BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kilas Balik Satu Tahun Cristiano Ronaldo di Juventus

11-07-2019 02:00 | Yaumil Azis

Jersey Baru Juventus (c) Juventus FC Jersey Baru Juventus (c) Juventus FC

Bola.net - Genap satu tahun sudah Cristiano Ronaldo berseragam Juventus. Seperti yang diketahui, peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut direkrut dari Real Madrid dengan mahar sebesar 100 juta euro pada musim panas 2018 lalu.

Kepindahan Ronaldo ini sempat membuat publik gempar. Pasalnya, tidak banyak yang menduga bahwa pemain asal Portugal tersebut hengkang dari Santiago Bernabeu. Kalaupun pergi, beberapa rumor saat itu meyakini bahwa ia akan kembali ke Manchester United.

Meskipun sering disebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, tetap saja banyak yang meragukan Ronaldo bisa bersinar bersama Juventus. Sehingga beberapa jurnalis dan sosok penting sempat meragukan keputusan Bianconeri membelinya dengan harga mahal.

Keraguan itu nyaris terbukti. Laga debutnya melawan Chievo berakhir dengan kemenangan 3-2, namun nama Ronaldo tak terlihat di papan skor. Penyerang berusia 33 tahun itu kembali gagal membobol gawang lawan di dua laga berikutnya.

Barulah semua keraguan itu hilang begitu Ronaldo membuat penonton setia Juventus bersorak dengan golnya ke gawang Sassuolo. Bahkan itu tidak terjadi sekali, namun dua kali. Semenjak itu, Ronaldo mulai menimbun pundi-pundi golnya.

Secara keseluruhan di Serie A, Ronaldo berhasil mencetak 19 gol dan delapan assist. Tapi koleksi itu masih belum cukup untuk menasbihkan dirinya sebagai Capocanonnoniere lantaran kalah dari Krzysztof Piatek, Duvan Zapata, dan juga Fabio Quagliarella.

Tapi paling tidak, Ronaldo memulai kiprahnya dengan sangat baik di Serie A, kompetisi yang dikenal sangat ketat dalam urusan pertahanan dari negara yang kerap menghasilkan bek-bek bertalenta.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Ronaldo di Liga Champions

Seperti halnya di Serie A, Ronaldo juga sempat mengalami kesulitan di fase grup Liga Champions. Penampilannya di laga perdana melawan Valencia harus berakhir lebih cepat setelah dirinya diusir dari lapangan karena mendapatkan kartu merah.

Pada fase grup, ia hanya mampu membukukan satu gol tepatnya saat Bianconeri berhadapan dengan klub yang membesarkan namanya, Manchester United. Tapi begitu Bianconeri berkiprah di fase gugur, Ronaldo mulai menunjukkan tajinya.

Tiga golnya yang bersarang ke gawang Jan Oblak di leg kedua babak 16 besar berhasil membuat Juventus melalukan comeback atas Atletico Madrid. Ronaldo juga mencetak gol di dua laga perempat final dengan Ajax sebagai lawannya. Sayangnya, itu tak cukup untuk membawa Juventus melaju lebih jauh di Liga Champions.

Selain itu, Ronaldo juga bermain apik dan berhasil mempersembahkan gelar Supercoppa Italia. Ia mencetak gol semata wayang Juventus ke gawang AC Milan pada saat itu. Ditambah gelar Scudetto, Ronaldo pun berhasil mempersembahkan dua gelar pada musim perdananya.

Tradisi Menpora Pria Berkumis Terhenti

KOMENTAR