BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan AS Roma vs Juventus: Skor 3-4

10-01-2022 02:33 | Ari Prayoga

Selebrasi Mattia De Sciglio usai mencetak gol kemenangan Juventus di kandang AS Roma, Senin (10/1/2022) (c) AP Photo
Selebrasi Mattia De Sciglio usai mencetak gol kemenangan Juventus di kandang AS Roma, Senin (10/1/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Juventus secara luar biasa sukses mengalahkan AS Roma dengan skor sengit 4-3 dalam partai Serie A 2021/22 giornata 21 yang digelar di Olimpico, Senin (10/1/2022) dini hari WIB.

Saling kejar-mengejar gol terjadi pada laga ini. Empat gol Juventus masing-masing diciptakan oleh Paulo Dybala, Manuel Locatelli, Dejan Kulusevski, dan Mattia De Sciglio.

Sementara itu, Roma mencetak gol lewat aksi Tammy Abraham, Henrikh Mkhitaryan dan Lorenzo Pellegrini. Laga ini juga diwarnai oleh kartu merah Matthijs de Ligt dan kegagalan eksekusi penalti Pellegrini.

Berkat hasil ini, Juventus untuk sementara menduduki peringkat lima klasemen dengan poin 38, sedangkan Roma tertahan di peringkat delapan dengan poin 32.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Pertandingan sudah berlangsung seru sejak awal babak pertama. Sayang, peluang yang didapat Roma dan Juventus masih sama-sama gagal membuahkan hasil.

Roma akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-11 lewat sundulan Abraham meneruskan assist yang diberikan Jordan Veretout dari sepakan pojok.

Keunggulan tuan rumah hanya bertahan selama tujuh menit. Juventus sukses menyamakan skor lewat tembakan melengkung yang dilepas Dybala dari tepi kotak penalti.

Juventus mendapat bencana ketika winger andalan mereka, Federico Chiesa mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Ia pun terpaksa ditarik keluar dan digantikan Dejan Kulusevski pada menit ke-32.

Roma memperoleh sejumlah peluang untuk kembali memimpin. Namun, skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga pertandingan memasuki jeda turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Hanya tiga menit usai kembali dari kamar ganti, Roma akhirnya kembali unggul berkat gol Mkhitaryan yang berbau keberuntunagan. Tembakan keras pemain asal Armenia itu membentur De Sciglio dan membuat Wojciech Szczesny mati langkah.

Roma semakin menjauh usai Pellegrini mencetak gol pada menit ke-53. Kapten I Lupi tersebut melepas tendangan bebas sensasional ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny.

Tertinggal dua gol tak membuat Juventus menyerah begitu saja. Allenatore Marco Landucci yang untuk sementara menggantikan Massimiliano Allegri pun memasukkan Alvaro Morata dan Arthur.

Hasilnya, umpan silang Morata pada menit ke-70 berhasil disundul Locatelli untuk membobol gawang Rui Patricio sekaligus memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

Dua menit berselang, Kulusevski mencetak gol memanfaatkan bola rebound. Gol ini sempat dianulir karena hakim garis menganggap terjadi offside. Namun, usai berkonsultasi dengan tim VAR, wasit mengesahkan gol ini.

Sukses menyamakan kedudukan membuat Juventus semakin bersemangat. Bianconeri secara luar biasa berbalik unggul pada menit ke-78 berkat tembakan De Sciglio.

Pertandingan masih jauh dari kata usai. Dua menit kemudian, Roma mendapat hadiah penalti usai Matthijs de Ligt melakukan handball di kotak terlarang. Tak cuma itu, De Ligt pun juga mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah.

Pellegrini pun maju menjadi algojo. Sayang bagi Roma, tembakan sang kapten mampu dimentahkan oleh Szczesny. Skor 4-3 untuk kemenangan Juventus pun tetap bertahan hingga laga usai.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Roma: Rui Patricio; Ibanez, Bryan Cristante, Chris Smalling; Ainsley Maitland-Niles, Lorenzo Pellegrini (Borja Mayoral 87'), Jordan Veretout (Carles Perez 78'), Henrikh Mkhitaryan, Matias Vina; Tammy Abraham, Felix Afena-Gyan (Eldor Shomurodov 71').

Juventus: Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Matthijs de Ligt, Daniele Rugani, Mattia De Sciglio; Weston McKennie, Manuel Locatelli, Rodrigo Bentancur (Arthur 63'); Paulo Dybala (Giorgio Chiellini 82'), Moise Kean (Alvaro Morata 63'), Federico Chiesa (Dejan Kulusevski 32').

4 dari 4 halaman

Klasemen Serie A

KOMENTAR