BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Betapa Pentingnya Penguasaan Bola Bagi Pelatih Juventus, Andrea Pirlo

04-09-2020 06:22 | Yaumil Azis

Andrea Pirlo pada sesi latihan perdana Juventus musim 2020/2021 (c) Official Juventus
Andrea Pirlo pada sesi latihan perdana Juventus musim 2020/2021 (c) Official Juventus

Bola.net - Andrea Pirlo memimpin sesi latihan Juventus sejak beberapa hari yang lalu. Ada satu hal yang sedang difokuskan, yakni tentang bagaimana pemain mempertahankan penguasaan bola dan merebutnya kembali dari kaki lawan.

Pirlo diangkat sebagai pelatih Bianconer pada pertengahan bulan Agustus lalu. Tepat setelah mereka memecat Maurizio Sarri yang dianggap sebagai dalang tersingkirnya Juventus dari ajang Liga Champions.

Penunjukan ini membuat semua orang terkejut. Pasalnya, Pirlo belum pernah sekalipun melatih sebuah tim dan baru menyelesaikan proses pendidikannya menjelang akhir tahun 2019 kemarin.

Namun nasi sudah menjadi bubur, Pirlo kini berstatus sebagai pelatih Cristiano Ronaldo dkk. Dan sekarang, pria berusia 41 tahun tersebut sedang mempersiapkan tim untuk melakoni serangkaian pertandingan di musim 2020/21.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pentingnya Penguasaan Bola

Pirlo dihadapkan dengan target yang berat. Bukan cuma harus mempertahankan Scudetto, ia juga harus membantu Juventus meraih gelar Liga Champions yang diidam-idamkan sejak lama.

Untungnya Pirlo memiliki pengalaman memenangkan ajang tersebut sewaktu masih bermain bersama AC Milan dulu. Dari pengalamannya, penguasaan bola adalah elemen penting bagi klub untuk memenangkan Liga Champions.

"Agresi serta hasrat untuk merebut bola kembali setelah kehilangan, itulah yang sedang kami kerjakan saat ini," buka Pirlo kepada JTV.

"Melihat Liga Champions yang terakhir, tim yang bisa melaju sampai akhir adalah yang mencoba merebut bola kembali secepat mungkin. Itulah ciri khas yang membedakan kita," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Dihadapkan Ekspektasi yang Besar

Selain Milan, Pirlo pun pernah memperkuat Juventus semasa bermainnya dulu. Untungnya momen tersebut belum terlalu lama terlewati. Ya, Pirlo membela Bianconeri mulai tahun 2011 hingga 2015.

Karena fakta ini, Pirlo jadi masih mengenal sejumlah nama yang masih berkutat di Allianz Stadium. Contohnya beberapa pemain seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan juga Leonardo Bonucci.

"Saya langsung merasa termudahkan. Saya mengenal semua orang yang bekerja di sini. Tentu saja, itu adalah bantuan yang sangat besar," tambahnya.

"Ada hasrat dan espektasi yang sangat tinggi, namun kami telah berada di sini, dan kami ingin melakukan yang terbaik," tutupnya.

(Football Italia)

KOMENTAR