BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bila Benar Neymar Datang, Bagaimana Starting XI Juventus Musim Depan?

18-07-2019 11:44 | Afdholud Dzikry

Neymar ketika diperkenalkan sebagai pemain PSG dua tahun lalu. (c) AFP Neymar ketika diperkenalkan sebagai pemain PSG dua tahun lalu. (c) AFP

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari Juventus. Kabarnya, juara bertahan Serie A tersebut menjadi pilihan destinasi selanjutnya bagi Neymar pada musim panas ini.

Tidak ada angin tidak ada hujan, nama Juventus muncul sebagai salah satu tim yang bisa menjadi tim Neymar selanjutnya. Ini sedikit mengejutkan mengingat bintang PSG itu dalam beberapa pekan terakhir lebih sering dikaitkan dengan kembali ke Barcelona.

Neymar sendiri sebelumnya tengah memiliki masalah dengan PSG. Bahkan perang kata antara Presiden PSG dengan Neymar tak terelakkan. Bintang Brasil itu juga sempat menegaskan tak ingin lagi kembali ke Paris musim ini.

Namun kabar Neymar ke Barcelona meredup setelah Blaugrana justru meresmikan transfer Antoine Griezmann. Meskipun bukan tidak mungkin, namun setelah kedatangan Griezmann, transfer Neymar ke Camp Nou diprediksi akan berjalan sangat sulit.

Sadar bahwa kepindahannya ke Barcelona akan sulit diwujudkan, Neymar pun mulai melirik klub lain. Dan diklaim Mundo Deportivo, Neymar kini mempertimbangkan untuk bergabung dengan Juventus, berada satu tim dengan superstar lain, Cristiano Ronaldo.

Namun adakah tempat untuk Neymar di skuad Juventus saat ini? Andai transfer tersebut terwujud, bakal seperti apa starting XI dan formasi Juventus musim ini? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Neymar Tertarik Proyek Juventus

Dikabarkan Mundo Deportivo, Neymar memilih Juventus karena kabarnya tertarik dengan bagaimana Bianconeri menyusun proyek mereka. Proyek yang tengah dibangun Juventus inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Neymar melirik untuk bermain di Italia.

Musim lalu, Juventus mendatangkan salah satu pemain terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo. Mereka kembali memperkuat skuat mereka dengan mendatangkan pemain berkualitas seperti Aaron Ramsey dan Matthijs De Ligt.

Untuk itu Neymar meyakini Juventus bakal menjelma menjadi penguasa Eropa yang baru dan ia tertarik untuk menjadi bagian dari tim ini.

Dengan banyaknya bintang di skuad Juventus, bagaimana potensi starting XI dan formasi Juventus musim depan bila Neymar datang? Yuk baca terus artikelnya.

2 dari 6 halaman

4-3-3

Neymar adalah seorang penyerang yang mampu bermain di semua posisi di lini depan. Namun kemampuan terbaik Neymar adalah bila ia ditempatkan di sisi kiri penyerangan, posisi yang juga ia mainkan ketika di Barcelona dan juga PSG.

Formasi 4-3-3 Juventus dengan Neymar. (c) bolanetFormasi 4-3-3 Juventus dengan Neymar. (c) bolanet

Sementara di posisi lini tengah, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot dan Emre Can bisa menjadi pilihan bagi Maurizio Sarri. Pjanic akan fokus sebagai kreator, mesin pergerakan Juventus, sekaligus sosok yang membuka opsi umpan bagi pemain lain. Sedangkan Rabiot dan Can bisa menjadi penyeimbang tim sekaligus meringankan beban Pjanic dalam bertahan.

3 dari 6 halaman

3-4-3

Dengan kedatangan Matthijs de Ligt, Juventus kini memiliki lini belakang yang tangguh. Kedatangannya itu melengkapi nama-nama berpengalaman seperti Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, hingga pemain baru lain Merih Demiral. Dengan komposisi tersebut, Bianconeri bisa bermain dengan tiga bek di belakang.

Formasi 3-4-3 Juventus dengan Neymar. (c) bola.netFormasi 3-4-3 Juventus dengan Neymar. (c) bola.net

Untuk lini tengah, Maurizio Sarri bisa memainkan Aaron Ramsey atau Rabiot bersama dengan Miralem Pjanic. Sementara dua sayap yang naik turun bisa ditempati Alex Sandro/Luca Pellegrini di kiri, dan Mattia De Sciglio dan Joao Cancelo di sisi kanan. Sedangkan di depan, Neymar jelas opsi terbaik di sisi kiri dan didukung Ronaldo di tengah, dan juga Dybala atau Douglas Costa atau bahkan Federico Bernadeschi di sisi kanan.

4 dari 6 halaman

4-2-3-1

Opsi formasi lain yang juga bisa digeber oleh Maurizio Sarri adalah 4-2-3-1. Bila Neymar datang, maka sayap kiri bisa ditempati olehnya dan dua pemain lain yang berada di belakang penyerang tunggal bisa Bernardeschi di sisi kanan dan Dybala bermain tepat di belakang Ronaldo. Bila Sarri ingin lebih seimbang, ia juga bisa menempatkan Pjanic di posisi Dybala untuk bermain sebagai playmaker.

Formasi 4-2-3-1 Juventus dengan Neymar. (c) bola.netFormasi 4-2-3-1 Juventus dengan Neymar. (c) bola.net

Dua gelandang jangkar bisa ditempati oleh Rabiot atau Blaise Matuidi dan Emre Can. Aaron Ramsey sendiri bisa mengisi posisi gelandang bertahan karena meskipun posisi terbaiknya adalah gelandang box to box, namun ketika bermain di Arsenal dan timnas Wales, ia juga kerap kali bermain sebagai duet gelandang bertahan.

5 dari 6 halaman

4-4-2

Dalam beberapa kesempatan, Sarri memang tak melulu menjadikan 4-3-3 sebagai satu-satunya andalan. Beberapa kali ia juga tak sungkan memainkan formasi dengan mengandalkan dua penyerang di lini depan.

Formasi 4-4-2 Juventus dengan Neymar. (c) bola.netFormasi 4-4-2 Juventus dengan Neymar. (c) bola.net

Bila Neymar datang, Neymar bisa berduet dengan Ronaldo di lini depan. Sementara empat pemain di lini tengah bisa ditempati Douglas Costa, Pjanic, Rabiot, Bernardeschi atau Juan Cuadrado.

6 dari 6 halaman

4-3-2-1

Formasi alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk mengakomodasi Neymar adalah 4-3-2-1. Dengan banyaknya opsi pemain di lini tengah dan depan, formasi ini bisa menjadi salah satu pilihan Maurizio Sarri.

Formasi 4-2-3-1 Juventus bersama Neymar. (c) Bola.netFormasi 4-2-3-1 Juventus bersama Neymar. (c) Bola.net

Neymar bisa dimainkan di belakang Ronaldo bersama Dybala. Sementara Matuidi dan Ramsey di lini tengah akan bermain sedikit melebar dan berbagi ruang dengan dua bek sayap Juventus. Sementara Pjanic bisa menjadi gelandang tengah yang menjadi penghubung antar lini dengan area distribusi bola yang lebih luas.

Bagaimana Bolaneters, kalian punya pilihan formasi lain untuk mengakomodasi kedatangan Neymar di Juventus? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar yang sudah disediakan ya.

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR