BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Genoa vs AC Milan: Respon Juara Rossoneri, Messias Mulai Panas

02-12-2021 09:45 | Dimas Ardi Prasetya

Skuat AC Milan merayakan gol Junior Messias ke gawang Genoa di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB.  (c) LaPresse via AP Photo
Skuat AC Milan merayakan gol Junior Messias ke gawang Genoa di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

Bola.net - AC Milan berhasil menang telak saat bersua Genoa di pekan ke-15 Serie A 2021-22 di Luigi Ferraris, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB.

Milan tampil solid sejak menit pertama. Mereka langsung unggul pada menit ke-10 berkat tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic.

Milan kemudian bisa mencetak gol lagi pada menit 45+1. Gol ini dihasilkan sundulan akurat Junior Messias.

Pemain asal Brasil tersebut kembali mencetak gol pada menit ke-61. Dari posisi yang kurang lebih sama seperti gol pertama, namun kali ini ia menjebol gawang Genoa dengan tendangan kaki kirinya.

AC Milan akhirnya menang tiga gol tanpa balas dari Genoa. Rossoneri sangat layak mendapat kemenangan tersebut.

Berikut lima pelajaran yang bisa diambil dari pertandingan tersebut Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Respon Juara!

Zlatan Ibrahimovic merayakan golnya di laga Genoa vs AC Milan di giornata ke-15 Serie A 2021-22 di Luigi Ferraris, Kamis (02/11/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo
Zlatan Ibrahimovic merayakan golnya di laga Genoa vs AC Milan di giornata ke-15 Serie A 2021-22 di Luigi Ferraris, Kamis (02/11/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

AC Milan sebelumnya sempat mengalami penurunan performa. Alhasil mereka kalah dua kali beruntun di pentas Serie A.

Yang pertama melawan Fiorentina dan kemudian lawan Sassuolo. Bahkan kekalahan lawan Neroverdi didapat saat bermain di San Siro.

Milan lantas bertekad untuk bangkit saat lawan Genoa. Dan mereka memang benar-benar melakukannya. Mereka merespon dengan jempolan.

Milan unggul penguasaan bola, 58 persen berbanding 42 persen. Mereka juga tampil agresif dengan berondongan 18 percobaan tembakan, meski sayangnya akurasinya harus ditingkatkan lagi.

2 dari 5 halaman

Cederanya Kjaer

Simon Kjaer ditandu keluar lapangan di laga Genoa vs AC Milan di pekan ke-15 Serie A 2021-22 di Luigi Ferraris, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo
Simon Kjaer ditandu keluar lapangan di laga Genoa vs AC Milan di pekan ke-15 Serie A 2021-22 di Luigi Ferraris, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

Simon Kjaer merupakan salah satu bek andalan AC Milan. Ia merupakan partner yang cocok bagi Fikayo Tomori dan membuat pertahanan Rossoneri menjadi kokoh.

Sayangnya, kemenangan Milan atas Genoa harus dibayar mahal. Sebab Kjaer mengalami cedera lutut.

Ia tumbang saat laga baru berjalan empat menit. Ia terjatuh saat akan mengejar bola dan mengerang kesakitan dengan memegangi lutut kanannya.

Pemain asal Denmark itu kemudian ditarik keluar lapangan. Milan tentu berharap ia tak absen lama karena sekarang ini pelapisnya yakni Alessio Romagnoli kadang masih tampil labil.

Memang masih ada Gabbia. Namun belum ditunggu apakah duetnya dengan Tomori bisa paten atau tidak.

3 dari 5 halaman

Messias!

Junior Messias merayakan golnya di laga Genoa vs AC Milan di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB.  (c) LaPresse via AP Photo
Junior Messias merayakan golnya di laga Genoa vs AC Milan di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

Banyak yang meragukan Junior Messias ketika ia diangkut oleh Paolo Maldini. Sejak direkrut pada musim panas kemarin, Messias belum mendapat kesempatan untuk membungkam orang-orang yang mengkritiknya.

Kini Messias makin bugar. Mesin perang pemain 30 tahun itu pun mulai panas. Secara perlahan ia sudah mulai membungkam semua keraguan yang diarahkan kepadanya.

Messias mengawalinya dengan laga lawan Atletico Madrid. Ia mencetak satu gol yang sangat krusial di pentas Liga Champions.

Messias memang sempat 'bungkam' saat melawan Sassuolo. Namun ia kemudian tampil gacor melawan Genoa dengan torehan dua gol sekaligus.

Padahal saat itu ia dimainkan di pos sayap kanan. Ini akan membuat Stefano Pioli tersenyum lebar karena itu artinya ia punya amunisi yang tepat untuk melakukan rotasi di pos gelandang serang sekaligus di pos sayap kanan.

Sebagai bonus, dua gol Messias itu membuatnya mengikuti jejak legenda Milan, Ronaldinho. Sebelumnya, tak pernah ada pemain Brasil yang sukses mencetak brace di laga tandang bagi Rossoneri sejak laga lawan Juventus pada tahun 2010 silam.

4 dari 5 halaman

Sheva Masih Mandul

Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (c) AP Photo
Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Andriy Shevchenko adalah pendatang baru di pentas Serie A, sebagai pelatih. Ia ditunjuk menjadi bos Genoa pada 7 November 2021 kemarin.

Ia masuk menggantikan Davide Ballardini. Tugas Sheva berat karena ia harus segera mengangkat Genoa dari zona degradasi.

Tapi sejauh ini Sheva belum bisa memperlihatkan hasil yang menggembirakan bagi Genoa. Sebab timnya masih mandul.

Sejauh ini ia sudah menukangi Genoa dalam tiga laga. Hasilnya sekali imbang dan dua kali kalah. Tak cuma itu, Shevchenko, yang dulunya notabene adalah striker top, masih belum bisa membuat timnya mencetak gol sama sekali dari tiga laga tersebut.

Sebelum melawan AC MIlan, Genoa main lawan AS Roma dan kalah 2-0. Kemudian melawan Udinese, mereka cuma bisa main imbang 0-0.

5 dari 5 halaman

Kans Milan Raih Capolista

Duel Genoa vs AC Milan di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB.  (c) LaPresse via AP Photo
Duel Genoa vs AC Milan di Luigi Ferraris di matchday 15 Serie A 2021-22, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

AC Milan sempat keok dua kali beruntun. Hal tersebut membuat Napoli, sang pemuncak klasemen sementara Serie A 2021-22, menjauh dengan selisih tiga angka dari AC Milan.

Akan tetapi pada pekan ke-15 ini, di saat Milan menang, Napoli malah terpeleset. Partenopei ditahan imbang 2-2 oleh Sassuolo.

Sekarang, selisih Milan dengan Napoli kembali menipis menjadi satu angka. Dan di pekan ke-16 nanti, ada kans bagi Rossoneri untuk duduk di posisi Capolista alias pemuncak klasemen.

Sebab Napoli akan berhadapan melawan tim kuat, Atalanta. AC Milan sendiri akan bersua Salernitana, di San Siro.
AC Milan juga berpotensi menjauh dari kejaran Inter Milan. Pasalnya sang rival sekota akan bertamu ke markas AS Roma.

Go Capolista!

(Bola/Opta Paolo)

KOMENTAR