Inter Milan 3-1 AS Roma: Hat-trick Kekalahan Jose Mourinho dari sang Mantan

Gia Yuda Pradana | 24 April 2022, 01:58
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo

Bola.net - Inter Milan meraih kemenangan impresif saat menjamu AS Roma pada pekan ke-34 Serie A 2021/22, Sabtu 23 April 2022. Nerazzurri mengalahkan tim asuhan sang mantan pelatih Jose Mourinho itu dengan skor 3-1.


Inter membuka keunggulan lewat Denzel Dumfries menit 30, lalu menggandakannya melalui Marcelo Brozovic menit 40. Lautaro Martinez kemdudian memperlebar keunggulan Inter di menit 52. Roma mencetak satu gol hiburan lewat Henrikh Mkhitaryan di menit 85.

Ada beberapa catatan menarik dari laga di Stadio Giuseppe Meazza - San Siro ini. Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Hat-trick Kalah

Jose Mourinho dan Simone Inzaghi, di laga Inter Milan vs AS Roma, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Jose Mourinho adalah pelatih yang pernah mengantarkan Inter meraih treble pada musim 2009/10 silam. Musim ini merupakan musim pertamanya menangani Roma.

Musim ini, Mourinho sudah tiga kali bertemu dengan Inter dan selalu kalah.

Pada pekan ke-16, Roma kalah 0-3 dari Inter di Olimpico. Inter menang lewat gol-gol Hakan Calhanoglu, Edin Dzeko, dan Denzel Dumfries. Setelah itu, Roma juga dikalahkan Inter 0-2 di perempat final Coppa Italia. Waktu itu, tim besutan Simone Inzaghi menang lewat gol-gol Edin Dzeko dan Alexis Sanchez.

Hat-trick kekalahan kontra Inter didapatkan Mourinho setelah anak-anak asuhnya barusan tumbang 1-3 di kota Milan.

2 dari 6 halaman

Denzel Dumfries Samai Torehan Giacinto Facchetti

Denzel Dumfries mencetak masing-masing satu gol untuk Inter dalam dua pertemuan dengan Roma di Serie A musim ini. Bek sayap 26 tahun Belanda itu pun tercatat sebagai bek kedua sepanjang sejarah Inter yang pernah mencetak gol dalam dua laga melawan AS Roma di satu musim Serie A.

Yang pertama adalah Giacinto Facchetti pada musim 1968/69 silam.

3 dari 6 halaman

Memori Musim 2008/09

Inter Milan vs AS Roma, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Inter mencetak total enam gol dalam dua pertemuan kontra Roma di Serie A musim ini. Terakhir kali Inter mencetak minimal enam gol dalam dua pertemuan kontra Roma di satu musim Serie A adalah pada edisi 2008/09.

Musim 2008/09 sendiri merupakan musim pertama Mourinho melatih Inter. Waktu itu, Mourinho membawa Inter mengalahkan Roma 4-0 di Olimpico dan meraih hasil imbang 3-3 di Giuseppe Meazza.

4 dari 6 halaman

Hakan Calhanoglu Memang Cocok di Inter

Hakan Calhanoglu (kanan) di laga Inter Milan vs AS Roma, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Hakan Calhanoglu tidak mencetak gol di laga ini, tapi dia merancang dua assist. Dia merancang assist untuk gol pertama Inter oleh Dumfries dan gol ketiga Inter oleh Lautaro.

Musim ini, gelandang 28 tahun Turki tersebut telah mencetak tujuh gol dan 10 assist dalam 30 penampilan untuk Nerazzuri di Serie A.

Musim ini merupakan musim pertama Calhanoglu bersama Inter setelah menyeberang dari AC Milan. Melihat performanya dan kontribusinya sejauh ini, sepertinya dia memang cocok dengan seragam biru-hitam.

5 dari 6 halaman

Akhir 12 Laga Tak Terkalahkan AS Roma

Selebrasi pemain-pemain Inter Milan (c) AP Photo

Sebelum ini, Roma sempat melalui 12 laga tak terkalahkan di Serie A. Mereka meraih tujuh kemenangan dan lima kali imbang.

Namun, catatan apik tersebut telah diakhiri oleh Inter. Mereka takluk 1-3. Ini juga mengganggu perjuangan mereka untuk menembus empat besar.

Di lain pihak, Inter sukses meraih empat kemenangan beruntun di Serie A dan menjaga peluang dalam perebutan Scudetto dengan AC Milan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR