BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Juventus vs Genoa: Laga 'Bisnis' dan Aksi Bianconeri Muda

14-01-2021 08:53 | Yaumil Azis

Aksi Dejan Kulusevski dalam laga Juventus vs Genoa, Kamis (14/1/2021) (c) La Presse via AP Photo Aksi Dejan Kulusevski dalam laga Juventus vs Genoa, Kamis (14/1/2021) (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Pada Kamis (14/1/2021) dinihari, Juventus bertemu Genoa dalam laga babak 16 besar Coppa Italia di Allianz Stadium. Meski tampil di markas sendiri, Bianconeri butuh extra time untuk memastikan kemenangan dengan skor tipis 3-2.

Pada awalnya, klub besutan Andrea Pirlo tersebut sempat unggul dua gol lebih dulu. Dejan Kulusevski jadi pembuka kemenangan Bianconeri lewat golnya di menit ke-2, disusul Alvaro Morata pada menit ke-23.

Lima menit setelah Morata mencetak gol, Genoa berhasil memperkecil kedudukan lewat aksi Lennart Czyborra. Lalu pada menit ke-74, kedudukan berubah menjadi imbang usai Filippe Melegoni menjebol gawang Gianluigi Buffon.

Untungnya, Bianconeri mampu mencetak gol ketiganya di masa perpanjangan waktu. Pemain muda bernomor punggung 50, Hamza Rafia, sukses mencetak gol pada laga debutnya bersama skuad inti Juventus.

Ada 5 pelajaran penting yang bisa Bolaneters petik dari laga kali ini. Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Laga 'Bisnis'

Di atas lapangan, Juventus dan Genoa merupakan rival. Tentu saja, sebab keduanya sama-sama membidik kemenangan demi meraih tiket ke perempat final. Namun untuk urusan bisnis, mereka terbilang sangat akrab.

Juventus dan Genoa terlibat dalam bisnis transfer pemain di musim dingin ini. Manolo Portanova dipastikan menjalani laga terakhirnya bersama Bianconeri lantaran sudah melakukan tes medis bersama Genoa baru-baru ini.

Gelandang Genoa, Nicolo Rovella, dipastikan akan menjadi bagian Juventus. Namun pemain berusia 19 tahun itu tidak langsung bergabung karena harus menjalani masa pinjaman di Genoa hingga akhir musim 2021/22.

Gianluca Scamacca, yang menjalani masa pinjaman di Genoa dari Sassuolo, pun sedang dikait-kaitkan dengan Bianconeri. Lalu Marko Pjaca yang tampil sebagai starter adalah pemain pinjaman dari Juventus.

2 dari 5 halaman

Persiapan Menghadapi Inter Milan

Andrea Pirlo melakukan perubahan besar-besaran dalam starting XI-nya di laga kali ini. Tidak hanya mengubah formasi menjadi 3-4-1-2, ia juga menurunkan sejumlah pemain yang kerap menyaksikan pertandingan dari bangku cadangan.

Sektor gawang tidak dikawal oleh Wojciech Szczesny, namun Gianluigi Buffon. Lalu Federico Bernardeschi dan sejumlah penggawa muda seperti Radu Dragusin dan Wesley turut dimainkan pada laga ini.

Pemain penting seperti Cristiano Ronaldo, Danilo, Aaron Ramsey hingga Leonardo Bonucci didudukkan di bangku cadangan. Keputusan ini terasa wajar mengingat Juventus bakalan bertemu Inter Milan di Serie A hari Senin (18/1/2021).

3 dari 5 halaman

Pemain Muda Unjuk Gigi

Pirlo menunjukkan sisi dermawannya dengan memberikan kesempatan unjuk gigi buat sejumlah pemain mudanya. Radu Dragusin yang belakangan sering bersama skuad inti akhirnya tidak menyaksikan laga dari pinggir lapangan.

Begitu juga dengan Portanova, yang sebentar lagi bakalan bergabung dengan Genoa. Lalu, Pirlo juga memainkan Wesley yang masih berusia 20 tahun dan Hamza Rafia, yang masuk di babak kedua untuk menggantikan Portanova.

Rafia memiliki kisah yang menarik. Beberapa hari sebelum bermain melawan Genoa, ia sempat menjalani laga kontra Carrarese bersama skuad U-23 di Serie C. Dan pada dinihari tadi, ia berhasil menjadi penentu kemenangan buat Juventus.

4 dari 5 halaman

Bakat Kulusevski Kian Terasah

Satu pemain yang paling menonjol dalam laga kali ini adalah Dejan Kulusevski. Ia memporak-porandakan lini pertahanan Genoa dan menciptakan sejumlah peluang emas yang bisa menghasilkan gol.

Tidak hanya mencetak gol yang membuat Juventus unggul lebih dulu. Pemain berkebangsaan Swedia tersebut juga memberikan assist yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Alvaro Morata.

Peran Kulusevski begitu nyata sampai Andrea Pirlo tidak menariknya keluar hingga pertandingan berakhir. Nampaknya, aksi mantan pemain Parma dan Atalanta tersebut akan sering terlihat lagi dalam beberapa pertandingan berikutnya.

5 dari 5 halaman

Waktunya Morata Bersinar

Morata sempat absen cukup lama lantaran mengalami cedera. Dan setelah dimainkan sebagai pengganti kala menghadapi Sassuolo, kini pria berkebangsaan Spanyol tersebut diberikan kesempatan tampil sebagai starter.

Semua mata tertuju kepada Morata. Ia menjadi ujung tombak yang diandalkan untuk mencetak gol, bukan sebagai pelayan ketika Ronaldo bermain. Pada laga ini, Morata cukup dilayani oleh Kulusevski.

Pemain yang dipinjam dari Atletico Madrid tersebut sudah mengumpulkan enam assist pada musim ini. Fakta menarik, empat dari enam assist tersebut selalu berakhir di kaki Ronaldo.

KOMENTAR