BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

AS Roma vs Juventus: Ada yang Berani Mengkritik Szczesny? Lihat Statistik Ini Dulu

10-01-2022 09:01 | Yaumil Azis

Pemain Juventus turut bersuka cita usai Wojciech Szczesny (tengah) menghalau penalti Lorenzo Pellegrini dalam laga Serie A melawan AS Roma, Senin (10/1/2022). (c) AP Photo
Pemain Juventus turut bersuka cita usai Wojciech Szczesny (tengah) menghalau penalti Lorenzo Pellegrini dalam laga Serie A melawan AS Roma, Senin (10/1/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Juventus harus melewati empat pertandingan perdananya di Serie A dengan hasil yang buruk. Tidak bisa dimungkiri kalau sang kiper, Wojciech Szczesny, memiliki andil di balik itu.

Ketika bertanding melawan Udinese pada bulan Agustus 2021 lalu, Juventus sempat unggul dua gol lebih dulu pada babak pertama berkat Paulo Dybala dan Juan Cuadrado. Namun kesalahan Szczesny membuat laga berakhir imbang 2-2.

Hasil itu memberikan pukulan yang cukup telak buat mental para pemain. Setelah itu, Bianconeri menelan dua kekalahan beruntun dari Empoli dan Napoli. Dan pada pekan berikutnya lagi ditahan imbang 1-1.

Pada pekan kelima Serie A, Juventus berhasil mengalahkan Spezia dengan skor tipis 3-2. Hasil yang diterima Bianconeri sejak saat itu mulai membaik, begitu juga dengan performa Szczesny di bawah mistar gawang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

10 Clean Sheet Musim Ini

Harus diakui, Juventus masih mengalami masalah dengan inkonsistensi. Mereka memenangkan tiga dari lima laga terakhir dengan susah payah, sementara sisanya berakhir imbang termasuk saat melawan klub promosi, Venezia.

Namun yang perlu dicatat adalah pertahanan Juventus mulai menunjukkan perbaikan. Beberapa pertandingan berakhir dengan clean sheet. Dan kendati menduduki peringkat kelima, Juventus memiliki catatan kebobolan yang lebih baik dari dua klub di atasnya.

Sudah jelas, torehan positif ini disebabkan oleh penampilan apik dari Szczesny. Kiper berkebangsaan Polandia tersebut mencatatkan 10 clean sheet musim ini dan hanya dua kali kebobolan tiga gol atau lebih.

2 dari 2 halaman

Jagoan Penalti

Salah saatu dari dua pertandingan di mana Szczesny kebobolan tiga gol atau lebih digelar pada Senin (10/1/2022) dini hari tadi. Untungnya, Juventus mampu keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 4-3.

Szczesny tak bisa disalahkan dalam tiga gol yang dicetak Roma. Gol pertama terjadi karena Daniele Rugani tidak menjaga ketat Tammy Abraham di situasi bola mati. Yang kedua lahir karena defleksi, sementara ketiga memang terlalu sulit buat dihalau.

Bahkan, Szczesny patut mendapatkan pujian. Sebab kalau bukan karena aksi gemilangnya saat menghalau penalti Lorenzo Pellegrini di menit ke-83, pertandingan mungkin akan berakhir imbang. Bahkan Juventus bisa kalah.

Szczesny juga punya rekor apik dalam penalti. Menurut Football Italia, ia menghalau 23 dari 79 penalti yang dihadapi sepanjang kariernya. Penalti terakhir yang ia halau berasal dari pemain Roma, Jordan Veretout, saat Juventus menang 1-0 di bulan Oktober lalu.

(Football Italia)

KOMENTAR