BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Tim Liga Top Eropa yang Belum Terkalahkan di Pentas Domestik: Apakah Bisa Juara?

01-12-2020 15:20 | Asad Arifin

Skuat AC Milan. (c) AP Photo Skuat AC Milan. (c) AP Photo

Bola.net - Liga-liga top Eropa menyajikan persaingan seru musim 2020/2021. Tim-tim kejutan bermunculan. Akan tetapi, klub mapan yang belum merasakan apa itu kekalahan seperti Atletico Madrid dan AC Milan.

La Liga yang biasanya selalu memunculkan Barcelona dan Real Madrid sebagai penguasa di kompetisinya sedang berbeda. Keduanya belum juga konsisten dan telah sama-sama mengalami tiga kali kekalahan.

Tiga besar dalam klasemen La Liga hingga matchday ke-11 pun berisikan Real Sociedad, Atletico dan Villarreal secara berturut-turut. Satu nama yang belum terkalahkan adalah tim asuhan Diego Simeone, Atletico Madrid.

Sedangkan di Serie A, hingga matchday ke-9 ada AC Milan yang kini mulai bangkit setelah sekian lama tampil kurang konsisten. Skuad asuhan Stefano Pioli tersebut bertengger di posisi satu klasemen dengan nol kekalahan.

Selain AC Milan dan Atletico Madrid masih ada beberapa klub lain yang berhasil mempertahankan keperkasaannya di pentas domestik. Klub mana saja yang hingga kini belum merasakan kekalahan di liganya? Berikut lima namanya.

1 dari 5 halaman

AC Milan

Pemain AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (kanan) merayakan golnya ke gawang Napoli dalam laga lanjutan Serie A pada Senin (23/11/2020) dinihari. (c) AP Photo Pemain AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (kanan) merayakan golnya ke gawang Napoli dalam laga lanjutan Serie A pada Senin (23/11/2020) dinihari. (c) AP Photo

AC Milan berhasil menampilkan permainan terbaiknya kembali sejak pertengahan musim lalu selepas kompetisi dihentikan akibat lockdown di Italia. AC Milan asuhan Stefano Pioli bahkan tampil memukau di segala lininya.

Lini serang AC Milan yang dipimpin Zlatan Ibrahimovic telah mencetak 21 gol dan barisan belakang yang dipalangi Gianluigi Donnarumma baru kebobolan delapan kali. Hingga kini masih belum ada tim yang cukup kuat untuk menggulingkan AC Milan.

Hasilnya, Milan bertengger di posisi puncak dengan raihan 23 poin dari tujuh kemenangan serta dua hasil seri dan nol kekalahan.

2 dari 5 halaman

Juventus

Skuat Juventus merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Cagliari (c) AP Photo Skuat Juventus merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Cagliari (c) AP Photo

Juventus yang memulai era baru bersama mantan punggawanya Andrea Pirlo sebagai pelatih baru di musim 2020/21 juga menjadi salah satu tim di Serie A masih perkasa. Meskipun hingga matchday ke-9 masih duduk di posisi keempat klasemen, Juventus masih belum kalah dengan raihan empat kemenangan serta lima berakhir imbang.

Lini belakang Juventus sejauh ini masih menjadi pertahanan yang sulit dihancurkan lawannya. Baik Bonucci, De Light hingga kiper Szczesny serta Buffon baru berhasil dibobol sebanyak tujuh kali di Serie A.

Hal yang menjadikan, Juventus sebagai klub yang kebobolan paling sedikit hingga matchday ke-9 bersama dengan Verona yang juga baru kebobolan tujuh gol.

3 dari 5 halaman

Bayer Leverkusen

Pemain Bayer Leverkusen merayakan gol ke gawang Atletico Madrid di Liga Champions,  Kamis (7/11/2019) di BayArena. (c) AP Photo Pemain Bayer Leverkusen merayakan gol ke gawang Atletico Madrid di Liga Champions, Kamis (7/11/2019) di BayArena. (c) AP Photo

Bundesliga yang masih dikuasai Bayern Munchen juga memunculkan beberapa klub yang belum terkalahkan. Salah satunya Bayer Leverkusen yang tampak tidak terlalu berdampak selepas kepergian bintangnya Kai Havertz.

Hingga Bundesliga berjalan selama sembilan pertandingan Bayer Leverkusen sukses tampil kuat hingga menahan RB Leipzig dan mengalahkan Borussia Monchengladbach. Kini tim asuhan Peter Bosz tengah duduk di posisi tiga klasemen dengan raihan 19 poin di bawah Bayern Munchen dan RB Leipzig.

Sejauh ini Lucas Alario dan kawan-kawan telah melewati sembilan pertandingannya dengan raihan lima kali kemenangan dan empat hasil seri.

4 dari 5 halaman

Wolfsburg

Wolfsburg (c) AP Photo Wolfsburg (c) AP Photo

Satu lagi tim yang masih perkasa di Bundesliga adalah Wolfsburg yang tengah duduk di posisi lima klasemen Bundesliga. Wolfsburg yang musim lalu finish di posisi tujuh klasemen dengan 11 kali kekalahan, nampaknya bisa finish lebih baik musim ini.

Sejauh ini Wolsburg bahkan menjadi klub dengan kebobolan paling sedikit kedua di Bundesliga di bawah RB Leipzig dengan delapan kali kebobolan. Berkat ketangguhannya Wolsburg telah melewati sembilan pertandingan dengan empat kemenangan serta lima hasil seri dan duduk di posisi lima klasemen.

5 dari 5 halaman

Atletico Madrid

Para pemain Atletico Madrid merayakan gol Vitolo ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-30 Liga Spanyol. Atletico menang 1-0 di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (21/6/2020) dini hari WIB. (c) http Para pemain Atletico Madrid merayakan gol Vitolo ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-30 Liga Spanyol. Atletico menang 1-0 di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (21/6/2020) dini hari WIB. (c) http

Atletico nampak sulit dikalahkan musim ini dan bahkan sangat sulit dibobol lawannya di La Liga. Gawang yang dijaga Jan Oblak hingga pertandingan ke-9 bahkan baru kebobolan sebanyak dua kali.

Tim sekelas Valencia dan Barcelona bahkan tidak bisa menembus pertahanan Atletico Madrid dan harus pulang dengan kekalahan dari tim asuhan Diego Simeone. Lini depannya yang diisi Joao Felix serta Luis Suarez pun begitu efektif, dengan masing-masing telah mencetak lima gol.

Atletico kini duduk di posisi dua klasemen dengan raihan 23 poin dari tujuh kemenangan dan dua hasil imbang. Atletico juga berkesempatan besar menyalip Real Sociedad yang telah main sebanyak 11 kali berbanding sembilan dari Atletico.

Sumber: berbagai sumber

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR