BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Diadang Banyak Tantangan, Baresi Tetap Yakin Milan Bisa Kembali Bangkit

08-05-2020 20:10 | Dimas Ardi Prasetya

AC Milan (c) AP Photo AC Milan (c) AP Photo

Bola.net - Legenda AC Milan Franco Baresi mengatakan Rossoneri pasti akan bisa bangkit kembali meski mereka diadang oleh banyak tantangan.

Milan adalah salah satu klub terbesar di Italia. Mereka juga memiliki nama besar di Eropa, dan cuma kalah dari Real Madrid saja dalam urusan mengoleksi trofi Liga Champions.

Rossoneri berjaya di era Silvio Berlusconi. Namun era mantan perdana menteri Italia itu berakhir kala mereka mengalami krisis keuangan sejak sekitar tahun 2012.

Milan tak lagi mampu belanja pemain bintang. Pada akhirnya prestasi mereka mengalami penurunan sampai saat ini, meski klub sudah berganti pemilik dua kali.

Milan tak sanggup lagi bersaing masuk ke zona Liga Champions. Bahkan untuk sekadar masuk zona Liga Europa mereka sebelumnya juga begitu kesulitan.

1 dari 2 halaman

Optimisme Baresi

Franco Baresi memperkuat tim senior AC Milan sejak tahun 1977. Ia terus bermain di San Siro hingga tahun 1997, tahun di mana ia gantung sepatu.

Ia merasakan zaman kejayaan Milan. Selama membela Rossoneri, ia mengoleksi 17 trofi juara, dan enam di antaranya adalah trofi Scudetto plus tiga trofi Liga Champions.

Saat ini Milan tengah berusaha untuk bisa kembali ke masa kejayaannya. Baresi pun meyakini bahwa Rossoneri pasti bisa kembali bangkit meski dihadang banyak tantangan.

“Milan adalah hidup saya. Di setiap klub ada siklus dengan perubahan. Telah terjadi perubahan kepemilikan. Berlusconi bertahan selama 30 tahun dan itu, tentu saja, merupakan poin yang menguntungkan," ucapnya pada Corriere dello Sport.

“Hari ini, ada banyak persaingan dan itu tidak mudah karena ada aturan yang berbeda, seperti Financial Fairy Play, yang harus dihormati," tuturnya.

"Saya masih berpikir Milan bisa kembali ke atas," seru Baresi.

2 dari 2 halaman

Kelanjutan Serie A

Saat ini pandemi virus corona di Italia mulai mereda. Protokol lockdown pun mulai dilonggarkan.
Kompetisi Serie A pun punya kans untuk digulirkan kembali, meski kemungkinan akan digelar tanpa penonton. Namun demikian ada pro dan kontra terkait kelanjutan kompetisi tersebut.

Franco Baresi ternyata salah satu sosok yang mendukung agar Serie A dilanjutkan lagi. Ia mengatakan bahwa situasinya tak akan mudah bagi para pemain, namun ia menegaskan bahwa sepak bola akan bisa memberikan dukungan moral bagi banyak orang.

"Saya tahu para penggemar berharap kompetisi akan dilanjutkan dan itu bisa diselesaikan. Tetapi jika saya menempatkan diri pada posisi para pemain, itu tidak mudah," cetusnya.

“Bermain di stadion kosong itu tidak mudah. Jika mereka aman dan jika ada perilaku yang bertanggung jawab, saya pikir itu benar untuk memulai lagi, untuk memberikan sukacita."

“Harapan ekstra bagi semua orang karena sepak bola harus membuktikan menjadi contoh tanggung jawab. Saya harap kompetisi ini dapat diselesaikan, maka para ahli akan memutuskan kapan," pungkas Baresi.

(corriere dello sport)

KOMENTAR