BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kemenangan AC Milan: Penalti Lagi, Roma Lesu, Tomori Oke!

01-03-2021 07:30 | Richard Andreas

Aksi Ante Rebic pada duel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo Aksi Ante Rebic pada duel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan menandaskan perlawanan AS Roma pada duel lanjutan Serie A 2020/21, Senin (1/3/2021) dini hari WIB. Bermain tandang ke Stadio Olimpico, Milan membungkus tiga poin dengan skor 2-1.

Torehan tiga poin ini krusial bagi Stefano Pioli dan skuadnya. Milan perlu kembali ke jalur kemenangan dan mengumpulkan kembali rasa percaya diri usai dihajar Inter Milan 0-3 pada duel Serie A sebelumnya.

Yang tak kalah penting, tambahan poin ini pun menjaga posisi Milan dalam persaingan meraih gelar dengan Inter. Milan di peringkat dua dengan 52 poin, menempel ketat Inter yang memimpin dengan 56 poin.

Roma sebenarnya tampil cukup baik, tapi laga kali ini jadi milik Milan yang memiliki sentuhan penting untuk mengunci kemenangan.

Pioli pun patut mendapatkan pujian karena berani merombak skuad untuk duel kali ini, salah satunya dengan memainkan Fikayo Tomori.

Untuk itu, setidaknya ada lima pelajaran penting dari kemenangan Milan kali ini. Apa saja Bolaneters?

1 dari 5 halaman

VAR lagi VAR lagi

Duel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP PhotoDuel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

VAR lagi-lagi beraksi di laga ini. Penggunaan VAR di Liga Italia memang sudah terbilang lebih dewasa daripada liga-liga top Eropa lainnya.

Kali ini VAR mengintervensi insiden pelanggaran Fazio terhadap Calabria. Jika melihat tayangan ulang, sebagian wasit mungkin tidak akan memberikan hadiah penalti karena pelanggaran yang minim.

Kemudian ada kontroversi berikutnya ketika Mkhitaryan dan Theo Hernandez sama-sama jatuh di kotak terlarang Milan, tapi wasit justru menghukum Mkhitaryan dengan kartu kuning untuk diving.

2 dari 5 halaman

Penalti untuk Milan (lagi)

Milan adalah raja penalti di Eropa musim ini. Kontra Roma, Franck Kessie lagi-lagi jadi algojo dan menuntaskannya dengan baik untuk membuka keunggulan Milan.

Tercatat, ini merupakan gol penalti ke-7 Kessie untuk Milan musim ini. Terbanyak di lima liga top Eropa, sejajar dengan Bruno Fernandes, Memphis Depay, dan Ben Yedder.

Milan telah mendapatkan total 18 hadiah penalti di semua kompetisi musim ini, setidaknya tiga lebih banyak dari tim-tim lain di lima liga top Eropa.

3 dari 5 halaman

Milan bertahan di persaingan raih gelar juara

Kemenangan ini krusial bagi Milan yang terseok-seok pada empat pertandingan terakhir di semua kompetisi. Salah satunya adalah kekalahan telak dengan skor 0-3 dari Inter Milan di pekan sebelumnya.

Milan perlu meraih kemenangan untuk mengembalikan kepercayaan diri pemain dan bangkit melawan. Tambahan 3 poin pun menjaga posisi Milan untuk terus mengejar Inter di puncak klasemen sementara.

Saat ini Milan ada di peringkat dua dengan 52 poin, Inter memimpin dengan 56 poin. Selisih 4 poin seharusnya tidak terlalu jauh untuk dikejar, dengan syarat Inter akan kehilangan poin.

4 dari 5 halaman

Catatan buruk Roma lawan tim top

Aksi Ante Rebic pada duel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP PhotoAksi Ante Rebic pada duel AS Roma vs AC Milan, Serie A 2020/21. (c) AP Photo

Musim ini Roma punya catatan buruk saat harus menghadapi tim-tim papan atas. Paulo Fonseca tampaknya masih belum bisa menemukan solusi.

Giallorossi tampak impresif saat menghadapi tim-tim di papan bawah, beberapa kali meraih kemenangan dengan skor besar. Namun, saat melawan tim papan atas, Roma tampak gugup dan sering membuat kesalahan sendiri.

Untungnya masih ada sedikit harapan untuk Fonseca. Performa Roma di babak kedua menunjukkan bahwa mereka sebenarnya bisa melawan tim papan atas.

Roma hanya perlu tampil lebih berani dan mencoba konsisten.

5 dari 5 halaman

Aksi Tomori

Pioli membuat keputusan berani dengan mencadangkan Alessio Romagnoli dan memberi kesempatan bermain untuk Fikayo Tomori, pemain pinjaman dari Chelsea.

Hasilnya memuaskan. Tomori tampil impresif, beberapa kali menyelamatkan bek-bek lain yang membuat kesalahan. Dia sendiri pun membuat sejumlah blok penting untuk percobaan tembakan Roma.

Melihat performa Tomori, seharusnya dia akan lebih sering diberi kesempatan jadi starter untuk laga-laga Milan berikutnya. Duetnya dengan Kjaer tampak tangguh.

Sumber: Sportskeeda, Opta

KOMENTAR