BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hari Ini Lima Tahun yang Lalu, Orchestra Terakhir Sang Maestro, Andrea Pirlo di Serie A

30-05-2020 20:20 | Serafin Unus Pasi

Andrea Pirlo (c) Bola.net Andrea Pirlo (c) Bola.net

Bola.net - 30 Mei merupakan hari yang bersejarah bagi seorang Andrea Pirlo. Tepat hari ini lima tahun yang lalu, Sang Maestro resmi undur diri dari dunia sepakbola Italia.

Dalam dua dekade terakhir, sosok Pirlo merupakan sosok yang begitu disegani baik di Italia dan Eropa. Ia dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di eranya, berkat kemampuannya yang begitu luar biasa.

Pada tanggal 30 Mei 2015 silam, Juventus menghadapi Hellas Verona di Giornata ke-38 Serie A. Pada saat itu Juventus sudah mengamankan gelar Scudetto di musim tersebut.

Namun laga tersebut akan selalu dikenang karena laga itu merupakan terakhir kalinya bagi Pirlo bermain di Serie A, di mana laga itu berakhir dengan skor 2-2.

1 dari 3 halaman

Perjalanan Karir

Lahir di kota Flero, Pirlo mengawali karirnya sebagai pesepakbola dengan bergabung dengan akademi Brescia. Ia kemudian mendapatkan debutnya di tim utama Bresica di tahun 1995 saat ia masih berusia 16 tahun.

Kecemerlangan Pirlo itu kemudian diendus oleh Inter Milan. Nerrazurri mendatangkan sang gelandang di tahun 1998, namun ia kesulitan menembus tim utama Inter saat itu sehingga ia dibajak rival sekota Inter, AC Milan di tahun 2001.

Bersama Rossonerri, Pirlo mulai menunjukkan kelasnya. Ia 10 tahun membela AC Milan dan membantu Il Diavolo Rosso memenangkan dua gelar Scudetto, satu gelar Coppa Italia dan dua trofi Liga Champions.

Di tahun 2011 Milan memutuskan melepaskan Pirlo ke Juventus karena mereka menganggap sang playmaker sudah terlalu tua. Namun seperti Anggur yang semakin matang saat tua, ia membawa Si Nyonya Tua meraih empat scudetto beruntun sebelum akhirnya pensiun di tahun 2015.

2 dari 3 halaman

Cemerlang di Timnas

Tidak hanya bersinar di level klub, Pirlo juga menunjukkan pesonanya di level Timnas Italia.

Sinarnya pertama kali terlihat dengan membawa Italia U-21 memenangkan Euro U-21 di tahun 2000. Lalu pencapaian terbesarnya adalah membantu Italia memenangkan Piala Dunia tahun 2006.

Karir Pirlo di Timnas nyaris sempurna setelah ia membawa Italia lolos ke Final Euro 2012 silam. Namun sayang di final mereka dikalahkan oleh Spanyol.

3 dari 3 halaman

Laga Terakhir

Meski memainkan laga terakhirnya di Serie A pada tanggal 30 Mei, namun laga kontrak Verona itu bukan laga terakhir Pirlo sebagai pesepakbola.

Laga terakhinya adalah pada tanggal 6 Juni 2015, di mana pada saat itu Juventus harus tumbang di tangan Barcelona dengan skor 1-3.

KOMENTAR