BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kenapa Pemain Brasil Sekarang Sulit Bersinar di Serie A?

08-04-2020 13:57 | Gia Yuda Pradana

Kaka di AC Milan (c) AFP Kaka di AC Milan (c) AFP

Bola.net - Di masa lalu, pemain-pemain Brasil termasuk jajaran pemain-pemain terbaik di Serie A. Ada nama, Jose Altafini, Ronaldo, hingga Kaka. Namun, sekarang sudah tidak sama.

Pemain-pemain Brasil saat ini seolah kesulitan bersinar di Serie A. Contohnya adalah Gabriel Barbosa atau Gabigol di Inter Milan dan Lucas Paqueta di AC Milan.

Menurut legenda Brasil yang dahulu pernah memperkuat Udinese periode 1983-1985, Zico, salah satu alasannya adalah kesulitan mereka untuk mendapatkan menit bermain.

1 dari 4 halaman

Paqueta Bukan Cadangan

Lucas Paqueta (c) AFP Lucas Paqueta (c) AFP

Zico mengatakan bahwa Paqueta sebaiknya tidak dimainkan sebagai cadangan. Paqueta tak punya karakteristik untuk menjadi pembeda dari bangku cadangan.

"Percuma mengharapkan Paqueta turun ke lapangan dari bangku cadangan dan menyelamatkan tim," kata Zico kepada media Italia, Calciomercato.

"Dia sama sekali tak punya karakteristik seperti itu. Ketika pelatih melakukannya, itu membuat dia kesal dan situasi jadi lebih buruk."

2 dari 4 halaman

Kenapa Didatangkan, tapi Tidak Dimainkan?

Gabigol di Inter Milan (c) FC Internazionale Gabigol di Inter Milan (c) FC Internazionale

Gabriel Barbosa direkrut Inter dari Santos senilai €29,5 juta pada Agustus 2016. Namun, Gabigol sulit menembus tim inti, hingga akhirnya dipinjamkan ke Benfica, Santos, dan Flamengo.

Gabigol kemudian dibeli permanen oleh Flamengo pada Januari 2020.

"Ambil contoh pemain seperti Gabigol, yang pergi ke Italia dan mereka tak membiarkannya bermain," lanjut Zico. "Apa yang harus dia lakukan?"

"Tetap di sana dan mendapatkan uang? Dia sudah benar kembali [ke Brasil] dan membuktikan kapasitasnya dengan fakta."

3 dari 4 halaman

Contoh Lain

Fiorentina (c) AP Photo Fiorentina (c) AP Photo

"Hal serupa juga dialami Pedro, yang hampir tak pernah bermain di Fiorentina," ujar Zico. "Untuk Gerson, situasinya sedikit berbeda. Dia lebih sering bermain, tapi mungkin bukan di posisi yang tepat."

"Namun, yang saya tidak mengerti adalah kenapa pelatih-pelatih ini meminta pemain-pemain tersebut, tapi tidak memainkan mereka."

"Yang lebih buruk adalah manajer-manajer yang membeli tanpa meminta pendapat para pelatih. Itu gila," tegas Zico.

4 dari 4 halaman

Beda Latihan di Brasil dan Italia?

Tim Nasional Brasil (c) AP Photo Tim Nasional Brasil (c) AP Photo

Zico tidak percaya bahwa ada perbedaan pola latihan di Brasil dan di Italia.

"Tidak, itu cuma mitos," kata Zico. "Intensitasnya sama, bahkan di seluruh Eropa."

"Mungkin ada masalah dengan adaptasi, bahasa dan makanan, tapi latihan di mana-mana sama intensnya. Sepak bola yang dimainkan di lima benua sudah hampir tak ada bedanya," ujar Zico.

Sumber: Calciomercato

KOMENTAR