5 Pelajaran Kemenangan AC Milan atas Genoa: Akhirnya Bikin Gol Lagi!

Richard Andreas | 16 April 2022, 06:00
Franck Kessie dikejar pemain lawan di laga AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo
Franck Kessie dikejar pemain lawan di laga AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan kembali naik ke puncak klasemen sementara Serie A 2021/22 usai mengalahkan Genoa dengan skor 2-0 dalam duel pekan ke-33, Sabtu (16/4/2022) dini hario WIB.

Bermain di San Siro, Milan berada di bawah tekanan untuk meraih tiga poin karena persaingan di papan atas. Tepat di pertandingan sebelumnya, Inter Milan berhasil menyalip Milan usai mengalahkan Spezia.

Pertandingan tidak berjalan mudah bagi Milan, ritme permainan Franck Kessie dkk. tidak maksimal. Meski begitu, Milan masih bisa mencetak dua gol lewat Rafael Leao (11') dan Junior Messias (87').

Tambahan tiga poin ini mengantar Milan kembali merebut takhta Serie A 2021/22. Pasukan Stefano Pioli juga berhasil meningkatkan kepercayaan diri dalam balapan menuju juara.

Selain itu, paling tidak ada 5 pelajaran penting dari kemenangan Milan atas Genoa kali ini. Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

1. Akhirnya bikin gol lagi

Momen gol Rafael Leao di laga AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Momen gol Rafael Leao di laga AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Kemenangan ini membantu Milan mengakhiri paceklik gol di liga. Sebellumnya, Milan sempat melewati dua pertandingan tanpa mencetak gol dan hanya meraih dua poin.

Meski beum bermain maksimal, setidaknya Milan berhasil menghentikan tren negatif dan kembali mencetak gol. Kali ini ada Leao dan Messias yang membantu tim.

Jumlah gol ini bakal sangat penting jika Milan dan Inter terus bersaing ketat sampai akhir musim. Selisih gol kedua tim bisa jadi faktor penentu.

2 dari 5 halaman

2. Pioli jagoan clean sheet

Kemenangan ini juga spesial abgi Pioli pribadi. Milan berhasil meraih clean sheet, catatan yang cukup apik untuk Rossoneri.

Tercatat, Pioli adalah pelatih ketiga dalam sejarah Milan yang bisa meraih clean sheet dalam minimal enam pertandingan beruntun di Serie A.

Milan terakhir kali dibobol Udinese pada akhir Februari 2022 lalu. Setelahnya, mereka melewati enam pertandingan Serie A tanpa kebobolan.

3 dari 5 halaman

3. Masih ketat

Kemenangan ini membawa Milan kembali naik ke puncak klasemen sementara. Sebelumnya, selama sekitar dua jam Milan membiarkan Inter merasakan puncak klasemen.

Persaingan rival sekota ini begitu ketat. Milan memimpin dengan 71 poin dari 33 pertandingan. Inter mengejar dengan 69 poin dari 32 pertandingan.

Hanya dua poin memisahkan kedua tim, tapi Inter lebih unggul karena masih menyimpan satu pertandingan. Persaingan ketat ini menambah tekanan di pundak para pemain dari pekan ke pekan.

4 dari 5 halaman

4. Leao si jago kandang

Gol Leao di laga ini begitu penting untuk membantu tim membangun momentum. Golnya mengubah arah pertandingan di babak pertama, Genoa bermain lebih terbuka.

Menariknya, menurut catatan Opta, Leao adalah pemain dengan jumlah gol terbanyak di kandang pada tahun 2022 ini. Dia sudah mencetak total 5 gol di San Siro.

Sayangnya, jumlah gol Leao seharusnya bisa lebih banyak jika dia bermain lebih efektif di pertandingan ini.

5 dari 5 halaman

5. Tekanan dan energi positif

Selebrasi Rafael Leao bersama Alexis Saelemaekers, AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Selebrasi Rafael Leao bersama Alexis Saelemaekers, AC Milan vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Bermain tepat setelah rival memenangi pertandingan tentu tidak mudah bagi Milan. Karena itu, muncul wacana menggelar pertandingan para calon juara secara bebarengan.

Milan memang memimpin, tapi posisi itu bisa berubah dengan cepat. Terlebih, Inter masih menyimpan satu pertandingan.

Oleh sebab itu, Pioli menegaskan bahwa skuadnya harus mengatasi tekanan tersebut. Mereka harus menanggapnya sebagai energi.

"Sekarang kami harus merasakan tekanan itu hanya sebagai energi positif, sebab kami sedang bersaing untuk satu hal yang awalnya tidak terbayangkan," pungkasnya.

Sumber: Opta, Serie A, Twitter

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR