BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Keputusan Juventus Menang 3-0 Atas Napoli Tidak Bisa Diganggu Gugat'

15-10-2020 07:49 | Asad Arifin

Pemain Juventus merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang AS Roma, Senin (28/9/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo
Pemain Juventus merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang AS Roma, Senin (28/9/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus dinyatakan menang dengan skor 3-0 atas Napoli pada laga pekan ketiga Serie A musim 2020/2021. Pakar hukum olahraga Claudio Pasqualin menilai keputusan itu tidak bisa diganggu gugat.

Laga Juventus vs Napoli sedianya digelar pada Minggu (4/10/2020) dini hari WIB. Hanya saja, laga yang digelar di Allianz Arena itu urung terjadi.

Napoli memilih tidak datang ke Turin. Napoli berdalih tidak mendapat izin dari otoritas kesehatan lokal [ASL] untuk pergi ke luar kota. Sebab, mereka baru saja bermain melawan Genoa yang punya 14 pemain positif Covid19.

Di sisi lain, Juventus tetap datang ke stadion. Si Nyonya Tua sejak awal menegaskan jika laga tetap digelar sesuai jadwal. Mereka pun melakukan segala langkah layaknya akan menjalani laga.

1 dari 2 halaman

Mungkinkan Napoli Ajukan Banding dan Menang?

Komite Disiplin Serie A memutuskan sikap Napoli yang tidak datang ke stadion sebagai kesalahan. Napoli pun dihukum kalah dengan skor 3-0 dan pengurangan satu poin atas sikap yang mereka pilih.

Lantas, apakah Napoli akan menang jika mengajukan banding?

"Keputusan itu tidak bisa dihindari dan tidak bisa diganggu gugat,” kata Claudio Pasqualin kepada TuttoNapoli, dikutip dari Football Italia.

Pasqualin menilai keputusan yang diambil Komisi Disiplin Serie A sudah tepat. Sebab, mereka telah mengacu pada aturan yang berlaku. Selain itu, keputusan diambil dengan berdasar pada prinsip keadilan.

"Karena itu, sekarang pasti akan ada beberapa episode lagi dari drama ini melalui proses banding," sambung Pasqualin.

2 dari 2 halaman

Keputusan yang Tepat

Napoli memang tidak mendapatkan rekomendasi untuk ke luar kota dari ASL. Namun, larangan itu muncul pada hari Minggu (4/10/2020). Sedangkan, Napoli harusnya bersiap datang ke Turin sejak hari Sabtu (3/10/2020) waktu setempat.

Skuad asuhan Gennaro Gattuso harusnya sudah berada di hotel pada hari Sabtu.

"Keputusan Komite Disiplin sepenuhnya tepat, karena ada aturan yang harus dihormati dan Napoli jelas tidak melakukan itu sepenuhnya. Ada berbagai tahap banding yang bisa dilakukan Napoli," kata Pasqualin.

Selain mendapat larangan pergi ke luar kota, Napoli juga sempat melaporkan adanya kasus positif Covid-19 di skuad mereka. Namun, merujuk pada aturan di Serie A, setiap klub harus tetap bermain jika masih punya minimal 13 pemain yang bugar.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR