BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Frosinone vs AS Roma: 2-3

24-02-2019 04:28 | Serafin Unus Pasi

Selebrasi Gol Edin Dzeko (c) AS Roma Official Selebrasi Gol Edin Dzeko (c) AS Roma Official

Bola.net - Gol telat Dzeko bawa Roma petik poin penuh di Benito Stirpe

AS Roma sukses memetik kemenangan di pertandingan giornata ke 25 Serie A musim ini. Mengunjungi markas Frosinone, Il Lupi berhasil menang dengan skor 2-3.

Frosinone sempat unggul dahulu berkat gol Camilo Ciano sementara AS Roma berbalik unggul berkat gol Edin Dzeko dan Lorenzo Pellegrini di babak pertama. Di babak kedua Frosinone menyamakan kedudukan berkat gol Andrea Pinamonti, sebelum Dzeko kembali mencetak gol di masa perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan Roma.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Bermain di depan ribuan pendukung Frosinone, AS Roma tidak sungkan untuk mengambil inisiatif serangan. Mereka langsung mencoba untuk menekan tuan rumah sejak wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan.

Meski mencoba menekan, tim tamu harus kebobolan terlebih dahulu. Memanfaatkan kesalahan umpan yang dilakukan Steven N'Zonzi, Camilo Ciano sukses merebut bola dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola sejatinya berhasil ditepis oleh Robin Olsen, namun bola pantulan tepisan itu masih bisa masuk ke gawang sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol, Il Lupi mencoba bangkit. Mereka menggenjot serangan mereka untuk menyamakan kedudukan. Di menit 14, Stephan El Shaarawy nyaris menyamakan kedudukan setelah sukses memanfaatkan umpan silang Diego Perotti, namun peluangnya masih ditepis oleh Sportielo. Lima menit berselang giliran Lorenzo Pellegrini yang mencoba peruntungannya, namun sayang tembakannya masih melambung di atas mistar gawang Frosinone.

Setelah sejumlah percobaan, Roma berhasil menyamakan kedudukan di menit 30. Kali ini memanfaatkan kesalahan bek Frosinone saat mengontrol bola, Dzeko berhasil merebut bola dan melepaskan tembakan mendatar yang tidak bisa dijangkau oleh Sportiello sehingga skor kembali imbang 1-1.

Satu menit pasca gol Dzeko, tim tamu kembali mencetak gol. Melalui skema serangan balik, Dzeko mengirimkan umpan pendek ke El Shaarawy yang kemudian melepaskan tembakan mendatar yang bisa ditepis oleh Sportiello, namun lagi-lagi bola muntah berhasil disambar oleh Pellegrini sehingga skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

Tim tuan rumah mencoba untuk kembali menekan di sisa babak pertama ini, namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-2 tetap bertahan untuk keunggulan tim tamu.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tempo permainan menjadi sedikit lebih cepat. Frosinone yang tertinggal satu gol mencoba untuk menekan untuk mengejar ketertinggalan.

Roma sendiri tidak tinggal diam. Mereka berhasil unggul dalam penguasaan bola dan beberapa kali melepaskan tembakan, namun tidak ada yang mengarah tepat ke gawang tuan rumah.

Mengalami kebuntuan, kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Marco Baroni memutuskan untuk menarik keluar Andrea Beghetto dan Daniel Ciofani untuk digantikan dengan Cristian Molinaro dan Andrea Pinamonti, sementara Eusebio di Francesco menarik keluar Diego Perotti dan Steven N'Zonzi untuk digantikan dengan Nicolo Zaniolo dan Bryan Cristante.

Masuknya Pinamonti ke skuat Frosinone menambah gairah serangan Frosinone. Pemain pinjaman dari Inter Milan itu kerap membuat ancaman, di mana di menit 68 ia nyaris menyamakan kedudukan andai ssepakannya tidak diblok oleh Davide Santon di tim utama AS Roma.

Di pertengahan babak kedua, Roma harus mendapatkan kabar buruk setelah Kostas Manolas mendapatkan cedera. Alhasil Federico Fazio ditugaskan oleh Di Francesco untuk menggantikan Manolas.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, akhirnya Pinamonti menjadi aktor antagonis bagi sang tamu. Di menit 80, melalui skema serangan balik Camilo Ciano melepaskan umpan tarik kepada Pinamonti yang tidak terkawal bek AS Roma, sehingga tanpa kesulitan sang striker muda menceploskan bola ke gawang Roma setelah berhadapan satu lawan satu dengan Olsen.

Beberapa menit berselang, Pinamonti kembali menebar ancaman. Mendapatkan umpan terobosan, ia berhasil lolos dari hadangan bek Roma dan melepaskan tembakan ke gawang Il Lupi, namun sayang tembakannya berhasil ditepis oleh Olsen.

AS Roma yang terus menerus menggenjot serangan akhirnya memetik hasil manis di masa perpanjangan waktu. El Shaarawy yang berlari ke kotak penalti Frosinone melepaskan umpan silang yang berhasil diselesaikan Dzeko yang berhasil lolos dari jebakan offside. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Roma, dan skor itu berhasil bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat hasil ini Roma tertahan di peringkat 5 klasemen sementara Serie A dengan raihan 44 poin, sementara Frosinone juga masih tertahan di peringkat 19 dengan raihan 16 poin.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Frosinone (3-5-2): Sportiello; Capuano, Salamon, Goldaniga; Beghetto (Molinaro 60'), Cassata, Viviani, Chibsah (Trotta 85'), Zampano; Ciofani (Pinamonti 67'), Ciano

AS Roma (4-2-3-1): Olsen; Kolarov, Marcano, Manolas (Fazio 77'), Santon; De Rossi, N'Zonzi (Cristante 66'); El Shaarawy, Pellegrini, Perotti (Zaniolo 65'); Dzeko.

KOMENTAR