BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ditinggal Pemain-Pemain Penting, AC Milan Musim Ini Lebih Lemah?

01-08-2021 13:00 | Richard Andreas

Pemain AC Milan merayakan gol ke gawang Modena dalam laga uji coba hari Sabtu (24/7/2021). (c) AC Milan
Pemain AC Milan merayakan gol ke gawang Modena dalam laga uji coba hari Sabtu (24/7/2021). (c) AC Milan

Bola.net - Stefano Pioli menghadapi tantangan besar untuk menjaga kualitas permainan AC Milan di musim 2021/22 nanti. Rossoneri kehilangan beberapa pemain penting musim panas ini.

Musim lalu, tidak ada yang menduga Milan bisa finis di peringkat dua Serie A 2020/21, sebagai runner-up. Milan memberikan performa terbaik mereka sejak terakhir meraih Scudetto pada tahun 2011.

Meski begitu, posisi runner-up tersebut seharusnya tidak membuat Milan lupa diri. Mereka diuntungkan dengan tim-tim top lain yang under-perform.

Selain itu, jarak dari Inter di puncak klasemen cukup lebar, yakni 12 poin. Pioli perlu memperkuat tim untuk memangkas jarak tersebut, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

1 dari 3 halaman

Bakal alot

Musim lalu, Milan cukup diuntungkan dengan kesulitan Juventus dan Atalanta. Dua tim pesaing itu finis di peringkat ketiga dan keempat, hanya selisih satu poin dari Milan.

Lalu masih ada Napoli yang finis di peringkat lima, juga tertinggal satu poin dari peringkat empat. Tim-tim ini sedang under-perform, Milan memanfaatkan celahnya dengan baik.

Meski begitu, musim 2021/22 mendatang bakal berbeda. Tim-tim tersebut akan mendongkrak level permainan mereka, belajar dari evaluasi musim lalu.

Masalahnya, skuad Milan justru mengalami kemunduran. Inilah yang bisa jadi masalah untuk Pioli

2 dari 3 halaman

Kepergian pemain

Euro 2020: Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu di laga Italia vs Turki (c) AP Photo
Euro 2020: Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu di laga Italia vs Turki (c) AP Photo

Kemunduran skuad yang dimaksud adalah kepergian pemain-pemain penting yang musim lalu jadi andalan Pioli. Ada Gianluigi Donnarumma, Hakan Calhanoglu, dan Diogo Dalot.

Di antara tiga nama tersebut, kepergian Donnarumma jelas jadi pukulan telak. Kiper muda Italia itu terbukti sebagai salah satu yang terbaik di Eropa, dia baru membantu Azzurri menjuarai Euro 2020.

Kepergian Calhanoglu juga merugikan, khususnya karena dia bergabung dengan rival sekota, Inter Milan.

Artinya, Milan bukan hanya kehilangan pemain penting, melainkan juga membantu memperkuat tim lain.

3 dari 3 halaman

Tetap positif

Tentu tidak semuanya negatif bagi Milan. Mereka sudah mengubah status Fikayo Tomori dan Sandro Tonali jadi pembelian permanen, merekrut Olivier Giroud, dan meminjam Brahim Diaz kembali.

Milan juga berhasil merekrut Mike Maignan dari Lille untuk menggantikan posisi Donnarumma. Seharusnya Maignan bisa membantu menjaga kualitas pertahanan Milan. 

Pioli sedang membangun kestabilan tim. Untungnya pemain-pemain penting seperti Kessie dan Ibrahimovic masih bertahan.

Tantangan utama Milan adalah menjaga level seperti musim lalu dan mencari icara mengatasi rival yang semakin kuat.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR