BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Juventus vs Sampdoria: Pembuktian Kualitas Andrea Pirlo

21-09-2020 06:06 | Yaumil Azis

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan penting berhasil dicatatkan Juventus dalam laga pekan perdana Serie A yang digelar di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020). Melawan Sampdoria, klub berjuluk Bianconeri tersebut menang dengan skor telak 3-0.

Keunggulan Juventus diawali oleh rekrutan anyar, Dejan Kulusevski, yang sebelumnya memperkuat Parma. Ia sukses mengantongi gol dengan sepakannya memanfaatkan umpan dari Cristiano Ronaldo pada menit ke-13.

Sang juara bertahan Serie A tersebut harus menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan gol keduanya. Tepatnya pada menit ke-78, gol yang dinanti-nantikan akhirnya lahir dari kaki Leonardo Bonucci.

Cristiano Ronaldo menjadi penutup kemenangan Bianconeri. Pria asal Portugal tersebut membubuhkan namanya di papan skor setelah mencetak gol dengan memanfaatkan umpan dari Aaron Ramsey pada menit ke-88.

Ada beberapa pelajaran penting yang patut disimak dari laga kali ini. Informasi selengkapnya bisa Bolaneters baca dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 5 halaman

Pembuktian Kualitas Andrea Pirlo

Usia karir kepelatihan Andrea Pirlo memang masih seumuran jagung, atau bahkan lebih muda. Namun ia membuktikan kalau kecerdasannya dalam meramu strategi bisa menutupi kekurangannya tersebut.

Pirlo mengusung formasi 3-4-1-2, yang sebenarnya bukan barang baru di skuad Juventus. Format tiga bek sendiri pernah diusung Antonio Conte dulu. Namun yang menarik adalah keberanian Pirlo dalam menentukan pemainnya.

Laga perdana sangat krusial bagi Pirlo. Kemenangan sangatlah penting karena jika tidak, ia bisa mendapatkan tekanan dari berbagai pihak. Kendati demikian, ia berani memainkan sejumlah pemain muda di laga kali ini.

Pirlo memberikan kesempatan kepada pemain Juventus U-23 yang berkompetisi di Serie C, Gianluca Frabotta. Selain itu, ia juga menurunkan rekrutan anyar yang belum punya banyak pengalaman bermain di Eropa, Weston McKennie.

2 dari 5 halaman

Aaron Ramsey yang Berbeda

Publik mengusung ekspektasi yang sangat tinggi terhadap Aaron Ramsey saat baru tiba pada tahun 2019 lalu. Sayangnya, aksi gelandang berkebangsaan Wales tersebut tidak membuat publik puas.

Namun bayang-bayang soal Ramsey di musim lalu seketika sirna pada pertandingan kali ini. Ia menjadi motor serangan Juventus dan bahkan mengantongi satu assist yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Ronaldo.

Whoscored memberikan rating 8.8 buat pemain berusia 29 tahun tersebut, menyamai Ronaldo yang dinobatkan sebagai man of the match. Ia memproduksi 70 operan dengan tingkat keberhasilan mencapai 83 persen.

3 dari 5 halaman

Rekrutan Baru Membuktikan Kualitasnya

Juventus kedatangan tiga pemain baru pada musim panas ini, dua di antaranya tampil sejak menit awal di partai melawan Sampdoria. Mereka adalah Weston McKennie dan Dejan Kulusevski.

Keduanya berhasil membuktikan kalau mereka pantas untuk direkrut oleh Juventus. Kulusevski sendiri membuat publik bisa melupakan Paulo Dybala yang sedang cedera untuk sementara. Ia tanpa henti membuat barisan pertahanan Sampdoria kerepotan.

Selain itu, performa McKennie juga patut untuk diacungi jempol. Pemain asal Amerika Serikat tersebut nampak seperti pemain yang telah 'jadi' kendati dirinya baru bisa merasakan kerasnya persaingan di kompetisi papan atas Eropa tahun lalu.

4 dari 5 halaman

Talenta Muda Baru

Juventus memberikan sedikit kejutan pada pertandingan kali ini. Luca Pellegrini, yang diprediksi akan tampil sejak menit awal, tiba-tiba tak muncul dalam skuad yang dibawa oleh Juventus.

Pirlo masih memiliki sosok Mattia De Sciglio. Namun, ia justru memilih Frabotta untuk mengisi sektor kiri Juventus sejak menit awal. Frabotta sendiri hanya bermain di Serie C dengan Juventus U-23 musim lalu.

Frabotta tampil impresif, di mana dirinya tidak membiarkan Sampdoria melakukan serangan dari sisinya. Malah serangan klub asuhan Claudio Ranieri tersebut lebih dominan berasal dari sisi yang dikawal oleh Danilo.

Menurut catatan dari Whoscored, Frabotta mencatatkan total dua kali percobaan tackling selama di lapangan. Frabotta juga melakukan satu kali intersep dan memenangkan tiga kali duel udara di pertandingan tersebut.

5 dari 5 halaman

Scudetto Sepertinya Masih Jadi Milik Juventus

Penampilan Juventus sangat solid di pertandingan kali ini. Kendati diasuh oleh pelatih yang minim pengalaman, namun mereka mampu meraih kemenangan tanpa terlihat menemui kesulitan yang berarti.

Statistik menunjukkan bahwa Juventus melepaskan 20 kali tembakan, delapan di antaranya menemui sasaran. Selain itu, mereka juga mencatatkan penguasaan bola sebesar 67 persen dan akurasi umpan mencapai 89 persen.

Juventus sebenarnya kecolongan 15 tembakan dari Sampdoria. Namun, mereka mampu meminimalisir jumlah tembakan tepat sasaran lawannya menjadi cuma satu saja. Terlihat jelas kalau Juventus tampil dengan dominan.

Jika performa ini berlanjut, bukan tidak mungkin kalau mereka kembali menjadi juara pada musim ini.

KOMENTAR