BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jika Poinnya Sama, Juventus, AC Milan atau Napoli yang Tampil di Liga Europa?

17-05-2021 13:03 | Asad Arifin

Pemain AC Milan, Ante Rebic (c) LaPresse via A Pemain AC Milan, Ante Rebic (c) LaPresse via A

Bola.net - Serie A musim 2020/2021 tetap seru walau gelar juara sudah pasti milik Inter Milan. Sebab, ada Atalanta, AC Milan, Napoli, dan Juventus bersaing untuk berebut zona Liga Champions.

Atalanta saat ini memimpin klasemen untuk perebutan zona Liga Champions. La Dea berada di posisi kedua dengan 78 poin. Atalanta unggul dua poin dari Napoli dan AC Milan yang berada di bawahnya.

Lalu, Juventus berada di posisi kelima dengan raihan 75 poin.

Masing-masing tim masih punya satu laga sisa pada musim 2020/2021. Lantas, siapa yang akan lolos ke Liga Champions dan tampil di Liga Europa musim depan? Simak hitung-hitungannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Pertemuan Atalanta vs AC Milan

Pemain Atalanta merayakan gol kedua ke gawang AC Milan yang dicetak Josip Ilicic dalam laga lanjutan Serie A, Minggu (24/1/2021). (c) AP Photo Pemain Atalanta merayakan gol kedua ke gawang AC Milan yang dicetak Josip Ilicic dalam laga lanjutan Serie A, Minggu (24/1/2021). (c) AP Photo

Pada pekan ke-38, alias pekan terakhir Serie A 2020/2021, Atalanta akan berjumpa Milan di Bergamo. Laga ini bakal sangat menentukan langkah kedua tim untuk berada di empat besar klasemen akhir.

Jika Atalanta menang, maka mereka otomotis berada di posisi kedua klasemen akhir dan tampil di fase grup Liga Champions.

Namun, jika Milan yang menang, maka Rossoneri akan lolos ke Liga Champions. Milan akan mendapat poin lebih banyak dari Atalanta. Milan akan mendapat satu poin lebih banyak dari Atalanta.

2 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Juventus dan Napoli?

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo.  (c) AP Photo Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Napoli akan menjamu Hellas Verona pada pekan ke-38 di Stadion Diego Armando Maradona. Napoli wajib menang jika ingin lolos ke Liga Champions. Jika imbang, maka Napoli akan menunggu hasil yang didapat tim lain.

Lalu, bagaimana dengan peluang Juventus?

Juventus tidak bisa menentukan nasibnya sendiri. Pasukan Andrea Pirlo harus menang pada duel melawan Bologna di Renato dall'Ara. Namun, menang saja tidak cukup bagi Juventus untuk lolos ke Liga Champions.

Juventus harus berharap agar Atalanta, AC Milan, atau Napoli kalah sehingga mereka bisa masuk ke empat besar.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Poinnya Sama?

Duel Napoli vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo Duel Napoli vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

Anda banyak kemungkinan yang terjadi pada pekan terakhir Serie A. Mungkin ada tim yang punya poin akhir sama antara empat tim yang bersaing di zona Liga Champions.

Misalnya, jika Atalanta kalah dan Juventus menang, maka kedua tim akan mendapat poin sama yakni 78. Lalu, jika hal itu yang terjadi, seperti apa hitungan yang dipakai untuk menentukan posisi klasemen?

Berdasar peraturan di Serie A, maka penentuan posisi klasemen jika poin sama adalah head-to-head.

Jika jumlah tim dengan poinnya sama lebih dari dua tim, maka akan diterapkan classifica avulsa atau klasemen mini antara tim-tim yang poinnya sama. Hasil yang dihitung adalah pertemuan tim-tim terkait.

4 dari 5 halaman

Head to Head

Jika Atalanta menang atas Milan, lalu Napoli kalah dan Juventus imbang, maka ada tiga tim yang mendapat 76 poin. Berikut adalah head to head antara tiga tim tersebut.

AC Milan

  • Milan 1-3 Juventus
  • Juventus 0-3 Milan
  • Napoli 1-3 Milan
  • Milan 0-1 Napoli

Napoli

  • Napoli 1-3 Milan
  • Milan 0-1 Napoli
  • Napoli 1-0 Juventus
  • Juventus 2-1 Napoli

Juventus

  • Milan 1-3 Juventus
  • Juventus 0-3 Milan
  • Napoli 1-0 Juventus
  • Juventus 2-1 Napoli
5 dari 5 halaman

Simulasi Klasemen Mini

Skuat AC Milan merayakan golnya ke gawang Torino di Olimpico di Torino, Kamis (13/05/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo Skuat AC Milan merayakan golnya ke gawang Torino di Olimpico di Torino, Kamis (13/05/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo
  1. AC Milan 6 poin (gol 7, kemasukan 5, selisih gol + 2)
  2. Juventus 6 poin (gol 5, kemasukan 6, selisih gol -1)
  3. Napoli 6 poin (gol 4, kemasukan 5, selisih gol -1)

Jadi, jika Milan, Napoli, dan Juventus punya poin yang sama, maka Milan akan berada di posisi ketiga klasemen. Juventus berada di posisi keempat dan Napoli berada di posisi kelima. Napoli tidak lolos ke Liga Champions.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR