BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran dari Kemenangan Juventus: 250 Kemenangan Allegri, Morata Ngambek!

06-12-2021 08:00 | Richard Andreas

Rodrigo Bentancur di tengah kepungan pemain lawan, Juventus vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo
Rodrigo Bentancur di tengah kepungan pemain lawan, Juventus vs Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Juventus menang mudah atas Genoa dalam duel pekan lanjutan Serie A 2021/22, Senin (6/12/2021) dini hari WIB. Bianconeri memetik kemenangan 2-0 di Allianz Stadium.

Juve mengontrol permainan nyaris selama 90 menit. Dua gol kemenangan Juve kali ini dicetak oleh Juan Cuadrado (9') dan Paulo Dybala (82').

Kemenangan ini krusial bagi Juve yang harus berjuang menembus persaingan di papan atas. Dengan tambahan tiga poin, Juve naik ke peringkat lima dan mendekati Atalanta di peringkat empat.

Tambahan tiga poin ini krusial bagi Juve. Laga ini juga menyisakan 5 poin penting terkait permainan Bianconeri. Apa saja sih?

1 dari 5 halaman

Pertahanan tangguh

Juventus bermain sangat dominan dalam pertandingan ini. Bahkan Genoa tidak dibiarkan membangun serangan untuk melepas tembakan percobaan.

Tercatat, Juve sama sekali tidak membiarkan Genoa melepas tembakan dalam pertandingan kali ini. Ini catatan pertama Juve di Serie A sejak musim 2004-05 menurut Opta.

Pertahanan Juve patut diapresiasi untuk catatan impresif ini. Namun, di sisi lain Juve diuntungkan dengan Genoa yang bermain buruk.

2 dari 5 halaman

250 kemenangan Allegri

Kemenangan Juve kali ini juga jadi catatan istimewa bagi Max Allegri pribadi. Dia memikul tanggung jawab besar untuk mengembalikan Juve ke level top musim ini.

Tercatat, Allegri telah meraih total 250 pertandingan di Serie A sebagai pelatih. 150 di antaranya dia raih selama melatih Juventus.

Angka ini terbilang luar biasa. Allegri adalah pelatih kedua yang bisa mencapai catatan tersebut setelah Carlo Ancelotti.

3 dari 5 halaman

Gol Cuadrado

Di laga ini Cuadrado menyuguhkan skill impresifnya dengan mencetak gol langsung dari tendangan sudut. Tidak semua pemain bisa mencetak gol istimewa seperti ini.

Memang ada faktor keberuntungan, tapi akurasi tembakan Cuadrado juga patut diapresiasi. Dia juga mencetak gol di momen penting untuk menjaga dominasi Juve.

Tercatat, Cuadrado adalah pemain ke-8 yang pernah menorehkan gol langsung dari tendangan sudut di Serie A.

4 dari 5 halaman

Morata ngambek

Penyerang Juventus, Alvaro Morata, beraksi dalam laga lanjutan Serie A melawan Genoa hari Senin (6/12/2021). (c) AP Photo
Penyerang Juventus, Alvaro Morata, beraksi dalam laga lanjutan Serie A melawan Genoa hari Senin (6/12/2021). (c) AP Photo

Ada insiden kecil yang menodai kemenangan Juventus kali ini. Alvaro Morata tampak kesal ketika ditarik keluar di menit ke-73.

Performa Morata memang cukup mengecewakan sepanjang pertandingan. Dia tidak banyak memberikan kontribusi di lapangan, wajar jika ditarik.

Namun, Morata tampak kesal ketika berjalan keluar lapangan. Dia tidak mau bicara dengan Allegri.

5 dari 5 halaman

Juve belum cukup bagus

Skuad Juventus merayakan gol Juan Cuadrado ke gawang Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo
Skuad Juventus merayakan gol Juan Cuadrado ke gawang Genoa, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Genoa adalah salah satu tim paling buruk di Serie A musim ini. Terbukti, Juve bermain sangat dominan di Allianz Stadium tadi.

Masalahnya, Juve tidak bisa memaksimalkan kelemahan lawan tersebut. Peluang Juve sangat banyak, tapi hanya dua yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Kekurangan seperti ini akan sangat merugikan Juve jika melawan tim yang sedikit lebih baik dari Genoa.

Sumber: Opta, Bola

KOMENTAR