BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Apa yang Salah? Ini 3 Alasan Juventus Ingin Jual Cristiano Ronaldo

27-08-2021 08:40 | Richard Andreas

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo dipastikan ingin meninggalkan Juventus musim panas ini. Pihak klub juga ingin menjualnya, meski tidak banyak klub peminat.

Kabar kepergian Ronaldo ini tentu membuat heboh bursa transfer Eropa yang tinggal tersisa beberapa hari lagi. Tidak ada yang menduga Ronaldo akan meninggalkan Juventus.

Bahkan Ronaldo sempat mengkritik keras media yang menggosipkan kepergiannya beberapa pekan lalu. Saat itu Ronaldo dihubungkan dengan dua mantan klubnya, Real Madrid dan Manchester United.

Kini, Ronaldo dikabarkan akan bergabung dengan Manchester City. Negosiasi belum dimulai, tapi harus berlangsung cepat di sisa beberapa hari bursa transfer ini.

Kelanjutan karier Ronaldo memang jadi topik menarik. Namun, jika ditarik mundur, mengapa Ronaldo harus meninggalkan Juventus?

1 dari 3 halaman

Gaji terlalu besar buat Juve

Menurut sejumlah media Eropa, salah satu alasan terbesar kepergian Ronaldo adalah uang. Gaji Ronaldo terlalu besar bagi Juventus.

Menurut L'Equipe, Ronaldo mendapatkan sekitar 900.000 pounds per pekan di Juventus. Angka itu luar biasa besar untuk pemain berusia 36 tahun.

Selain itu, Juve juga mengharapkan uang hasil penjualan Ronaldo cukup besar, paling tidak mencapai sekitar 25-30 juta pounds.

2 dari 3 halaman

Jadi Ronaldo-sentris

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Alasan berikutnya lain ada di lapangan. Kedatangan Ronaldo di Juve diyakini mendorong perubahan permainan tim. Ronaldo jadi pusat serangan dan pusat permainan.

Hal ini dilakukan Real Madrid dengan baik. Mereka sengaja membentuk tim yang bisa memaksimalkan potensi Ronaldo di lapangan.

Juve gagal melakukannya, sebagian besar karena bursa transfer yang buruk. Seharusnya Juve tahu bahwa dengan membeli Ronaldo berarti mereka juga harus membeli pemain-pemain yang bisa mendukung sang superstar.

3 dari 3 halaman

Gagal juara Liga Champions

Alasan ketiga tidak kalah penting. Juve membeli Ronaldo dengan harapan bisa menjadi juara Liga Champions. Sayangnya, tiga musim berlalu dengan kegagalan.

Kegagalan ini masih terkait dengan alasan kedua. Juve tidak punya tim mumpuni untuk juara. Skuad mereka sekarang diisi pemain-pemain muda.

Tanpa Liga Champions, tidak ada gunanya mempertahankan Ronaldo yang menghabiskan gaji besar setiap tahunnya, kembali ke alasan pertama.

Sumber: Eurosport, L'Equipe, Bola

KOMENTAR