5 Ungkapan Kagum Cristiano Ronaldo pada Lionel Messi

Anindhya Danartikanya | 8 Oktober 2020, 12:50
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Bukan rahasia lagi bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu berlomba-lomba demi menjadi pesepak bola terbaik di dunia. Meski kerap menjalani pertarungan yang sengit dan panas di lapangan, Ronaldo tak segan-segan melemparkan pujian untuk Messi.

Selama 15 tahun terakhir, keduanya bergantian jadi juara, dari level klub, timnas, sampai penghargaan individual. Ronaldo mengoleksi 28 gelar juara bersama 4 klub berbeda, yakni Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Ia juga membawa Portugal jadi juara Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2018-2019.

Di sisi lain, Messi berhasil merengkuh 33 trofi juara bersama Barcelona. Dia juga membantu Argentina U-20 menjuarai Piala Dunia 2005 dan Timnas U-23 merengkuh medali emas Olimpiade 2008.

Untuk penghargaan individu, Ronaldo dan Messi bersaing untuk menjadi yang terbaik. Cristiano Ronaldo telah meraih lima penghargaan FIFA Ballon d'Or/Ballon d'Or, sedangkan Messi mengoleksi enam Bola Emas.

Keduanya juga kerap kali saling bentrok di lapangan, baik bersama timnas ataupun klub. Ronaldo dan Messi tercatat telah 35 kali saling berhadapan. Dari 35 pertemuan tersebut, Ronaldo memetik 10 kemenangan, Messi menang dalam 16 laga, dan 9 laga lainnya berakhir imbang.

1 dari 3 halaman

Bersua di Liga Champions

Namun sejak musim 2018/2019, keduanya tak pernah lagi bersua. Pasalnya, CR7 pergi dari Real Madrid dan pindah ke Juventus pada musim panas 2018, sementara La Pulga tetap bertahan di Barcelona. Laga terakhir mereka terjadi pada laga lanjutan La Liga, 6 Mei 2018. Keduanya gagal menang, usai Barca dan Real Madrid harus puas bermain sama kuat 2-2.

Kini, keduanya akan kembali bersua, dan kali ini pada ajang Liga Champions. Ronaldo bersama Juventus akan menghadapi Barcelona yang diperkuat Messi pada laga Grup G. Juve akan lebih dulu menjamu El Barca di Allianz Stadium, pada 28 Oktober 2020.

Sementara itu, pertandingan kedua akan berlangsung di markas Barcelona, Camp Nou, pada 8 Desember mendatang. Kendati memiliki rivalitas yang cukup panjang, Ronaldo ternyata mengagumi sosok Messi. Berikut ini adalah kata-kata pujian dan kekaguman Ronaldo kepada Messi.

2 dari 3 halaman

Kata-kata Cristiano Ronaldo kepada Lionel Messi

1. "Saya sangat mengagumi karier yang telah Messi jalani sejauh ini. Messi sudah mengatakan, jika dia mengalami kesulitan ketika saya meninggalkan La Liga, karena itu adalah persaingan yang dia hargai."

2. "Kami belum makan malam bersama, tetapi saya harap bisa begitu pada masa depan. Sangat menyenangkan menjadi bagian dari sejarah sepak bola. Saya ada di sana, dan tentu saja, dia juga."

3. "Saya ingin dia (Messi) datang ke Italia suatu saat nanti. Saya berharap dia menerima tantangan seperti saya. Tetapi jika dia bahagia di Barcelona, saya harus menghormatinya."

4. “Bedanya dengan Messi adalah saya bermain untuk beberapa klub dan memenangkan Liga Champions dengan klub yang berbeda. Saya adalah pencetak gol terbanyak di Liga Champions enam musim berturut-turut."

5. "Kami pernah bertarung selama 15 tahun dan hal itu menjadi pendorong kami. Rasanya sangat bangga bisa menjadi bagian dari sejarah sepak bola, bagi saya dan dia tentu saja."

Disadur dari: Bolacom (Rizki Hidayat) | Dipublikasi: 3 Oktober 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR