BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Kemenangan Juventus atas Inter Milan: Ronaldo Kurang, Untung Ada Cuadrado

16-05-2021 07:10 | Richard Andreas

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo.  (c) AP Photo Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus cukup beruntung bisa mengalahkan Inter Milan. Selain gol Cristiano Ronaldo, ada pula Juan Cuadrado yang menyelamatkan Juve kali ini.

Sabtu (15/5/2021), Juve memetik kemenangan 3-2 atas Inter dalam duel pekan ke-37 Serie A 2020/21. Laga nyaris berakhir imbang 2-2, beruntung masih ada Cuadrado.

Pertandingan ini berjalan intens dengan penuh gengsi. Inter masih bermain luar biasa meski sudah membungkus gelar juara.

Sayangnya laga ini diwarnai sejumlah kontroversi akibat keputusan wasit. Ada dua kartu merah, dua penalti karena VAR, dan 10 kartu kuning.

Setidaknya ada 5 pelajaran penting dari kemenangan Juve atas Inter kali ini. Apa saja? Scroll ke bawah yuk Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Diselamatkan Cuadrado

Juve nyaris kehilangan poin penting di laga ini, untung ada Juan Cuadrado. Dua gol Cuadrado menyelamatkan Juve untuk meraih poin penuh.

Menariknya, ini adalah gol pertama Cuadrado sepanjang musim. Dia baru mencetak gol di pekan ke-37 dalam laga krusial.

Opta juga mencatat bahwa Cuadrado adalah pemain Juve pertama sejak tahun 2000 lalu yang bisa menjebol gawang Inter dua kali dalam satu pertandingan.

2 dari 5 halaman

Keputusan wasit aneh

Pertandingan ini dipenuhi keputusan aneh wasit Gianpaolo Calvarese. Ada dua keputusan penalti VAR dan dua kartu merah, plus 10 kartu kuning.

Wasit terlalu mudah memberikan penalti dan terlalu mudah mengeluarkan kartu kuning. Kedua tim sama-sama memprotes keputusan wasit di laga ini.

Sepertinya wasit salah menetapkan standar sejak awal. Akibatnya, pelanggaran dan insiden berikutnya pun mudah diganjar hukuman atau hadiah.

3 dari 5 halaman

Pirlo vs Conte

Inter berhasil menjuarai Serie A musim ini, Juve terseok-seok menembus empat besar. Artinya, jelas bahwa Inter selevel lebih baik dan lebih konsisten daripada Juve.

Meski demikian, bukan berarti pertandingan berjalan mudah bagi Inter. Mengalahkan Juve masih sulit bagi Antonio Conte.

Musim ini Inter dan Juve bertemu empat kali, dua di liga, dua di semifinal Coppa Italia. Hasilnya, Conte hanya bisa memetik satu kemenangan, kalah dua kali dari Pirlo, dan satu sisanya berakhir imbang.

4 dari 5 halaman

Peluang ke Liga Champions

Selebrasi Juan Cuadrado usai mencetak gol kemenangan Juventus atas Inter Milan, Serie A 2020/21. (c) AP PhotoSelebrasi Juan Cuadrado usai mencetak gol kemenangan Juventus atas Inter Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

Kemenangan ini krusial bagi Juventus. Mereka berhasil menembus empat besar klasemen sementara dengan satu pertandingan sisa.

Memang nasib Juve masih berada di tangan tim lain, tapi setidaknya mereka berhasil menang untuk menjaga peluang. Kini, Juve berharap Napoli kehilangan poin saat menghadapi Fiorentina, Minggu (16/5).

Andai Napoli kehilangan poin, Juve akan bersorak di empat besar dan harus memenangi pertandingan terakhir.

5 dari 5 halaman

Ronaldo butuh partner

Skuad Juventus merayakan gol Juan Cuadrado ke gawang Inter Milan, Serie A 2020/21. (c) AP PhotoSkuad Juventus merayakan gol Juan Cuadrado ke gawang Inter Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

Menang susah payah lawan Inter kali ini menunjukkan kondisi Juve yang sebenarnya. Skuad mereka musim ini tidak cukup kuat untuk bersaing jadi juara.

Ronaldo butuh partner ideal untuk membantunya, dan harus ada pencetak gol lain ketika Ronaldo sedang tidak produktif. Musim ini, Juve belum punya pemain seperti itu.

Jelas di musim panas nanti Juve harus berbenah dengan mengeluarkan uang. Jika tidak, mereka akan kembali kesulitan musim depan.

Sumber: Bola

KOMENTAR