BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kemenangan Juventus: Pirlo Perbaiki Rapor, Setidaknya Harus Runner-Up!

12-04-2021 05:32 | Richard Andreas

Dua striker Juventus, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. (c) AP Photo Dua striker Juventus, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus tampil tangguh untuk menundukkan Genoa dengan skor 3-1 dalam duel lanjutan Serie A 2020/21, Minggu (11/4/2021). Kemenangan ini lebih dari soal 3 poin bagi Andrea Pirlo dan skuadnya.

Betapa tidak, tersisa delapan pertandingan lagi, Juve sepertinya harus merelakan gelar juara Italia untuk Inter Milan. Akhirnya dominasi mereka terhenti setelah bertahun-tahun merajai Serie A.

Kegagalan Juve ini bisa mempersulit posisi Andrea Pirlo, isu pemecatan pun menguat. Sebab, seharusnya Juve masih sangat tangguh di Serie A.

Bagaimanapun, Pirlo masih punya 8 pertandingan sisa untuk memperbaiki rapornya, dan itu dimulai dengan kemenangan atas Genoa kali ini.

Berikut 5 pelajaran dari duel Juventus vs Genoa di Serie A 2020/21.

1 dari 5 halaman

Rapor Pirlo

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (c) LaPresse via APPelatih Juventus, Andrea Pirlo (c) LaPresse via AP

Kemenangan ini penting untuk memperbaiki rapor Pirlo di musim debutnya sebagai pelatih Juventus. Sayangnya, nilai Pirlo tidak terlalu bagus.

Juve gagal total di Liga Champions dan kini harus merelakan gelar Serie A yang sudah bertahun-tahun jadi milik mereka.

Pirlo tahu betul hasilnya kurang maksimal dan dia berlapang dada untuk mengakui itu.

"Saya memberi nilai 6 dari 10 untuk diri saya sendiri di musim ini sejauh ini,": ujar Pirlo.

2 dari 5 halaman

Kejar runner-up

Dua striker Juventus, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. (c) AP PhotoDua striker Juventus, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. (c) AP Photo

Scudetto mungkin sudah tidak terjangkau, tapi Juve harus menjaga harga diri mereka dengan naik ke posisi runner-up.

Kemenangan ini mengantar Juve untuk terus memepet AC Milan. Sama-sama menempuh 30 pertandingan, Milan unggul dengan 63 poin, Juve mengekor dengan 62 poin.

Marih ada sisa delapan pertandingan. Mengenal Milan, ada kemungkinan pasukan Stefano Pioli itu terpeleset, saat itulah Juve harus menyalip.

3 dari 5 halaman

Ganas sejak awal

Juve tampil habis-habisan di laga ini, langsung menggempur Genoa sejak awal. Seperti yang dijelaskan di atas, Juve punya misi naik ke peringkat dua dan membuktikan diri.

Opta mencatat Juve telah melepas lebih dari 7 tembakan tepat sasaran di 45 menit pertama saja. Mereka baru dua kali mencapai catatan sebanyak itu dalam tiga musim terakhir.

Sayangnya finishing Juve kurang maksimal dan kiper Genoa, Matia Perrin, tampil luar biasa dengan 9 penyelamatan.

4 dari 5 halaman

McKennie si supersub

Salah satu momen terpenting di laga ini adalah ketika Weston McKennie mencetak gol di menit ke-70. Uniknya, McKennie baru masuk di menit ke-68, dan dua menit kemudian dia mencetak gol krusial.

Gol ini mengakhiri perlawanan Genoa yang sempat mendapat harapan usai mencetak satu gol balasan melalui Gianluca Scamacca di menit ke-49.

Lebih lanjut, McKennie sendiri semakin menguatkan statusnya sebagai supersub yang bisa mengubah arah pertandingan.

5 dari 5 halaman

Kontribusi Ronaldo

Meski tidak mencetak gol, Cristiano Ronaldo layak mendapatkan status man of the match Juventus kali ini. Perannya di lapangan begitu penting.

Dia membua total 6 percobaan tembakan, 2 di antaranya tepat sasaran. Bahkan salah satu tembakan Ronaldo membentur tiang dan akhirnya jadi gol Morata.

Kehadiran Ronaldo benar-benar menyita perhatian barisan bek Genoa. Ronaldo boleh gagal menambah pundi-pundi golnya. Meski begitu, dia masih memimpin daftar top scorer sementara dengan 25 gol.

Sumber: Opta, Bola

KOMENTAR