BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cerita Transfer Donnarumma: Hampir ke Juventus, Menolak Chelsea, dan Pilihan 'Hanya' PSG

15-10-2021 13:49 | Asad Arifin

Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma menjalani debut Liga Champions di laga versus Manchester City, Rabu (29/9/2021) (c) AP Photo
Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma menjalani debut Liga Champions di laga versus Manchester City, Rabu (29/9/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Transfer Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu yang menyita perhatian pada awal musim 2021/2022. Di balik kepindahan ke PSG, ada cerita yang juga melibatkan Chelsea dan Juventus.

Donnarumma menjalani negosiasi kontrak baru yang sulit bersama AC Milan. Pada akhirnya, hingga lewat 30 Juni 2021, kedua pihak tidak mencapai kesepakatan. Donnarumma pun menyandang status free transfer.

Seperti diketahui, Donnarumma kemudian pindah ke PSG. Menurut jurnalis pakar bursa transfer, Fabrizio Romano, ada jalan yang cukup berliku yang dilalui Donnarumma sebelum akhirnya mendarat di Paris.

1 dari 4 halaman

Kok Batal ke Juventus?

Awalnya, kata Romano, Donnarumma berminat pindah ke Juventus. Bahkan, ada ketertarikan dari kedua pihak. Tapi, kepindahan Fabio Paratici ke Tottenham dan ditunjukkan Max Allegri sebagai pelatih mengubah skenario.

"Dengan kembalinya Allegri sebagai pelatih Juventus, keputusannya adalah memberikan kepercayaan maksimal kepada kiper Wojciech Szczesny dari Polandia dan tidak berinvestasi pada Donnarumma," kata Romano.

Juventus memang sempat tidak puas dengan kinerja Szczesny dua musim terakhir. Tapi, di mata Allegri, Szczesny masih layak dipercaya. Allegri adalah sosok yang dulu menginisiasi transfer Szczesny dari Arsenal.

2 dari 4 halaman

Tidak Tertarik ke Inggris

Selain Juventus, Donnarumma juga punya opsi untuk bergabung dengan Chelsea. Tapi, menurut Romano, Donnarumma tidak melihat Inggris sebagai negara yang ingin dituju. Dia ingin menjajal negara lainnya.

"Inilah sebabnya mengapa Chelsea tidak pernah begitu dekat untuk mengontrak Donnarumma," kata Romano.

Di sisi lain, Chelsea juga tidak pernah benar-benar serius pada Donnarumma. Minat untuk membawa ke London memang terus dibahas. Tapi, kedatangan Edouard Mendy membuat semua pihak di klub merasa puas.

"Perhatian Chelsea terhadap jenis bisnis agen bebas ini selalu tinggi, tetapi kepercayaan mereka pada Mendy dan pilihan personal Donnarumma mencegah mereka melanjutkan kemungkinan ini," kata Romano.

3 dari 4 halaman

Tersisa PSG

Juventus menutup pintu. Chelsea tak lagi membuka negosiasi. Pada akhirnya, PSG datang memberi tawaran pada Donnarumma. Nasser Al Khelaifi (presiden) dan Leonardo (direktur teknis) memiliki hubungan baik dengan agen Mino Raiola.

"Donnarumma memiliki kesepakatan lisan dengan PSG sebelum Euro yang menjadi kontrak resmi yang ditandatangani tepat setelah Italia menyelesaikan babak penyisihan grup," kata Romano.

"PSG meyakinkan Donnarumma tentang rencana yang sangat jelas: memulai musim ini dengan bersaing dengan Keylor Navas, tetapi dianggap sebagai kiper masa depan PSG," ujar Romano.

4 dari 4 halaman

Klasemen Ligue 1

Sumber: Kolom Fabrizio Romano di Sportskeeda

KOMENTAR