Ketika Dua Genius, Andrea Pirlo dan Roberto Baggio Berkolaborasi Membobol Gawang Juventus

Gia Yuda Pradana | 18 Juli 2022, 13:27
Andrea Pirlo (c) Bola.net
Andrea Pirlo (c) Bola.net

Bola.net - Italia telah melahirkan beberapa pesepak bola genius yang namanya dikenal dunia. Andrea Pirlo dan Roberto Baggio adalah dua di antaranya. Brescia beruntung menjadi klub yang pernah memiliki keduanya.

Salah satu momen paling berkesan dari Pirlo dan Baggio di Brescia tersaji pada tahun 2001. Permainan kombinasi mereka menghasilkan gol indah ke gawang Juventus.

Itu terjadi di pentas Serie A. Kiper Juventus yang waktu itu 'mendapatkan kehormatan' menjadi korban kolaborasi Pirlo dan Baggio adalah Edwin van der Sar.

1 dari 3 halaman

Delle Alpi, 1 April 2001

Brescia bertandang ke markas Juventus pada pekan ke-24 Serie A 2000/01. Laga itu digelar di Stadio delle Alpi, 1 April 2001.

Juventus waktu itu ditangani Carlo Ancelotti, sementara Brescia dilatih Carlo Mazzone.

Waktu itu, Juventus berada di posisi dua klasemen sementara, sedangkan Brescia di peringkat 16. Juventus jelas lebih diunggulkan. Namun, dengan keberadaan Baggio, meski eks pemain Juventus, AC Milan, dan Inter Milan tersebut sudah lewat masa keemasannya, Brescia tetap tak bisa diremehkan.

Itu terbukti dengan hasil akhirnya. Juventus ditahan imbang 1-1, di mana gol penyama kedudukan Brescia dicetak oleh Baggio pada pengujung laga.

2 dari 3 halaman

Assist Pirlo, Gol Baggio

Dari garis tengah, Pirlo melepas sebuah operan panjang akurat yang menusuk ke jantung pertahanan tuan rumah. Baggio membaca operan dari juniornya itu tanpa kesalahan, kemudian menguasai bola dengan kontrol yang sempurna.

Edwin van der Sar dilewati begitu saja dan tak mampu menghentikannya. Gol menit 86 itu memastikan laga di Turin berkesudahan sama kuat.

Gol pembuka Juventus di menit ke-30 melalui Gianluca Zambrotta pun menjadi sia-sia.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR