BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Juventus 2-0 Udinese: Pertandingan ke-300 Allegri, Dybala Masih Sakti

16-01-2022 09:11 | Gia Yuda Pradana

Pemain-pemain Juventus merayakan gol Paulo Dybala (kedua dari kiri) (c) AP Photo
Pemain-pemain Juventus merayakan gol Paulo Dybala (kedua dari kiri) (c) AP Photo

Bola.net - Juventus sukses meraih kemenangan saat meladeni Udinese di Turin pada pekan ke-22 Serie A 2021/22, Minggu 16 Januari 2022. Tim besutan Massimiliano Allegri menang 2-0. Paulo Dybala menyumbang satu gol.

Dybala membuka keunggulan Juventus dengan golnya di menit 19. Weston McKennie menggandakan keunggulan sekaligus menegaskan kemenangan timnya dengan gol yang dia cetak di menit 79.

Ada beberapa fakta menarik dari pertandingan ini. Berikut ulasan singkatnya.

1 dari 6 halaman

300 Laga Massimiliano Allegri

Pertandingan kontra Udinese adalah pertandingan ke-300 Massimiliano Allegri sebagai pelatih Bianconeri. Dia sudah membawa mereka menang 208 kali.

Dibandingkan dua pelatih Juventus lainnya yang pernah mencapai milestone ini, yakni Giovanni Trapattoni dan Marcello Lippi, persentase kemenangan Allegri adalah yang terbesar (69%).

Allegri telah melatih Juventus selama dua periode. Periode pertamanya adalah 2014-2019 (271 laga; M191 S41 K39; gol 524-208). Periode keduanya mulai awal musim 2021/22 (29 laga; M17 S5 K7; gol 45-29).

2 dari 6 halaman

Mattia De Sciglio On Fire

Gol kedua Juventus oleh McKennie tercipta dari assist Mattia De Sciglio. Bek sayap 29 tahun Italia itu pun mencatatkan sebuah statistik istimewa.

Untuk pertama kali dalam kariernya, dia terlibat langsung untuk terciptanya gol dalam dua penampilan beruntun di Serie A. Sebelum assist kontra Udinese, dia mencetak satu gol ketika Juventus menang 4-3 atas AS Roma.

3 dari 6 halaman

Paulo Dybala Masih Sakti

Dengan membobol gawang Udinese, berarti Paulo Dybala sudah mencetak tujuh gol dalam 16 penampilan untuk Juventus di Serie A musim ini. Selain tujuh gol, penyerang Argentina itu juga telah menyumbang tiga assist.

Kontribusi gol + assist Dybala tersebut sejauh ini lebih banyak dibandingkan rekan-rekannya yang lain.

Dybala adalah top skor sementara Juventus di Serie A musim ini. Untuk assist, dia juga memimpin, tapi tak sendirian, sejajar dengan Alvaro Morata dan Dejan Kulusevski.

4 dari 6 halaman

Juventus Perlu Mempertahankannya

Pemain Juventus, Paulo Dybala (c) AP Photo
Pemain Juventus, Paulo Dybala (c) AP Photo

Dybala sudah mencetak 10 gol dalam 21 penampilan untuk Juventus di semua kompetisi musim ini. Dia juga sudah menyumbang empat buah assist.

Usai mencetak gol ke gawang Udinese, Dybala tak berselebrasi. Dia justru menatap tajam ke tribune, yang mana di situ ada Pavel Nedved, salah satu petinggi Bianconeri.

Belakangan ini, masa depan Dybala di Juventus gencar dipertanyakan. Kontrak Dybala akan habis musim ini, tapi hingga sekarang masih belum tercapai kesepakatan dengan Juventus perihal kontrak anyar. Besaran gaji disebut-sebut sebagai kendala. Padahal, dia kabarnya sudah mulai dilirik oleh sang rival Inter Milan.

Setelah laga kontra Udinese, tak sedikit pendukung Juventus yang menyerukan lewat media sosial supaya manajemen klub segera memperpanjang kontrak Dybala. Mereka merasa kalau dia adalah pemain yang sangat layak dipertahankan.

5 dari 6 halaman

Demi Empat Besar

Selebrasi pemain-pemain Juventus (c) AP Photo
Selebrasi pemain-pemain Juventus (c) AP Photo

Musim ini, Juventus belum sekalipun masuk empat besar klasemen sementara. Posisi tertinggi mereka sejauh ini adalah peringkat lima, seperti yang ditempati sekarang.

Di awal musim, Juventus memang meraih beberapa hasil mengecewakan. Namun, mereka terus menunjukkan perbaikan.

Jika konsisten, empat besar bukanlah sesuatu yang mustahil bagi mereka. Meski kehilangan pemain penting seperti Federico Chiesa yang mengalami cedera parah, Juventus tak perlu cemas selama mereka bisa 'memperbaiki hubungan' dengan La Joya Paulo Dybala.

6 dari 6 halaman

Klasemen Serie A

KOMENTAR