BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andrea Pirlo Latih Juventus? Bohong Jika Tak Terkejut

10-08-2020 09:20 | Richard Andreas

Andrea Pirlo dalam laga persahabatan melawan ISL All-Stars di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia, 6 Agustus 2014. (c) AP Photo Andrea Pirlo dalam laga persahabatan melawan ISL All-Stars di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia, 6 Agustus 2014. (c) AP Photo

Bola.net - Keputusan Juventus menunjuk Andrea Pirlo sebagai pengganti Maurizio Sarri tidak hanya mengejutkan fans. Legenda Italia, Gianfranco Zola, pun ikut terkejut mendengar keputusan ini.

Pirlo ditunjuk sebagai pelatih Juve pada Minggu (9/8/2020) dini hari kemarin, hanya beberapa jam setelah pemecatan Sarri. Pihak klub mengambil keputusan-keputusan ekstrem ini setelah kegagalan di Liga Europa.

Pemecatan Sarri memang mengejutkan, tapi sudah diduga. Beda halnya dengan penunjukan Pirlo, yang tidak pernah masuk prediksi.

Pasalnya, Pirlo baru saja ditunjuk sebagai pelatih Juve U-23. Namun, bahkan sebelum mulai bekerja, dia sudah diangkat langsung jadi pelatih senior Bianconeri.

Apa yang dipikirkan Juve? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Bohong jika tak terkejut

Sebagai pengamat, Zola mengaku tidak bisa menahan rasa terkejutnya. Pirlo merupakan gelandang genius semasa masih bermain, tapi jadi pelatih adalah tugas yang jauh berbeda.

Sebab itu, Zola merasa Juve benar-benar berjudi dengan menunjuk Pirlo langsung sebagai pelatih senior, tanpa pengalaman di tim junior terlebih dahulu. "Saya bakal berbohong jika berkata tidak terkejut dengan ini [penunjukan Pirlo]," ungkap Zola kepada Sky Sports.

"Ini luar biasa dan jika proyeknya berhasil, bakal jadi cerita sukses besar untuk klub. Meski jelas ini bukan pekerjaan mudah, Juventus meminta Anda menang dengan cara tertentu."

"Ini adalah langkah berani dari pihak klub dan didasarkan pada kualitas pribadi, tapi Pirlo jelas membutuhkan dukungan terbaik ke depannya," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Beda dengan Zizou

Sejak pengumuman Pirlo mengudara, Juve dituding ingin meniru langkah Real Madrid saat menunjuk Zinedine Zidane beberapa tahun lalu. Namun, sebenarnya situasinya berbeda.

Legenda Bianconeri, Alessandro Del Piero, meyakini bahwa situasi Pirlo sekarang lebih sulit karena minim pengalaman, tapi bukan berarti Pirlo tidak bisa sukses.

"Ini bukan perbandingan adil, sebab Zizou sudah pernah bekerja dengan tim muda Madrid dan setelahnya menjadi asisten Carlo Ancelotti. Namun, Pirlo punya segalanya untuk jadi lebih baik dari Zidane," kata Del Piero.

"Dia sudah mengenal klub, para pemain, para petinggi, jadi saya kira komunikasinya bakal sangat jelas."

"Sejujurnya, saya sendiri tidak akan bertaruh bahwa dia bakal jadi pelatih. Saya pun terkejut," tutupnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR