BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aneh, Saham Juventus Anjlok Setelah Matthijs De Ligt Tiba di Turin

18-07-2019 06:05 | Yaumil Azis

Matthijs De Ligt (c) Juventus.com Matthijs De Ligt (c) Juventus.com

Bola.net - Banyak yang mengklaim bahwa Matthijs De Ligt akan menjadi pembelian paling penting Juventus pada musim panas ini. Namun, kedatangan wonderkid asal Belanda tersebut justru berpengaruh negatif terhadap status Bianconeri di pasar saham.

De Ligt adalah salah satu pemain yang berjasa membawa klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, mencapai final Liga Champions pada musim 2018-2019 kemarin. Itu adalah pencapaian terbaik mereka sejak dulu mencapai semifinal di musim 1996-1997 lalu.

Perlu diketahui bahwa De Ligt bahkan baru genap berusia 20 tahun pada bulan Agustus nanti. Di usianya yang masih sangat muda, ia sudah memberikan kontribusi besar sehingga diyakini kualitasnya di masa mendatang akan jauh lebih baik.

Bahkan, publik tidak sungkan untuk membandingkan De Ligt dengan bintang muda PSG, Kylian Mbappe. Dan jika mengingat pengorbanan PSG untuk mendapatkan Mbappe dari AS Monaco, harga 75 juta euro yang dikeluarkan Juventus terbilang kecil.

Itulah kenapa publik gempar begitu tahu Juventus mendapatkan jasa pemain binaan tim muda Ajax itu. Klub itu mengalahkan Barcelona dan PSG dalam perburuan tanda tangannya. Tapi hegemoni kedatangan De Ligt ini justru memberikan dampak negatif kepada Bianconeri.

Dilansir dari Calciomercato.com, diketahui bahwa nilai Juventus di bursa saham mengalami penurunan sebesar dua persen. Untungnya, nilai saham Bianconeri sempat naik sebanyak lima persen dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Pengaruh Pemain di Bursa Saham

Meskipun membuat publik ramai, namun dampak dari De Ligt belum bisa disamai oleh Cristiano Ronaldo. Membandingkan keduanya saja sebenarnya tidaklah adil, karena Ronaldo sudah malang melintang di dunia sepak bola selama bertahun-tahun.

Tapi tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana dampak seorang pemain kepada nilai klub di bursa saham. Contohnya adalah saat CR7 mencetak hattrick ke gawang Atletico Madrid di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions beberapa bulan lalu.

Sebelumnya, saat Juventus kalah di leg pertama, nilai sahamnya anjlok sampai 11 persen. Kabar buruk tersebut mengiringi opini publik yang pesimis melihat Bianconeri bisa melaju lebih jauh. Semuanya berubah begitu Ronaldo mencetak hat-trick di leg kedua.

Tidak hanya membuat Juventus lolos ke babak perempat final, Ronaldo juga memberikan peningkatan nilai klub di bursa saham sampai 17 persen. Itu artinya, dalam kurun waktu tiga pekan, Ronaldo sudah membuat kenaikan sebesar tujuh persen.

Itu belum ada apa-apanya jika dibanding saat ia pertama kali datang ke Juventus pada musim panas 2018 lalu. Setelah diboyong dari Real Madrid dengan harga 100 juta euro, nilai saham Juventus meroket sampai 62 persen.

Sederet Kontroversi Liverpool Kalahkan Man City

KOMENTAR