BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Barisan Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah AC Milan (Bagian 1)

28-10-2020 13:52 | Asad Arifin

Kaka (c) AFP Kaka (c) AFP

Bola.net - Didirikan pada tahun 1899, AC Milan adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Milan, Italia. Berbagai gelar bergengsi pun sudah diraih Milan dalam proses panjang sejarah klub tersebut.

Tak hanya berjaya di Serie A saja, tetapi I Rossoneri juga berjaya di Eropa. Dari perwakilan tim Serie A lainnya, hanya Milan yang mampu merengkuh tujuh trofi Liga Champions. Hal itu semakin menunjukkan eksistensi dan kejayaan Milan di kompetisi Benua Biru itu.

Tentunya dalam proses meraih gelar prestisius yang sudah didapatkan Milan banyak pemain yang memberikan kontribusi nyata di lapangan.

Bahkan para pemain tersebut dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah klub karena sudah menyumbang banyak trofi untuk Milan.

Lantas, siapa saja barisan pemain terbaik sepanjang sejarah AC Milan Bagian 1 versi Sportmob?

1 dari 5 halaman

Alessandro Costacurta

Walaupun sempat dipinjamkan ke Calcio Monza, Alessandro Costacurta ternyata tetap berhasil masuk barisan pemain terbaik sepanjang sejarah AC Milan. Ia dikenal sebagai bek yang tangguh dan cerdas.

Puncaknya di era 1990 an, bersama Paolo Maldini, Franco Baresi, Mauro Tassotti, Costacurta menjadi bagian pertahanan kokoh bak tembok China yang sulit dirobohkan lawan manapun ketika itu.

Selama 21 tahun membela Milan, Costacurta sudah banyak menyumbang gelar untuk klub yang bermarkas di San Siro itu termasuk lima gelar Liga Champions dan tujuh gelar Serie A.

2 dari 5 halaman

Ruud Gullit

Rijkaard, Van Basten dan Gullit saat pertama gabung Milan (c) Bob Thomas Sports Photography Rijkaard, Van Basten dan Gullit saat pertama gabung Milan (c) Bob Thomas Sports Photography

Ruud Gullit tampaknya memang memiliki kecerdasan bawaan dalam sepak bola yang memungkinkannya bermain di berbagai posisi di lapangan. Tak hanya permainan individu yang brilian tetapi Gullit juga mampu bekerja baik dengan rekan satu timnya.

Selain itu, legenda sepak bola Belanda tersebut juga dibekali kekuatan fisik dan tembakan akurat. Berkat kemampuannya itu, Gullit mampu membawa AC Milan meraih kejayaan di kompetisi domestik dan Eropa.

Gullit pun meraih trofi Ballon d'Or di tahun pertamanya di San Siro ketika diboyong dari PSV Eindhoven. Walaupun hanya enam tahun membela Milan, tetapi Gullit layak masuk dalam barisan pemain terbaik sepanjang sejarah I Rossoneri.

3 dari 5 halaman

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo (c) Bola.net Andrea Pirlo (c) Bola.net

Andrea Pirlo menjadi satu-satunya pemain yang masuk dalam daftar barisan pemain terbaik sepanjang sejarah AC Milan yang pernah memperkuat semua rival I Rossoneri. Tercatat Pirlo pernah berseragam Inter Milan pada tahun 1998 dan Juventus pada tahun 2011.

Namun berkat ketenangannya dalam penguasaan bola, sentuhan yang magis, teknik yang baik serta keseimbangan kontrol yang impresif membuat Pirlo menjadi pemain yang disayangi oleh penggemar Milan.

Kemampuannya itu membantu Milan banyak meraih gelar bergengsi. Bahkan, Pirlo pun pernah dinobatkan sebagai gelandang terbaik Serie A. Menilik segala prestasinya pantas saja Pirlo masuk dalam barisan pemain terbaik Milan terlepas dari klub yang pernah dibelanya.

4 dari 5 halaman

Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko di AC Milan (c) AC Milan Andriy Shevchenko di AC Milan (c) AC Milan

Keputusan Andriy Shevchenko meninggalkan AC Milan dan bergabung dengan Chelsea pada tahun 2006 akan menjadi penyesalan yang terus diingat oleh Shevchenko. Pasalnya, ketika bergabung dengan Chelsea, kariernya mulai meredup.

Jauh sebelum itu, performanya ketika berseragam Milan sangat impresif. Pemain yang akrab disapa Sheva ini adalah penyerang cepat yang tak kenal ampun ketika berada di depan gawang lawan.

Masa keemasannya sebagai pesepak bola adalah ketika bermain untuk I Rossoneri. Tak hanya menyumbang banyak gelar untuk Milan tetapi ia meraih banyak gelar individu seperti satu penghargaan Ballon d'Or dan dinobatkan dalam FIFPro World XI, FIFA 100, dan 100 Pemain Terbaik Dunia di Abad ke-20. Selain itu, ia pun dilantik ke dalam Hall of Fame AC Milan.

5 dari 5 halaman

Kaka

Kaka (c) AFP Kaka (c) AFP

Kaka dibekali penguasaannya dalam mengontrol bola yang baik serta kecepatan dan keahliannya dalam melewati pemain belakang lawan, namun cedera berturut-turut yang menghantuinya membuat Kaka tidak bisa menunjukkan potensi penuhnya.

Tetapi hal tersebut tidak menghalangi dirinya untuk masuk dalam daftar barisan pemain terbaik sepanjang sejarah AC Milan. Bukan tanpa alasan, mengingat gelandang serang asal Brasil ini memang menjadi pemain andalan I Rossoneri dan telah menyumbang banyak gelar.

Performanya bersama Milan ketika itu membuat Kaka banyak meraih gelar individu bergengsi. Tercatat eks pemain Real Madrid ini pernah memenangi Ballon d'Or, Pemain Terbaik FIFA, dan FIFA Bola emas Piala Dunia Antarklub.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR