan d luar negeri, Serie A hari ini memutuskan dengan bulat, dengan pengecualian Juventus yang sudah mencapai kesepakatan dengan para pemain mereka, berada pada satu garis yang sama untuk menanggung jumlah gaji dari pemain, pelatih, serta staf tim utama lainnya," tulis pernyataan Serie A.

"Intervensi ini, yang diperlukan untuk menjaga masa depan seluruh sistem sepakbola Italia, memberikan pengurangan sepertiga dari total pendapatan kotor tahunan (atau empat pembayaran bulanan rata-rata inklusif) jika musim tidak dapat dilanjutkan dan pengurangan seperenam dalam total pendapatan kotor tahunan (atau dua pembayaran bulanan inklusif rata-rata) jika sisa pertandingan pada musim 2019/20 bisa dimainkan dalam beberapa bulan mendatang."

"Dipahami juga bahwa klub akan menjelaskan kesepakatan ini dengan anggota star mereka secara langsung," jelas pernyataan tersebut.

Serie A juga menyatakan niatannya untuk menyelesaikan musim. Apalagi setelah UEFA telah memberi peringatan akan hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa bagi liga yang mengakhiri musim 2019/20 secara sepihak.

(Goal International)

KOMENTAR