BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Karena Kuat dan Cepat, De Ligt Dianggap Sama Bagusnya dengan Van Dijk

16-11-2019 20:00 | Yaumil Azis

Selebrasi Matthijs De Ligt usai membobol gawang Torino di ajang Derby Della Mole (c) Juventus FC Official Selebrasi Matthijs De Ligt usai membobol gawang Torino di ajang Derby Della Mole (c) Juventus FC Official

Bola.net - Langkah awal Matthijs De Ligt bersama Juventus tidak berjalan dengan mulus. Kendati demikian, bek berkebangsaan Belanda tersebut tetap mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

De Ligt sempat menjadi sorotan karena tampil buruk di beberapa laga Serie A bersama Juventus. Ia melakukan serangkaian blunder yang membuat Bianconeri harus kebobolan. Beruntung, Juventus tetap mampu meraih kemenangan.

Belakangan ini, sorotan tersebut mulai berkurang. Jumlah gol yang bersarang di gawang Juventus juga perlahan kian minim. Bahkan mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut telah mengantongi satu gol yang dicetak saat menghadapi Torino beberapa waktu lalu.

Secara perlahan, De Ligt mulai menunjukkan kualitasnya. Ia pun perlahan membuktikan bahwa Bianconeri tidak salah menebusnya dengan mahar yang sangat tinggi, yakni senilai 80 juta euro, pada musim panas kemarin.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

De Ligt Sama Baiknya dengan Van Dijk

Dukungan terus membanjiri De Ligt. Salah satunya datang dari bek Bournemouth yang juga merupakan penggawa Timnas Belanda, Nathan Ake. Ia bahkan tak ragu untuk menyejajarkan bek berumur 20 tahun itu dengan bintang Liverpool, Virgil van Dijk.

"Saat anda menuju ke negara dan klub yang baru, terutama klub besar seperti Juventus, dan anda masih berumur 19-20 tahun, akan terjadi perubahan," tutur Ake kepada Goal.

"Dia mencetak gol [melawan Torino], yang bagus untuknya, namun semuanya punya keyakinan penuh kepada dirinya. Seperti yang bisa anda lihat, dia adalah pemain yang hebat," lanjutnya.

"Dia cepat, kuat untuk seumurannya, sangat bagus di udara dan saat menguasai bola pun sangat bagus. Dia mencetak banyak gol dari situasi bola mati jadi dia punya atribut yang sama seperti Van Dijk," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Soal Van Dijk dan Ballon d'Or

Van Dijk sendiri digadang-gadang sebagai kandidat terkuat peraih trofi Ballon d'Or 2019. Tapi, saingannya tak bisa dipandang sebelah mata. Ia harus berjibaku dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang sudah memenangkan penghargaan tersebut lima kali.

Keberhasilan Liverpool menjadi juara Liga Champions pada musim kemarin membuat namanya melambung tinggi. Kedatangannya di Anfield pada tahun 2018 lalu memang memberi perubahan yang signifikan untuk klub asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Ake sangat mendukung Van Dijk untuk memenangkan penghargaan tersebut. Sebab menurutnya, peraih Ballon d'Or tidak harus diberi kepada pemain yang berposisi sebagai penyerang saja.

"Dia pantas mendapatkan semua pujian ini. Menurut saya, dia 100 persen pantas menjadi salah satu pemain yang bersaing di ajang Ballon d'Or. Penyerang mencetak gol dan hal semacam itu namun dia membantu tim dengan cara lain," tutupnya.

(Goal International)

KOMENTAR