Gol Udinese ke Gawang AC Milan Harusnya Tidak Sah?

Asad Arifin | 26 Februari 2022, 07:55
Pemain Udinese, Destiny Odugie, mencetak gol ke gawang AC Milan pada pekan ke-27 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo
Pemain Udinese, Destiny Odugie, mencetak gol ke gawang AC Milan pada pekan ke-27 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan protes keras atas gol yang dicetak Udinese ke gawang mereka pada laga pekan ke-27 Serie A. Rossoneri melihat gol yang dicetak Destiny Odugie harusnya dianulir karena terjadi handball.


AC Milan berjumpa Udinese di San Siro, Sabtu (26/2/2022) dini hari WIB. Milan harus puas dengan skor imbang 1-1 pada duel ini. Milan unggul lewat gol Rafael Leao pada menit ke-29 lalu disamakan Odugie pada menit ke-66.

Milan cukup beruntung karena hasil imbang ini tidak membuat mereka tergusur dari puncak klasemen. Sebab, di laga lain, Inter Milan juga imbang saat berjumpa Genoa. Milan tetap di puncak klasemen dengan 57 poin.

Gol Odugie mendapat protes keras dari para pemain Milan, bahkan saat laga usai protes tetap dilakukan. Lantas, apakah benar klaim Milan bahwa gol Odugie tidak sah? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Harusnya Dianulir?

Udinese menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Bermula dari situasi kemelut di depan gawang, Roberto Pereyra kemudian melepas tendangan akrobatik. Bola disambut Destiny Odugie untuk menjadi gol.

Mantan wasit Serie A, Luca Marelli, menilai gol yang dicetak Udinese layak untuk diperdebatkan. Sebab, dari tayangan ulang, ada indikasi handball dilakukan Odugie sebelum menceploskan bola ke gawang.

"Akan ada banyak diskusi. Kami telah melihatnya beberapa kali dan kami melihat ada gerakan Udogie yang sangat mencurigakan, menyentuh bola dengan tangan kirinya," kata Luca Marelli dikutip dari MilanNews.

"Dia membelokkan bola dengan tangan kirinya: dia mengeluarkannya, dan pergi ke arah bola. Saya pikir dia menyentuh bola dengan tangan kiri. Saya tidak bisa mengerti mengapa VAR tidak melakukan intervensi," tegas Luca Marelli.

2 dari 3 halaman

Handball?

Pemain Udinese merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang AC Milan dalam laga lanjutan Serie A pada hari Sabtu (26/2/2022). (c) AP Photo

Pendapat Luca Marelli mendapat penegasan dari kubu AC Milan. Sang pelatih, Stefano Pioli, juga sangat yakin bahwa gol Udinese harusnya dianulir. Namun, wasit memutuskan gol dan tidak mempertimbangkan VAR pada momen ini.

"Tidak ada keraguan, handball yang nyata," tegas Pioli.

"Wasit tidak melihatnya, tetapi VAR yang gagal melihatnya sulit untuk dipahami. Ini adalah kesalahan serius, itu menentukan hasil laga, bahkan jika kinerja kami tidak bagus. VAR ada untuk menghindari kesalahan, itu tidak bagus. Kami telah dihukum beberapa kali," tutup Pioli.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR