BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

FIGC Umumkan Opsi Rampungkan Serie A Musim Ini dengan Skema Play-Off

20-05-2020 23:32 | Ari Prayoga

Serie A (c) La Presse via AP Photo Serie A (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Federasi sepak bola Italia FIGC mengumumkan opsi penyelesaian Serie A musim 2019-20 ini lewat skema play-off jika rencana menggulirkan kembali kompetisi secara normal menemui kegagalan.

Setelah kompetisi terhenti sejak Maret lalu akibat pandemi virus Corona, klub-klub Serie A kini memulai aktivitas latihan kembali untuk bersiap menyambut lanjutan musim ini.

Serie A pun merencanakan untuk kembali melanjutkan sisa musim ini mulai 13 Juni mendatang. Namun, rencana ini dipastikan gagal karena pemerintah Italia melarang event olahraga hingga 14 Juni mendatang.

1 dari 2 halaman

Hasil Pertemuan

Pertemuan yang melibatkan Presiden FIGC, Gabriele Gravina, petinggi Lega Serie A , Paolo Dal Pino serta beberapa pihak lain dari Serie B dan C pun digelar pada Rabu (20/5/2020) untuk membahas nasib musim ini.

Dilansir Football Italia, beberapa poin penting dari pertemuan tersebut adalah kompetisi Serie A, B, dan C musim ini dipastikan bisa dilanjutkan, sedangkan Serie D dengan terpaksa benar-benar dihentikan.

Selain itu, Serie A, B, dan C diberi waktu tenggat hingga 20 Agustus mendatang untuk merampungkan musim 2019-20. Tenggat ini bisa molor hingga 31 Agustus guna memastikan pentas Coppa Italia juga bisa rampung. Sementara itu, kompetisi musim depan bisa dimulai sejak 1 September mendatang.

2 dari 2 halaman

Opsi Play-Off

Hasil penting lainnya dari pertemuan ini adalah Serie A, B, dan C musim ini bisa diselesaikan lewat cara play-off jika penangguhan aktivitas olahraga kembali dilakukan oleh pemerintah.

Sederhananya, sisa kompetisi musim ini akan dimainkan dengan sistem gugur dan dibagi dalam dua kelompok, yakni tim-tim yang bersaing di papan atas serta kelompok tim-tim yang berjuang untuk selamat dari degradasi.

Jika memang opsi ini tetap tak bisa dilakukan dan kompetisi harus benar-benar berhenti, maka FIGC akan menentukan klasemen akhir dengan penggunaan koefisien.

Penggunaan koefisien ini dilakukan untuk menentukan tim-tim yang berhak promosi dan harus terdegraasi, sedangkan penentuan juara liga masih menjadi tanda tanya.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR